Rabu, 01 Januari 2014

Mengganti Connecting Rod/Stang Seker Yamaha Jupiter

Mengganti Connecting Rod/Stang Seker Yamaha Jupiter - Stang piston atau connecting rod, yang sering disingkat conrod, merupakan komponen yang lambat aus. Penyebabnya bisa dari faktor usia, rasio kompresi terlalu tinggi, detonasi, minimnya pelumas, maupun kesalahan/error. Sebagai contoh adalah motor Jupiter tahun 2001 milik saya sendiri. Stang pistonnya macet dan tidak dapat berputar normal, sehingga piston tidak mampu bergerak secara lancar. Penyebabnya adalah detonasi akibat rasio kompresi tinggi tanpa diimbangi dengan bahan bakar oktan tinggi.
stang piston Jupiter
Cara menggantinya adalah sebagai berikut.
1. Siapkan conrod kit/stang piston kit
Untuk varian Jupiter lama, atau Crypton dan Vega, harga stang piston kit nya sektiar 250 ribu. Milik saudaranya, Jupiter Z hanya seharga 140 ribu saja. Untuk versi murah meriahnya, saya percayakan NPP condrod kit seharga 98 ribu/kit nya. Lumayan hemat dan nyaman untuk harian.
stang piston Jupiter lama
2. Belah mesinnya/Overhoule
Untuk melepas kruk asnya, maka kita harus melakukan overhoule alias turun dan pecah mesin. Untuk langkah ini bisa dilakukan di bengkel kepercayaan, atau bagus jika Anda mampu melakukannya sendiri karena ongkos bongkar mampu kita minimalisir.
belah mesinnya
3. Bawa ke tukang bubut
Bawa as kruk/crankshaft dan conrod kit yang baru ke tukang bubut. Di sana akan dilepaskan big pen yang lama dan stang piston kit yang baru akan menggantikannya. Lakukan balancing as kruk jika memang perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar