Kamis, 23 Januari 2014

Tips Kopling Sentrifugal/Ganda Aus

Tips Kopling Sentrifugal/Ganda Aus - Berikut merupakan tips kopling ganda apabila sering mengalami selip. Kopling ganda adanya di motor bebek dan matic, tujuannya biar tidak terhentak saat oper gigi maupun awal start. Disebut juga kopling otomatis. Kendala yang sering dialami ya selip, akselerasi lambat waktu start juga larinya payah. Sebabnya sepatu kampasnya tipis atau mangkuknya sudah terkikis yang menyebabkan jarak keduanya menjauh. Solusinya ya diganjal dengan selang. Agar leduanya dekat lagi.
sentrifugal kopling
Ada dua pilihan tempat untuk mengganjal, yang pertama pada bagian karet dumper kampas ganda, ada 3 biji karet. Tinggal ganjal saja ketiganya dengan selang dimensinya persis dengan karet tadi. Tebal selang tergantung jarak antara kampas dan mangkuk sentrifugal. Cara ganjal yang kedua diganjal di masing-masing ujung sepatu kampas tancapkan selang disana, lalu potong disesuaikan dengan ausnya kampas dan mangkuk tadi. Setelah diganjal coba masukkan kampas ganda tadi ke mangkuk sentrifugal.
karet dumper yang dapat diganjal selang
Antara kampas dan mangkuk harus ada celah kurang lebih 1 mm sebagai gerak bebas kampas. Jika celahnya kurang dari itu, motor bakalan jadi seperti pakai kopling manual. Ya, kasar. Begitu masuk gigi langsung lari karena tidak ada kontrol dari kopling tangan. Usahakan selang yang digunakan untuk mengganjal adalah slang pernafasan udara karburator karena lebih tahan. Juga diameternya yang dirasa paling pas ketimbang jenis selang lain.
mengganjal di ujung sepatu kampas sentrifugal

2 komentar: