Kamis, 16 Januari 2014

Klaim Honda CB150R Perihal Gigi Starter Patah

Klaim Honda CB150R Perihal Gigi Starter Patah - Ketika muncul suara kasar saat starter Honda CB150R StreetFire dipencet, seperti suara "kreeekkk..." dan mesin tidak langsung hidup, kita perlu waspada terhadap kondisi motor kita. Silahkan cek gigi starter ke bengkel terdekat. Memang beberapa mengalami masalah itu, enggak tahu kenapa, mungkin bahan kurang kuat.
gambar gigi stater CB150 R yang rompal
Setelah dicek ternyata starter driven gear, atau gir yang menempel di balik magnet yang rompal (gbr.1). Gigi ini kerjanya digerakkan starter reduction gear yang diputar dinamo. Tuh terlihat ada 2 gigi yang ompong (gbr.2). Kalau mengalami hal sama, sebaiknya memang segera dibawa ke AHASS untuk klaim. Pokoknya kalau memang masih dalam masa garansi pasti akan ditangani.

Kalau dibiarkan, takutnya seperti CB150R yang sedang dibongkar bahkan hingga cylinder head-nya itu klepnya sampai bengkok (gbr.3). Penyebabnya ternyata patahan gigi jatuh pas ke keteng, saat keteng berputar tergencet antara keteng dan gir pemutarnya, terlihat dari keteng yang rusak permukaan dalamnya (gbr.4). Hasilnya keteng lompat, efek berikutnya timing kem bergeser, dan klep benturan dengan piston. 

So, kalau mengalami hal yang sama langsung klaim saja ke AHASS terdekat. Cuma kalau klaim mesti sabar ya, prosesnya sekitar 1 bulan, karena harus pesan dulu spare partnya ke main dealer, dan itu cukup lama.

1 komentar: