Senin, 18 November 2013

Motor Matik Wajib Cek Komponen CVT

Motor Matik Wajib Cek Komponen CVT - Jangan anggap enteng kalau terdengar suara-suara yang mencurigakan keluar dari dalam CVT skutik Anda. Skutik tunggangan Anda meski pelan akan tetap melaju dengan mengeluarkan bunyi-bunyian tersebut. Namun sepatutnya hal itu jadi pertanda, kalau skutik Anda sudah saatnya diboyong ke bengkel terdekat. 
roller (kanan)
1. Telurusi sumber bunyi
Suara tersebut biasanya keluar dari bagian CVT depan. Ada beberapa part yang ada di bagian tersebut, hanya satu part saja yang jadi penyebab hal itu terjadi.

2. Deteksi kerusakan roller
Keluarnya bunyi-bunyian tersebut, tersangka-nya bisa dipastikan part yang biasa disebut roller. Kalau sudah sampai mengeluarkan bunyi seperti kretek kretek, kebanyakan fisik roller sudah berubah. Dari bulat jadi hancur.
part CVT
3. Cek part lain
Enggak hanya 1 hal saja yang jadi penyebab roller remuk di dalam pulley. Faktor pemakaian yang kemudian membuat roller jadi peyang, bila terus-terusan dipaksa akan berakhir dengan rusaknya part yang berjumlah 6 roller.

4. Ciri roller yang rusak
Ciri roller sudah peyang, seperti belt yang performanya menurun. Saat grip gas dipelintir ada rasa ndut-ndutan.

5. Perhatikan kampas kopling sentrifugal
CVT bagian belakang juga bisa jadi pemicu roller pecah. Bila kondisi kampas kopling sudah waktunya diganti namun tetap dipaksa pakai, bisa jadi pemicu pecahnya roller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar