Rabu, 19 Februari 2014

Pantek Rumah Kopling Byson yang Oblak

Jika pada bak kanan mesin, alias dari dalam rumah kopling, terasa jedug-jedug saat lepas kopling maupun mau masuk gigi persneling, bisa jadi ada penyakit dari karet dumper kopling. Karena aus, otomatis rumah koplingnya oblak. Saat tuas kopling ditarik, gejala tersebut timbul. Hal ini mirip kalau karet teromol roda belakang aus.
Tapi solusi untuk mengusir gejala tersebut ternyata bukan diganti dengan yang baru. Tapi antara rumah kopling dengan gigi primer (primary driven gear) dipantek, ongkosnya cuma Rp 100 ribu, sudah termasuk jasa bongkar pasang sekitar 2 jam. Itu juga jika konsumen berkenan. Pasalnya kalo beli karet dumper kopling saja, di dealer Yamaha tidak ada. Dijual satu set, yang berisi rumah kopling, karet dumper kopling dan gigi primernya. Ongkosnya sekitar Rp 900 ribu. Sedangkan kalau beli karet dumper kopling versi aftermarket yang ada di pasaran, harganya sekitar Rp 30 ribu - Rp 40 ribu. Tapi hanya bertahan sekitar 6 bulan, kambuh lagi.

Dasarnya, karet dumper kopling tersebut berfungsi untuk mereduksi getaran dan noise atau suara mendengung dari dalam rumah kopling. Kalau KDK dilepas dan gigi primer dengan rumah kopling dipantek, otomatis getaran mesin lebih besar dan memicu gigi primer cepat aus. Sisi lain, hampir semua konsumen yang melakukan hal tersebut enggak masalah maupun komplain.

Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Rumah kopling dipantek menyatu dengan gigi primer. Bisa 3 atau 6 titik.
  2. Lantaran KDK tidak dipakai, dudukan KDK mepet ke dinding rumah KDK.
  3. Ini dia karet dumper kopling yang sering aus dan tidak dijual satuan di dealer Yamaha.
  4. Biaya pantek Rp 100 ribu sudah termasuk bongkar pasang.
  5. Butuh 3 atau 6 paku pantek sesuai keinginan.

gambar proses pantek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar