Kamis, 24 April 2014

Cara Sederhana Mengatasi Karburator Dimasuki Air

Cara Sederhana Mengatasi Karburator Dimasuki Air- Tangki kemasukan air memang sudah menjadi permasalahan yang cukup klasik, apalagi saat memasuki musim hujan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan air bisa masuk ke dalam tangki hingga akhirnya masuk ke dalam karbu dan menyebabkan mesin tak mau menyala. Mulai dari disebabkan saat mencuci motor dengan cara disemprot atau kehujanan.
terdapat endapan air di dasar mangkuk karburator
Cara mengatasinya pun cukup mudah, langkah awal yaitu menutup keran bensin di tangki yang menuju karbu, lalu kendurkan baut saluran pembuangan bensin di karbu. Biarkan bensin yang tersisa di karbu tersebut terbuang habis, sebab ada kemungkinan bensin dalam karbu sudah tercampur dengan air.

Jika air dalam karbu sudah benar-benar terkuras, maka tutup atau kencangkan kembali baut saluran pembuangan tersebut lalu membuka kembali kran dari tangki menuju karbu, yang dilanjutkan dengan menyalakan motor. Namun perlu diingat, saat menyalakan sebaiknya menggunakan kick starter dan jangan menggunakan elektrik starter.

Tapi jika motor tetap aja tak mau menyala, maka ada kemungkinan busi motor ternodai air sehingga proses pematikan api gagal terjadi. Maka lepas busi, lanjutkan dengan mengeringkan busi menggunakan lap kering sampai benar-benar bersih dan kering. 

Setelah itu, dengan menyumpal lubang busi dengan lap kering, kick starter motor beberapa kali dalam keadaan mesin mati atau kunci kontak off. Langkah terakhir adalah memasang kembali busi, namun pastikan tidak ada air dalam kepala busi maupun di busi. Lalu hidupkan motor dengan kick starter.

1 komentar: