Senin, 17 Maret 2014

Membersihkan Kotoran di Tangki Bahan Bakar

Membersihkan Kotoran di Tangki Bahan Bakar - Cara usir kotoran dalam tangki bahan bakar ya mesti copot tuh tangki dari tempatnya. Kalo itu sih tak usah jadi cerita. Tapi ternyata ada cara yang lebih mudah, cukup sediakan selang bening atau transparan. Selang tadi digunakan untuk mengeluarkan kotoran macam air dan karat dari dalam tangki, tapi karena kotoran tadi punya berat jenis (bj) yang pasti lebih berat ketimbang bensin, otomatis ada di dasar tangki. Selang ini untuk menyedotnya.
menguras tangki tanpa melepas tangki nya
Itu sih teori. Prakteknya langsung siapkan selang diameter 5-7 mm, panjangnya kira-kira 1 meter. Usahakan pakai selang transparan agar terlihat kotorannya yang lewat dari dalam tangki. Juga jerigen atau botol bekas oli (volume minimal 1 liter) untuk menampung bensin.
jerigen penampung bensin
Sebelumnya pastikan bensin di tangki yang akan dikuras ada isinya, masak iya tangki kosong, namanya juga dikuras. Paling tidak ada separuh. Masukkan salah satu ujung selang ke dalam tangki, ujung lain masuk ke jerigen/wadah penampung. Tiup lubang di tangki pakai mulut sampeyan hingga bensin mengalir lewat selang tadi. Nah sekarang tinggal sampeyann geser-geser posisi selang sesuai dasar tangki yang dianggap tempat menumpuk nya kotoran.

Usahakan selang menyentuh dasar tangki sambil lirik bensin yang mengalir dan kelihatan banyak kotorannya, tahan sebentar posisi ujungnya di satu tempat di dasarnya. Proses tadi bisa diulang hingga tangki benar-benar bersih. Bensin bercampur kotoran di wadah penampung tadi boleh dituang lagi ke tangki. Kan tadi sudah dibilang kotorannya selalu ada di bawah karena beda bj. Sisakan saja sedikit agar kotoran tidak terbawa ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar