Kamis, 20 Maret 2014

Macam Bentuk Kaki Bohlam

Macam Bentuk Kaki Bohlam - Di pantat bohlam ada tonjolan dari timah atau biasa disebut kaki. Ada juga yang biasa menyebut terminal atau kutub. Bohlam memiliki jumlah terminal positif berbeda. Ada yang 1 atau 2 dengan posisi kutub negatif ada di bodi bohlam. Ada juga yang 2 atau 3 namun dengan kutub positif dan negatif 1 tempat di pantat bohlam.
contoh kaki di bohlam
Bohlam di motor harian umumnya menggunakan terminal positif 1 atau 2. Sedangkan kaki 3 lebih banyak digunakan di motor kelas premium. Kalau ada dua kutub berarti fungsi bohlam untuk 2 cahaya. Sedangkan pada bohlam 1 kutub hanya 1 sinar.

Contoh bohlam headlamp untuk lampu pendek dan jauh. Di bagian bawah bohlam rata-rata ada 2 terminal positif berbentuk benjolan dari timah. Sedangkan untuk kutub negatif pada bohlam jenis ini biasanya terpasang pada rumah fitting lampu. Makanya lampu bisa nyala karena ada arus positif dan negatif.
bohlam tipe tancap
Beda lagi dengan bohlam 1 kutub positif. Biasanya peranti ini dipakai untuk lampu sein atau lampu kecil di panel spidometer dengan terminal kutub negatif di fitting lampu. Namun seiring perkembangan desain motor dan fitur pada panel, bentuk bohlam dirancang berbeda. Sekarang bohlam di panel spidometer atau sein ukurannya bukan cuma lebih kecil, tapi sistem pemasangannya sudah model tancap dan cabut. Sehingga bentuk terminal positif dan negatif ada di bawah bohlam.

Selain disebutkan di atas, coba perhatikan 3 terminal bohlam H4 yang biasa dipakai di motor-motor besar. Pada bohlam ini terdapat 3 kutub, yaitu positif untuk lampu dekat, jauh dan terminal massa. Makanya model terminal kabel juga ada 3 dan arus massa jadi satu dan tidak terpisah.

4 komentar:

  1. bro aq mw nanya gmana caranya masang lampu supra fit karena semua kabel yang terdapat di spdh saya sudah saya bersihkan tinggal 2 kabel yang masuk ke CDI dan satu kabel yang masuk ke koil

    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. ya dr spul lampu, masuk ke kiprok, masuk ke bohlam..
    kalau mau pakai saklar ya sblm bohlam lewat saklar dlu..

    BalasHapus
  3. Gan novanda,motor saya honda grand '96.Gimana si cara agar lampu motor lebih terang.Aki hidup l motor standar.Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum modifikasi, pastikan reflektor dan mika lampu masih terang dan baik.
      kalau masih instal AC susah bro. kalau diinstal DC ambil dari aki bisa pakai watt lampu yg lebih besar. ntar suplai aki harus memadahi dengan modifikasi pengisian terlebih dahulu.
      kalau masih standar pakai bohlam 18w aja dlu biar terang. atau spul digulung dengan kawat yg lebih besar dkit

      Hapus