Jumat, 06 Desember 2013

Cek Slide Pieces Vario 125 Jika CVT Berisik

Cek Slide Pieces Vario 125 Jika CVT Berisik - Ketika baru menghidupkan skutik Honda Vario 125, ada bunyi-bunyian aneh dari bagian CVT sisi depannya. Suaranya klak-klak-klak gitu sewaktu mesin langsam, anehnya pas digas suara itu hilang. Bunyi aneh ini karena tiga buah slide pieces (SP) yang sudah aus. Fungsi SP menahan getaran dari rumah roller, nah SP sendiri posisinya ada di ramp plate (RP), atau bahasa awamnya tutup rumah roller. Nah RP ini akan bergerak naik turun mengikuti gerak roller yang terpental ketika putaran mesin semakin tinggi.
Slide Pieces Honda Vario 125
Pergerakan itulah yang membuat sisi dalam SP lama-lama akan terkikis dan menimbulkan celah yang berujung keluar bunyi tadi bro. Solusi mudah tinggal ganti dengan harga Rp 8 ribu satunya, tinggal dikali tiga jadi Rp 24 ribu tuh. Murah kok, tapi sayangnya part ini harus inden dulu dari 2 minggu sampai 1 bulan di bengkel resmi Honda.

Nah, obat sementara sambil nunggu pesanan part datang bisa diakalin pakai mika tipis. Itu loh mika yang biasa jadi cover makalah, beli di tempat fotokopian cuma Rp 2 ribu. Gimana caranya? Simak di sini! 
langkah kerjanya

  1. Potong mika dengan lebar 1 cm dan panjang secukupnya. Bagian SP yang dilapisi bisa satu atau dua sisi, tergantung besar kecilnya celah.
  2. Gunakan lem super untuk merekatkan mika. Tunggu sampai kering dan potong mika secukupnya sesuai ukuran SP.
  3. Lumasi bagian face comp movable drive alias rumah roller yang bergesekan dengan SP pakai CVT grease.
  4. Nah terakhir tinggal pastikan pergerakan naik-turun RP lancar. Tinggal pasang lagi dan suara ketika langsam halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar