Selasa, 12 November 2013

Merubah C70 Platina Menjadi CDI

Merubah C70 Platina Menjadi CDI - C70, atau lebih dikenal dengan ulung, masih menggunakan sistem pengapian platina. Agar simpel, biasanya orang merubah pengapiannya menggunakan CDI. Namun, double starter harus menjadi korban dan harus dinonaktifkan. Pada kali ini, saya memberi sedikit tips untuk merubah Platina C70 menjadi CDI.
C70 menggunakan CDI
Caranya:
1. CDI Grand
Harga CDI Grand/Supra sekitar 150rb original. Untuk soket nya sebagai berikut.
pin soket CDI grand/supra
2. Pulser Grand
Pulser diharuskan menggunakan milik motor lain karena C70 tidak mempunyai pulser. Pulser ini dapat menggunakan milik grand dengan peletakkan pulser yang harus pas. Jika terlalu kanan, maka pengapian maju, sedangkan pulser terlalu ke kiri maka pengapian akan mundur.
pulser grand di C70
3. Spul
Spul menggunakan model terpisah antara spul lampu dan spul pengapian (model C70 engkel). Ada baiknya kondisi spul dicek ulang dan digulung ulang kalau spul ada yang terbakar.
spul model terpisah
4. Modif tonjolan magnet
Magnet standar tidak terdapat tonjolan pickup pulser. Untuk ini harus dibuatkan di tukang las. Panjang pulser disamakan dengan magnet Supra/Grand. Kalau tidak salah panjangnya adalah 15 mm.
tonjolan pulser pickup
5. Mengurutkan kabel
Skematik diagram kelistrikannya adalah sebagai berikut.
skema kelistrikannya
Pada kabel CDI-Pulser dengan warna kabel biru-merah dihubungkan sebagai input CDI dari spul. Pin terletak di nomor 1.
Pada 3 kabel lain dari spul dihubungkan ke kiprok dengan warna hijau sebagai massa, warna kuning sebagai lampu ke kiprok, dan warna putih masuk ke kiprok.

60 komentar:

  1. mas bro, saya mw tanya dunk.,
    langsung aja ya, q mw rubah pengapian platina jadi cdi.,
    bahannyakan sudah tau, tp yang blum tau tu cara pasangnya gmn??
    klo pake cdi RC100 kn qt tinggal nyari titiknya saja biar bisa nyala bagus.,
    trus kalo pake pulser nentuin titik MA dari mana mas?? tempat pulsernya terserahkan, g harus diatas.,

    BalasHapus
  2. letak pulser harus mengikuti tonjolan di magnetnya bro..
    kalau mau ditaruh bawah ya kabel harus panjang..
    dan tonjolan magnet harus d bawah juga ehhehehe

    BalasHapus
  3. mas, mau tanya. dari coil apinya sudah oke.
    pas masuk CDI diterusin terus.....coil trus pokoknya dah sampe ke busi kecil banget apinya tp biru.
    instalasi sudah benar. tp apinya kecil.
    kondisi cdi dan coil serta perlengkapan lainnya pulser juga baru.
    ada solusi gak?

    BalasHapus
  4. biru brarti api fokus bro.. pasti kuat banget pembakarannya..
    kecil dikarenakan kondisi pengapian AC waktu putaran langsam masih kecil..
    solusinya ya motor punya RPM >3000 biar api gede..
    dan ini hal wajar dalam pengapian AC, karena karakter pengapian AC waktu putaran rendah lemah tp putaran tinggi mantep bro

    BalasHapus
  5. mas saya mau tanya ni kenapa honda c70 waktu mau masuk gigi satu kok melompat...

