Rabu, 04 Desember 2013

Cek Komponen Starter Elektrik

Cek Komponen Starter Elektrik - Apabila motor starter ngadat, orang awam menuduh kerusakan disebabkan oleh sikat di dalam motor starter. Padahal sebabnya bukan cuma itu. Komponen penunjang kerja motor starter juga perlu dilacak. Seperti tombol elektrik starter, soket kabel atau bendik starter yang punya tugas menyetabilkan arus listrik.
arang sikat pada dinamo starter
Kalau dari tombol elektrik starter, apakah sirkuit di dalam rumah sakelar mulai korosi. Apalagi tombol elektrik starter berada di luar sering kena air hujan. Sehingga sering gagal memberi perintah ke bendik starter.

Kalau dari bendik starter, biasanya kumparan kawat mulai lemah. Sehingga kerjanya tidak maksimal. Tidak bisa mengantarkan arus listrik yang dibutuhkan oleh motor starter.

Nah, kalau kedua alat itu baik-baik saja, terakhir periksa komponen di dalam dinamo starter. Bila motor starter nggak mau aktif coba cek ke-2 arang yang bergesek di poros dinamo. Bisa saja kotor atau benar-benar habis sehingga sulit mengantarkan arus listrik. Jika tidak segera diganti, poros dinamo bisa kena gesek. Dan kalau sampai poros yang diganti, pastinya ongkos gantinya jauh lebih mahal dari ganti arang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar