Kamis, 27 Februari 2014

Merawat Tuas Rem Cakram

Merawat Tuas Rem Cakram - Musim hujan belum selesai ditambah lagi debu di kawasan Timur Jawa dari letusan Gunung Kelud. Selain filter udara dan saluran-saluran pernafasannya, di luar itu adalah rem motor sampeyan bro! Perhatikan kebersihan engsel dan sil tetap dalam keadaan baik. Komponen ini senantiasa dilakukan pengecekan berkala. Misalnya saja debu terbawa air, akan ‘mengampelas’ permukaan kampas rem membuatnya tak rata. Ada lagi yang kerap menghinggapi penyakit rem hidrolik, yakni tuasnya berat.
engsel dan sil rem cakram
Penyakit ini meskipun sudah diatasi ganti kampas rem dan minyak rem, tuas rem masih saja terasa berat. Hal tersebut dikarenakan engsel rem yang ada pada kaliper kotor dan kurang pelumasan, yang menyebabkan piston rem tidak bisa bergerak dengan leluasa. Untuk mengatasi hal tersebut yang perlu melakukan membersihkan komponen engselnya.

Biasanya bagian engsel yang terdapat pada bracket ini susah untuk dibuka. Penyebanya karat ataupun debu yang sudah menumpuk. Untuk itu harus menggunakan cairan penetran untuk melepasnya. Setelah engsel terlepas tinggal bersihkan debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang terdapat pada engsel disebabkan karena karet pelindung rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru. Olesi dengan vaselin atau gemuk pada engsel tersebut sehingga pergerakannya bisa lancar kembali. Setelah semuanya terolesi rakit kembali komponen rem cakram tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar