Kamis, 02 Januari 2014

Fungsi Karet di Swing Arm

Fungsi Karet di Swing Arm - Karet swing arm fungsinya menjaga timbulnya gesekan dengan rantai. Bisa jadi karet yang satu ini luput dari perhatian pengguna motor. Karena memang jarang terjadi masalah pada karet tersebut, tapi kalau sampai rusak bisa merusak part yang lain. Karet yang kita bicarakan ini adalah karet pelindung swing arm. Letaknya ada di ujung swing arm sebelah kiri, sebelum gir depan.
letak karet di swing arm motor
Akibat umur pakai yang sudah lama, bikin karet tersebut rusak. Ada juga akibat kurang telitinya pemasangan, juga membuat karet tersebut lepas dari tempat semestinya. Fungsi karet tersebut adalah melindungi swing arm dari gesekan rantai.
gesekan rantai bisa merusak swing arm
Bila sampai karet itu rusak atau lepas dari tempatnya, maka bisa mengganggu konsentrasi si pengguna motor. Itu karena timbulnya bunyi akibat dari gesekan rantai dengan swing arm. Jangan dicuekin aja dengan kejadian tersebut, pasalnya bisa berakibat fatal. Maksudnya akibat dari gesekan tersebut, swing arm bisa bolong dan menimbulkan karat.

Di beberapa daerah yang tingkat kadar garamnya di air lebih tinggi, membuat penyebaran karat lebih cepat. Imbasnya bisa ditebak, umur pakai swing arm enggak seperti yang diharapkan. Masih soal gesekan rantai dengan swing arm, saat enggak ada lagi karet pelindung. Hal itu, juga akan berimbas pada umur pakai rantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar