Kamis, 12 Desember 2013

Ciri Kompresi Motor Lemah

Ciri Kompresi Motor Lemah - Tak perlu bongkar-bongkar mesin untuk mendeteksi kompresi motor sudah mengendur. Problem ini menghinggapi motor yang usianya di atas 3 tahun. Usia yang telah dipatok pabrik mulai melemahnya onderdil jaminan mereka. Kolo nggak melemah mana bisa dapat untung pabrik spare parts, kan begitu.
proses kompresi di dalam mesin
Gejala mudahnya tentu pada tarikan motor. Reaksi selongsong gas dan mesih sudah tak sinkron. Dulu, digas sikit sudah ngibrit, sekarang harus digas dalam-dalam baru bisa lari. Suara juga tak sebulat awalnya. Tentu saja bensin boros dengan sendirinya. Gejala ini mungkin terlalu umum. Maksudnya sulit menentukkan, apa betul itu soal gejala kompresi. Sebab gejala seperti itu sama dengan ausnya kampas kopling, hampir sama.

Makanya, ia bilang ada lebih sederhana lagi mendeteksinya. Dengar baik-baik, gejalanya saat menghidupkan motor di pagi hari atau lama didiamkan. Bila kompresi masih ketat atau utuh, sekali tombol starter elektrik dipencet motor akan bruuuum, hidup. Starter kaki ditendang pelan-pelan pun, motor dengan mudah hidup. Sebab uap bahan bakar masih kuat digencet kompresi membuatnya mudah meledak.

Sebaliknya, walau sudah ditendang-tendang dan dipencet-pencet tak kunjung menyala. Ini merupakan tanda kompresi sudah lemah. Pemampatan bahan bakar sudah tak ketat, bahan bakar akan sulit pecah dan tidak mudah juga dipercik api busi. Pada umumnya akibat melemahnya ring piston atau sudah waktunya over-size.

4 komentar:

  1. ok sip kang infonya. o iya, bgmana dgn motor suzuki, misalnya smash titan, dr awal beli klo pagi/mesin lama tak dihidupkan, startnya agak susah. thanks, masih awam soal motor

    BalasHapus
  2. setting karburatornya kurang pas.. hehe

    BalasHapus
  3. Nah mslahnya bedain antra kompresi nya yg lemah ato setelan karbu kurang pas itu gmna mas?

    BalasHapus
  4. lwat warna elektroda busi bro..
    kalau busi merah bata atau coklat itu setelan karbu pas, selagi dilepas businya, lubang busi ditutup pakai jari trus starter kaki..
    kalau tekanan kuat kompresi kuat, kalau tekanan lemah ya kompresi lemah hehe

    BalasHapus