Rabu, 15 Januari 2014

Cek Air Cut Valve (ACV) Karburator

Cek Air Cut Valve (ACV) Karburator - Air cut off valve merupakan komponen pada karburator, seperti pada Honda Karisma, Yamaha Jupiter Z, Suzuki Shogun SP, dsb. Fungsi nya membantu proses pembakaran di ruang bakar. Juga bisa meminimalisir gejala knalpot menembak saat deselerasi atau menutup gas secara tiba-tiba dan menurunkan gigi. 
air cut valve pada karburator Kharisma
Jika mengalami gejala tersebut, maka menggangu kerja mesin. Perlu dicek kondisi katup vakumnya dari kebocoran. Misalnya silnya tidak rapat (koyak), ikatannya longgar dan lain sebagainya. Fungsi dari katup ini mensuplai udara cadangan saat terjadi kevakuman yang tinggi saat deselerasi.  Deselerasi lantaran putaran mesin dan girboks tidak sinkron, saling tahan. Di saat sama trotlle valve atau skep sudah tertutup, jadinya bahan bakar yang tertarik menjadi lebih banyak tanpa udara.

Campuran kaya tersebut tidak semuanya terbakar, ada sebagaian yang ikut terbuang ke knalpot. Karena suhu knalpot sudah panas menyebabkan bahan bakar akan menguap pada knalpot yang menyebabkan suara ledakan. Nah, katup air cut off berfungsi untuk menambah udara saat kondisi tersebut sehingga campuran-nya terjaga. Kerjanya memanfaatkan kevakuman pada intake manifold untuk membuka katup tersebut. 

Bila bocor katup tersebut, tidak ada udara yang disuplai alat tersebut dan memang menjadi tugasnya. Bisa juga penyebabnya bukan pada katup air cut off nya yang sudah bocor tapi pada bagian saluran juga perlu diperiksa. Penyumbatan pada saluran karena menumpuknya kerak bisa juga menjadi penyebab tidak berfungsinya katup tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar