Rabu, 26 Februari 2014

Perbedaan YMJet FI dengan FI Konvensional

Perbedaan YMJet FI dengan FI Konvensional - YMJET-FI tidak sekadar injeksi. Alat ini lanjutan dari Fuel Injection (FI). Hasil semprotannya lebih halus dibanding FI. YMJET- FI singkatan dari Yamaha Mixture Jet Fuel Injection, ia lebih rata mengelola cempuran bahan bakar dan udara. Beda YMJET-FI ini akibat ada tekanan pada pompa bahan bakar yang lebih kuat. Kuat semprotannya semakin homogen pembakarannya.
semprotan bahan bakar injeksi
Campuran bahan bakar dan udara yang dihasilkan lebih baik. Caranya pada YMJET-FI ada selang by-pass udara atau Yamaha menyebutnya Assist Air Passage. Ia bekerja di bawah putaran ideal. Jadi, udara tak hanya lewat throttle body. Pada putaran mesin rendah, udara disuplai lewat selang bay-pass. Selang ini terintegrasi langsung pada intake manifold, lubangnya pada intake berada setelah injektor. Paslah untuk matik yang butuh bahan bakar sejak awal bekerja.
ISC pada YMJet FI
Throttle body YMJET-FI berbeda dengan sistem FI pada Vixion dan Jupiter Z1, terdapat dua katup butterfly (kupu-kupu) atau biasa disebut koin. Kedua koin ini bekerjanya tidak bersamaan. Pada putaran mesin langsam kedua koin menutup. Udara disuplay bay-pass tadi, ketika putaran dinaikan maka hanya koin pertama yang membuka, semakin naik putaran kupu-kupu kedua akan membuka, jadi bertingkat.

YMJET-FI pada motor matik, karena matik membutuhkan suplai udara lebih padat pada putaran bawahnya. Matik tidak mempunyai reduksi bertingkat, harus disediakan bahan bakar mencukupi pada putaran rendahnya. Di sisi lain efisiensi bahan bakarnya pun dituntut lebih irit, karena reduksinya otomatis. Jalur bay-pass tadi memanipulasi udara agar memiliki volume tesedia terus menerus. Memang tidak ada pada Vixion dan Z1, tapi injektor dan sistem pompa bahan bakarnya sama, jadinya sama-sama halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar