Senin, 16 Desember 2013

Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX

Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX - Banyak pengguna motor Yamaha Jupiter MX yang kurang puas terhadap laju kendaraannya. Sering faktor penyebabnya ialah karburator. Karburator sering dituduh sebagai penyebab kurangnya laju New Juptiter MX karena sudah bertipe vakum.
karburator RX King VM26
Langkah yang bisa diambil adalah menggunakan karburator RX King. Selain venturi karburator RX King sebesar 26 mm, karakternya bagus di putaran atas. Selain itu, intake standar New Jupiter MX dapat langsung digunakan tanpa repot menggantinya terlebih dahulu. Berbeda jika Jupiter MX lama yang harus mengganti intake manifoldnya terbelih dahulu.

Namun, terdapat kendala saat pemasangan karburator RX King di New Jupiter MX ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat TPS (Throtle Position Sensor) yang terhubung ke CDI.
Di karburator RX King tidak terdapat TPS. Jika menggunakan karburator ini, maka sensor TPS akan bekerja dan indikator di dashboard akan terus menyala akibat tidak terbacanya sensor TPS ke CDI. Cara satu - satunya yang dapat direkomendasikan secara aman adalah mengganti CDI asli menggunakan CDI BRT agar tidak ada sensor TPS lagi. Sekali lagi ini bukan promosi.

2. Kabel
Kabel gas harus menyesuaikan lagi. kabel choke menjadi non-aktif karena choke karburator RX King menggunakan tipe tarik manual.

3. Setting ulang spuyer
Kemungkinan spuyer berada di 17.5/130 (PJ/MJ). Setting hingga busi berwarna merah bata atau kecoklatan agar motor dapat tetap irit.

93 komentar:

  1. gan,,ditempat ane susah nyari pilot jet king,,fizr,,
    nah bisa ga pke pilot jet jupiter,,drat ulir nya sama gan,,
    ,,tp bentuk nya yg laen,,thanks gan,,:)

    BalasHapus
  2. ga boleh bro.. beda hasilnya nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan kalo di cc 200 enaknya pj mj nya brapa trimakasih

      Hapus
  3. gan,,bagusan karbu king atau pe 28 gan kalo buat mx standar gan,,???thanks:)

    BalasHapus
  4. mending karbu king aja, walau venturi 26 mm tp pas kok sama NJMX hehe
    selain itu, karakter nafas panjang dan putaran atas lebih jalan drpd pakai pe 28..

    BalasHapus
  5. alo gan,,ni ane lagi yg komen di atas juga ane,,
    ,,
    mx ane dh pake karbu king gan,,
    ane bingung,,stasioner keluar asep,,pj 17,5 mj 130 clip di tengah..
    puteran tengah kalau gas di betot malah ngook gan,,kayak ada jeda kyk gitu,,
    mohon bantuannya gan,,
    busi ane item gan,,thanks:)

    BalasHapus
  6. brarti putaran bawah terlalu boros bahan bakar bro..
    coba deh klip jarum di ke atas kan lg.. trus setel angin2 nya hehe

    BalasHapus
  7. Gan ane mau nanya nih,, NJMX ane kemaren ane bongkar tuh karburatornya.. Trus ane bersihin semua.. Siap, langsung ane pasang aj... Pas dibawak ketempat kerja eh minyaknya boros bnget gan... Gmna ya cranya seting angin2 NJMX ane biar gk bros lgi gan.. Motor ane standart kok gan... Bantuin ya gan?? Plsss?

    BalasHapus
  8. crystal manipol yg cocok apa buat masang karbu king???

    BalasHapus
  9. manifold variasi crystal hmpir ga ada yg jual d pasaran..
    harus ngelas dlu, sambung dudukan manifold dengan manifold king..
    mirip manifold putar gt bntuknya

    BalasHapus
  10. Ane udh pke gan karburator king trus ane gnti jg cdi dgn brt sebab lw gk dgnti nafas karbu jd limit

    BalasHapus
  11. Untuk sarinagan hawanya bagaimana mas, apakah masih bisa di pakai??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saringan hawa sbelah mana ya?
      kotak filter bro? dilepas aja kalau ga ada akal buat selang nya

      Hapus
    2. Yup...
      Kalau di lepas apa tidak ada pengaruh terhadap karbunya??

      Hapus
    3. jelas ada bro.. kotoran kasar akan mudah masuk ke karbu dan mesin..
      pakai filter variasi aja bro

      Hapus
  12. Gan, MXold gua pake karbu king, tarikn awal sampe setengah enak gan
    Tapi kalo udah setengah mau di top, angop kyk habis besin gitu,
    Tolong masukannya gan (pj/mj)MXold

    BalasHapus
    Balasan
    1. main jet jgn terlalu besar bro.. coba pakai ukuran yg jauh lbh kecil, misal 135

      Hapus
  13. Mang main jet rx king std brp bro??

    BalasHapus
  14. Klo cdi nya pakai standart enak g kira2 pakai karbu king?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga enak bro karena sensor TPS jd ga ada..
      bisa sih bisa hehe

      Hapus
  15. jdi intinya karbu king klo di psang di njmx pnp atau setting spuyer ( pj 17.5 & mj 130) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu bro.. sekitaran itu

      Hapus
    2. Bang ane pengen baru ganti karbu king ni mx lama tapi sudah pakai kopling bawaan pabrik. Klo pke karbu king harus ganti CDI BRT apa STANDARD bang. Tolong bls bang

      Hapus
  16. Ngakalin kabel gas nya gmna gan ? soalnya
    ada yg bilang kabel gas std ga bisa lngsung PnP

    BalasHapus
  17. ganti yg lbh pnjg dari standar atau kulit kabel dikelupas dlu dan napel kecil nya dibuat lg pakai timah

    BalasHapus
  18. Top speednya nympe brp gan stelah d ganti

    BalasHapus
  19. Biar nyampe 130 kpj tanpa ngorek daleman mesin bisa ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti cdi racing bro.. sperti BRT..
      kalau mau lbh nyaman ckup ganti noken durasi lebar dan tingkatkan rasio kompresi nya.. dijamin 140 kpj sanggup

      Hapus
    2. klo ganto cdi brt ganti per klep g?

      Hapus
  20. Jdi ganti karbu rx king n ganti cdi brt,ok mksih gan tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ganti jg ga apa2 kok selama noken as standar

      Hapus
  21. Mas mw ty ni.?? Sy py mtr jupiter z blok msh standar udah papas kop 1mm. Pake noken as kawahara k1. Ganjal per klep. Knalpot racing creampie. Karbu pake ori shogun sp pilot jet 20 main jet 105. Gear standar 15-36. Tp ko putaran bawahnya loyo. Klo atasnya sih mantap. Tp mwnya aku gimana caranya biar putaran bawahnya jg biar lebih agresif sedikit. Mohon pencerahannya mas. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. timing noken dan top sudah pas?
      seharusnya kawahara K1 itu langsung narik dr putaran rendah

      Hapus
  22. Gan pj mj krbu apa yg sama pj mj karbu king , yg ukuran 17,5 dan 130 ( pj/mj)

    BalasHapus
  23. Uda ganti blok pk vixion set+cam,per klep,cdi brt,cm jetting masi pk karbu standar,nyari spuyer model karbu ori new aga susah...soalnya beda sendiri kata mekanik/toko spareparts,mau nanya parts subtitusi spuyer buat karbu ori new mx bisa pake apa aja?? Trus ukurannya brapa aja?? Thx.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukurannya kira" yg pas main jet 120 122 125.. antara itu dah kira".. knalpot modif dlu..
      pilot jet standar
      seingat aku model spuyer mx sama aja kok lama ma baru.
      substitusi nya karbu keihin GL, Tiger, Pe sama tp nomer nya jauh berbeda.
      kira" 140 sampai 150

      Hapus
  24. Sekedar bagi info...
    Ane pake jup mx old udah bore up set vixion+cam knalpot bobok karbu standar saringan lepas coke d lepas d karbu biar udara masuk tanpa halangan. Ukuran pj standar 20 mj 105. Cdi brt dualband. Per kopling racing(jgan terlalu keras rawan pecah klahar kopling). Top spedd sampe 130kpj. Tapi kalo mau lebih galak lagi pake karbu king..yg ori ya...biar hasilnya memuaskan.

    BalasHapus
  25. mau tanya gan, motor saya jupitermx 2009 kopling. saya sudah ganti block vixion + noken as vixion, karbu king ori, cdi brt dual band, per kopling brt, kampas kopling daytona, trus masalahnya kalo digas pol sering hilang" kayak gak mau pol larinya gan. itu masalahnya dimana ya gan? klo gnti pj mj ksih info ukurannya jga ya gan? minta infonya gan? terimakasih

    BalasHapus
  26. busi nya sekarang warna nya apa?
    biasa nya terlalu basah/boros masih..
    masalah biasa nya di pj mj memang.. ukuran ga tentu

    BalasHapus
  27. Kalau untuk jupiter MX 135 liquid cool bisa gak di pakekan karbu RX king....?? Trus gmana dengan tali gas nya mx 135 itu kan ada 2 gan....mohon solusi nya gan

    BalasHapus
  28. ga perlu di pakai satunya.. diakal..
    atau gantian punya shogun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan motor saya mx lama 2008 klu pasang karbo king manifol nya gimana ngakalin masangnya

      Hapus
  29. bkin adaptor/manifold sendiri
    emg mx lama model baut, bukan sok sprti njmx

    BalasHapus
  30. nggak perlu ganti..
    standard aja bisa
    kecuali mau ke performa baru ganti

    BalasHapus
  31. Gw pke mikuni vm 28,pj 27 mj 185,rpm 7rb keatas brebet dn tnaga trasa datar it knapa ya?kdang knalpot nembak..pkoknya mnyentuh rpm 7rb lngpsung brebet

    BalasHapus
  32. main jet terlalu besar..
    coba ukuran nya kembali kecil lg..
    coba ukuran 165

    BalasHapus
  33. permisi om saya mau nanya motor saya njmx pake karbu king cdi brt pj/mj 17,5/150 tarikan awal enak nendang gt tapi di atas nya berat gamau lari itu kenapa yah om? tlg pencerahan nya om

    BalasHapus
  34. main jet nya terlalu besar masih.
    hehehe

    BalasHapus
  35. Gan . kalo mau pasang karbu rx king ke ojmx . bisa pake manifoldnya scorpio gak ?? Soalnya ada tmen sy katana bs ...

    BalasHapus
  36. pak mx saya boreup pegoan,kalo pke krbu std malah batuk2, kira2 di pasangin karbu king cocok ngga ya ?

    BalasHapus
  37. iya karbu std e malah batuk2 haha
    knalpotmu jangan standar bro
    ntar karbu king langsung tancep dah bisa dipakek kok

    BalasHapus
  38. Gan ane njmx 2012 kok abis setting karbu ndut2an kalo gas rendah,kalo pas jalan lurus mantab banget tarikan,cuma turun gas masih aja ngegerung...saran mekanik ganti karbu ,apa gak bisa di akalin service atai apa karbunya gan

    BalasHapus
  39. pernah bongkar noken as?
    top gir sudah tepat apa blm?

    kalau mslah karbu sprti itu mgkn dari membran yg ada di bodi karbu udah sobek atau lubang

    BalasHapus
  40. Gan, klo Njmx Pake karbu King, Mesti Ganti kabel gas Shogun tahun brapa Yang pas.?

    BalasHapus
  41. shogun 110 bisa, baik baru dan lama

    BalasHapus
  42. mas bro. mau tanya, kalo mx lama, mau pake karbu mx new. kira2 pnp, atau mesti ganti part lain ya, selain olor gas?
    thanks

    BalasHapus
  43. Gan ,sya punya karbu RX king mau sya pasang di mx old ,tpi ditutup karbu sya gk ada baut buat tempat kabel gasnya ,hrus gmna y gan ,mhon pncerahan..

    Dan mau tanya ,kan nanti kabel tpsnya gk dilepas ,setelah itu di biarkan / gmna ? ,trus klo kbel tps gk dipakai ,apakah tidak berakibat apapun ?

    Thanks gan :)

    BalasHapus
  44. yang pasti manifold nya beda hehe

    BalasHapus
  45. @than
    TPS ga dipakai cuma berbeda di karakter pengapian aja. ga terpasang hanya indikator merah menyala saja.

    BalasHapus
  46. Gan new jupiter mx ane kalo abis digas ngegerungnya kok lama ya sama knalpotnya ngebul...
    Sama nanya kira2 harga karbu NJMX yg ori berapa harganya....

    BalasHapus
  47. mungkin per vakum nya dipotong atau udah lemes?
    harga karbu NJMX ori baru sekitar 708.000 rupiah

    BalasHapus
  48. Mas kalo mau ganti karbu mx 135 pake karbu king , tapi jangan samapi brebet itu cara ngakalin nya gimana ya ?

    BalasHapus
  49. Mas brow.
    Mx new saya pake karbu king merk lippo. Setelah di pasang dan setting ngk mau... Brebet putaran bawah dn tas.. Hampir mati motor. Selain ukuran standar pilot dan main jet nya. pj dan mj yg ukuran lebih kecil ukuran berapa2 ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karbu king biasanya 22.5/150 spuyernya.. coba repair kit rxs atau beli spuyer eceran yg ada nomor nya.. 17.5/130 punya rxs kalau tidak salah

      Hapus
  50. Asalamuaikum. Bro mau tanya motor jupiter mx ojmx saya udah di bor up 150cc pake vixon. Tpi karbu masih pake standar. Biar tarikan enak pake Main jet /pilot jet.ukuran brpa ya bro. Terimakasih

    BalasHapus
  51. Ijin nanya min Nova, posisi njmx udah pake blok vixion dan karbu pake karbu rx king dan dalemannya masih bawaan walaupun kw semua..udah dipasang dimotor kadang diputaran rendah, menengah dan lepas gas ada suara NGOK walaupun gak sering dan serasa boros bgt drpd pe26..solusinya gmn min? apa harus ganti spuyer ukuran 17.5/130?
    makasih min, semoga dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu besar pj mj standar King di 150 cc 4 tak.. jelas boros dan kurang bertenaga

      Coba pj mj lebih kecil dan riset kombinasi yg cocok

      Hapus
  52. Min NJMX saya mesin standar(4 speed non kopling)cuma ganti knalpot racing, cara biar tarikan gigi 3 sama 4nya ga kempot bagaimana ya? Apa saja part yg perlu saya ganti, dan siapin budget brp kira2 min? Soalnya masih mahasiswa h3h3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karburator standar reamer sama CDI BRT.. dah cukup enak banget lari 120 kpj

      Hapus
  53. Mohon info nya gan ane pkek MX new karbu nya mau ganti karbu king ane bingung tali gas nya tu yang cocok tali gas apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selongsong bebas nanti dikupas, isi tali gas nya bisa pakai sling rem sepeda kayuh.. nanti dibuatkan ujung cantolan ke skep

      Hapus
  54. Bang numpang tanya nih Pj Mj karbu king Ori buat yamaha vixion old mesin standar, knalpot racing itu ukuran nya di pj mj berapa ya, mohon pencerahan nya mas 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bawaan dulu, nanti dikoreksi pj mj
      Busi hitam kecilkan spuyer nya

      Hapus
  55. Permisi om mau nanya, kmrin udh gnti karbu King di njmx, main jet King kn kegedean, takut boros, jdi gue pkek main jet standar mx new, test ride pertama jarum d tengah, nafas bawah berebet kayak motor bore up, tpi pas d betot, ngacir, test ride kedua, jarum ny d naikin 1, awal bagus, tp pas d tengah berebet, di betot ngacir tp putus2 kaya habis bensin, itu masalah ny dmn ya om, ap main jet ny d kecilin lg, soalny main jet mx new kn 110, gmn om solusi ny??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya klip tengah saja, main jet segitu.. pilot jet turun sampai ga brebet

      Kalau mau klip naik 1, main jet kurang besar.. asupan bensin kurang itu

      Hapus
  56. Kak mtor saya mx new pake karbu king kok brebet di putaran tengah dan atas kira2 apa nya ya klo api normal semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi hitam? Main jet kebesaran
      Klip jarum coba naikkan

      Hapus
  57. bang, motor saya mxnew cuma ganti burset ke ukuran 57, klo ganti karbu rx king kira kira perlu ganti daleman yg laen ngga?
    skalian nanya kira kira klo ga perlu ganti daleman lain tembus top brp hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkiraan top speed sama saja.. cuma akselerasi nya beda

      Hapus
  58. mau nanya ni om
    mx new gw mau ganti pake pe 26 tk racing
    yg tali gas yg cocok pake motor apa y om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sendiri dari kabel rem sepeda onthel.. dililit dan disolder ujungnya

      Hapus
  59. Ikut nimbrung, Gan. NJMX 11, hore up vixie set 150 CC, porting, box filter, pake PE 26 Scarlet, PJ 48 MJ 122, klip jarum tengah, masih ngok diawal, put bawah. Lalu TPS diputar 1/3. Lampu sesnsor ngga nyala. Knalpot, Kem, Mash std. Masalah:
    1. Kenapa masih ngok, diputaran bwh. Apa solusinya.
    2. TPS diapakan biar aman. Bisa pake CDI Varro, agar dimatikan saja.
    3. Tlg idenya biar motor lebih nyaman dan ngacir. Thank you

    BalasHapus
  60. Bang MX new saya pake karbu RX king tapi susah hidup sekalinya hidup kayak tekor bensinya,itu apanya yang harus doganti

    BalasHapus
  61. Klo ganti CDI racing harus bore up??

    BalasHapus
  62. bang cdi brt dualband bisa

    BalasHapus