    BalasHapus
  6. ada indikasi koplingnya belum free.. coba setel setelan koplingnya yang ada di bak kopling.. putar ke kanan mentok, lalu balik ke kiri sampe seret.. lalu kekanan lg 1/8 putaran hehe

    BalasHapus
  7. Mas saya punya C70 masih Platina.
    Motor saya sering trobel ketika dipake jarak agak jauh,, tau2 mesin mbrebet trus mati. Katanya itu platinanya musti si setting ulang..
    Mohon infonya sangat mas, cara menyeting platina c70. Trimss. Salam seduluran..

    BalasHapus
  8. Bro. Mau tanya ini.
    Saya punya c70 spul yg 6buah dan sdh CDi
    Saya dptnya.
    Asalnya lampu2 gak diaktifkan.
    Kemudian saya aktifkan saya kasi accu. Ternyata tekor. Saya avometer cuma kluar 10volt.
    Kemudian saya gulungkan ulang.
    Yg terjadi pengisian oke bagus 15volt rpm tinggi.
    Tetapi kok motornya jd batuk2 ya. Pulser pakai grand udah saya renggangkan dan rapatkan masih tetap batuk2. Kaya kelistrikannya kurang oke.
    Kenapa ya bro.
    Tq bro

    BalasHapus
  9. bisa jadi dari timing pengapiannya yg kurang pas, bisa jadi kawat email terlalu kecilm sehingga arus untuk melakukan pengapian lemah..

    BalasHapus
  10. penyetelan platina adalah mengubah celah/gap platina itu sendiri..
    hehe

    pakai feller gauge sebagai ganjalan celahnya, digeser kontak platinanya bro.. mirip nyetel klep

    BalasHapus
  11. mas brow saya mau tanya,honda 70 itu ada spul pengisiannya apa tidak,,,pengapiannya udah pake cdi ,kok kabel dari bawah cuma ada 3,yg 2 ke cdi,yg satu kayaknya kabel lampu....
    saya mau pasang aki,trus pengisiannya dari mana,
    perlu gnti spull apa diikutkan jadi 1 di kabel lampu,,,,,
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah gantian CDI perlu info lebih jelas saya bro..
      hehe
      std nya ya ada pengisian aki nya..

      untuk perkiraan saya adalah sbb
      2 yg ke cdi adalah input AC dan pulser
      yg 1 ke kabel lampu utama ya? nah perlu modif spul lampu tersebut bro, agar dimasukkan ke kiprok dan mengisi aki..

      Hapus
  12. mas brw itu tempat spulnya milik motor apa aya yg cocok buat c70 trus mangkok magnetnya pakek punya apa?

    BalasHapus
  13. yang tipe magnet keluar gitu ada supra sendiri
    kalau tempat spul bisa grand

    BalasHapus
  14. Bro motor pas beli udah cdi, kalo mau dibikin kelistrikan 12 volt itu gimana caranya ya?

    BalasHapus
  15. pakai cdi apa itu?
    ubah 12 volt kecilkan diameter kawat gulungan spul dan perbanyak jumlah lilitannya
    kiprok tipe 12 volt
    begitu juga beban2 sprti lampu dsb

    BalasHapus
  16. Bro saya kemarin bawa honda 70 saya ke bengkel tapi Katax listrik nya kecil padahal sudah digulung ulang Truz ada 4 kabel yaitu kabel lampu kabel CDI kabel pengisian sama kabel pulser nya itu 4 kabel haru disambung dimana bro.. Truz saya pakai aki 12v ..... Mohon infox thanks

    BalasHapus
  17. supaya setrum nya besar dan mengisi ke aki 12 volt, kawat e harus kecil diameter e..
    lilitan nya diperbanyak
    sudah bener nggk nya mana aku tahu kalau nggk ngecek langsung hehe

    kabel nya di C70 platina
    1. dr spul ke massa
    2. dr spul ke kiprok
    3. dr spul ke lampu dicabang ke kiprok

    yg dari aki ke kontak, CDI, koil trus dilanjut ke platina dan kondensor/kapasitor

