Kamis, 26 Desember 2013

Ganjal Damper Gear Belakang Dengan Karet Ban

Ganjal Damper Gear Belakang Dengan Karet Ban - Buat pemilik motor yang dikendalikan rantai rodanya, gak ada salahnya iseng-iseng pakai tips ini. Siapa tau perlu, karena emang ini sangat perlu agar berkendara tetap aman dan nyaman. Sering bongkar-bongkar motor pasti paham yang namanya nat gear. Itu loh yang menghubungkan antara sproket dan pelek. Di dalam teromolnya ada bongkahan karet pengganjal. Fungsinya sebagai peredam entakan. Namanya adalah damper.
bagian damper yang ditambah karet ban
Jika karet sudah terkikis dimakan usia pasti nat gear bakalan oblak atau goyang. Risikonya penahan yang ada pada tromol bisa pecah. Nah, jangan sampai begitu dan terpaksa ganti teromol. Tapi paling utama dari gejala ausnya karet ini, setiap digas dan pindah gigi mulai tak nyaman. Karena entakan akan terasa di seluruh badan.

Nah ini ada cara praktis mengatasi hal tersebut. Tinggal diganjal pakai sobekan ban dalam. Langkah pertama, ya harus bongkar dulu tuh roda. Lalu cek bagian nat remnya, jika memang permasalahannya di situ, berarti bagian yang diganjal agar celah nat berkurang.

Di nat gear ada empat kaki sebagai penghubung, bagian itu yang diganjal agar tidak goyang. Lanjut ke langkah selanjutnya, guntinglah ban dalam sesuai ukuran, jangan terlalu kecil, jangan juga kebesaran. Yang jelas, harus pas saat diselipkan pada karet pengganjalnya.

Tips ini hanya sementara alias darurat, mau tetap nyaman harus diganti yang baru. Tips ini bisa di aplikasikan di semua motor. Umumnya sih motor yang sudah tahunan. Ada juga yang belum tahunan, tapi sudah terasa seperti cerita di atas, nah itu tanda motor pekerja berat. Pasti jam terbang spedometernya juga tinggi.

3 komentar:

  1. pake ban dalam mudah leleh pak,..
    pake potongan selang, atau potongan streng diesel (belt) lebih tahan lama.

    BalasHapus
  2. Klo saya pake plasik keras Alhamdulillah enk an hehehe

    BalasHapus