    BalasHapus
  18. gan sorry agak aneh... saya punya motor CG lama... itu kan pengapiannya pakek platina... lha saya mau memberi kiprok ke motor saya biar lampunya nggak mudah putus tpi saya nggak bisa soalnya udah nggak karuan.. ada banyak kabel tpi cma punya dua fungsi, lampu sama pengapian.. bagimana cara memberi kiproknya... mohon bantannya gan

    BalasHapus
  19. loh memang motor CG kan kabel spul ke lampunya bercabang ke kiprok?
    salah pemasangan e mgkn d motor km..
    monggo dicabang saja kabel yg ke lampu pasang di kiprok

    BalasHapus
  20. Bro sy punya honda 80 sudah ganti spul sm cdi tornado tapi listrik yg kluar dri koil terlalu besar dan tidak bisa bunyi.
    Bagaiamana caranya bro supaya bsa nyala

    BalasHapus
  21. timing nya saja blm dicari yg pas.
    terlalu maju atau terlalu mundur

    bukan terlalu besar api, justru bagus yg besar.

    BalasHapus
  22. Mas maaf mau tanya ,itu jarak pick up ke pulser nya pada posisi top brapa mili yah,.mhon jawaban nya mas trima ksih

    BalasHapus
  23. itu belum posisi TOP yg di gambar.
    5-12º jarak nya

    BalasHapus
  24. Brebet di rpm bawah mas di kasih 12°,.

    BalasHapus
  25. minta tolong invonya mas bro, saya punya motor c700 tp dah d rubah cdi dc tp masih pake sepul c 700,urutan kabelnya,putih ke kiprok keluar ke kabel merah,merah ke cdi,cdi ke kuil,kuil ke busi apinya bagus, tapi kalo kabel kuning dari sepul d sambung untuk lampu besar, api yg ke busi koq jd kecil dan ga bisa idup ya motornya,saya minta solusinya mas bro,terima kasih

    BalasHapus
  26. @12º
    jangan maju2 malah susah hidup.. coba mundur lg, atau jgan2 dr pulser nggk bener derajat e

    @c700
    kabel ke lampu memang butuh diregulasi oleh kiprok menjadi sekitar 12volt AC oleh karena nya jd drop suplai ke kiprok yg ke kabel merah = api kecil, sumber nya kecil.
    solusi? spul nya gulung yg bener menyesuaikan kebutuhan.

    BalasHapus
  27. Mas saya mau tanya,
    Saya punya motor c700 pakai cdi RC, motor hidup normal dan langsam, ketika digas pelan-pelan motor malah brebet dan mati, tapi kalo di gas kencang motor normal dan kalo gas diturunin motor langsung nembak-nembak..
    itu apanya ya mas, soalnya gejala itu terjadi ketika saya ganti kabel bodi, sebelum ganti kabel body motor masih gurih mas..
    Minta solusinya mas, saya sudah pusing, magnet sudah saya putar-putar tetep gada hasil.
    Mohon solusi mas

    BalasHapus
  28. mgkn memang dari kabel atau seputaran magnet dan komponen nya yg eror

    BalasHapus
  29. Mas bassicnya supercub 800,rencana saya mau mengaplikasikan magnet,spul,n bak magnet astrea 800,prtanyaan nya apa tinggal langsung pasang atau ada yg d rubah lagi ya???trims

    BalasHapus
  30. Mas mau tanya apAkah kalo sdh pake spul grand ga bs pake cover magnet c70? Atau C800 misalnya? Bgm caranya spy kelihatan ori..thx mas

    BalasHapus
  31. @Cen
    supercub 800 dan astrea 800 masih sama

    @Franzz
    yg jd mslah kurang lebar karna magnet grand ada di luar
    solusi ya dilebarkan lg bak magnetnya dg cara ganjal pak almu juga boleh

    BalasHapus
  32. C70 dinamonya diganti dinamo motor apa broo agar blok mesinnya tetap ori.mksh

    BalasHapus
  33. ya dinamo standar nya hehe
    lain lagi kalau kelistrikan jadi 12 volt. wajib modif

    BalasHapus
  34. Mas bro saya mau ganti nagnet c70 dg magnet star sekali sepolnya apa masih bisa di pasang bak kiri milik c70... Biar masih kelihatan asli gitu lah mas bro

    BalasHapus
  35. gan mau tanya nic supercup 800saya tak pasang cdi rc. api dari spul gede masuk cdi ada apinya giliran masuk koil ilang... apa yg perlu dirubah ya

    BalasHapus
  36. sudah benar kah pemasangannya?
    3 kabel
    spul
    massa
    koil

    dan posisi timing dr spul/magnet dah bener?

    BalasHapus
  37. Mas mau tanya , cara menyambung platina dc ke koel itu gimana..?
    Honda c70 platina dc

    BalasHapus
  38. skema platina DC C70
    dr aki ke kontak trus ke koil.
    dr massa koil larinya ke platina dan kondensor..

    koil mu 2 kabel kan? massa nggk di bodi?

    BalasHapus
  39. Mas di artikel disebutkan klo pasang cdi mengorbankan double starter, klo sy mau tetap memasang ekectric starter bagaimana caranya?

    BalasHapus
  40. Motor sy c86 supaya dapat output spull 12V kawat liliranta diameter berapa dan berapa lilitan?

    BalasHapus
  41. sy punya mesin c70 engkel tp gak ada tutup mesin kirinya, magnet sdh diganti yg 12v /cdi (ga tau punya motor apa). sy mo carikan tutup magnet/bak mesin kiri aslinya apakah bisa pas masuk jika dipasang nanti ?

    BalasHapus
  42. @Bina pratomo
    bisa aja std nya dipakai tp jangan lama2 cz dinamo nya akan sangat panas kalau dipasang di 12v
    pakai diameter 0,4 mm bisa

    BalasHapus
  43. Mas rumahmu mana? Main ketempatku sambil bantuin betulin super cub ku??? Hehe aku cah gunungkidul

    BalasHapus
  44. Mas mau tanya spul cdi punya c70 persamaannya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. C70 sistem pengapian platina spul DC.. khusus tidak ada persamaan

      Hapus
  45. Mas kalau c 70 pakai cdi grand , kabel dr spul hitam merah sama pulser ke cdi, tp apinya msh ga ada jg ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spul pakai apa?
      Wajib lilit kawat kecil untuk pengapian AC

      Hapus
  46. Numpang tanya bos q suparcub dah pake CDI Gran tapi klu d gas nembak nembak langsam normal. Jarak pick up nya 10' apanmasih kurang kedepan y..

    BalasHapus
  47. Gan mau tanya kalau pakai CDI Shogun kebo, untuk ganti platina bisa ?

    BalasHapus
  48. Bang mau tanya saya punya supercup c800 mau di rubah ke cdi pulser sma cdi nya lebih baik pakai apa ya bang?
    Spul sudah di rubah 12 volt kalo magnet nya harus di ganti ga bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau spul tidak ada spul pengapian AC ya pakai CDI Shogun atau sejenisnya.. jadi CDI DC pakai aki..

      Hapus
    2. Ganti platina C70 ke CDI , secara hukum apa boleh mas ? Trimkasih

      Hapus
    3. Secara hukum hanya mengatur TNKB, no rangka, no mesin, warna kendaraan, dan silinder mesin..

      Untuk pengapian tidak ada hukum yg mengatur deh

      Hapus
  49. Saya punya mtor c70, aku udah ganti baru tp kok kelistrikan masih lemah. Itu masalahnya apa nya mas? Mohon pencerahannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yg ganti baru?
      Modif 12 volt? Magnet dan spul harus mampu dulu menghasilkan tegangan 15-100 volt AC

      Hapus
  50. Mas mau tanya, kabel ground spul c70 yg mana?

    BalasHapus