Jumat, 04 April 2014

Menguatkan Swing Arm X-Ride untuk Off Road

X-Ride dengan swing arm Nouvo
Demi kenyamanan dan kestabilan roda belakang, banyak pembesut Yamaha X-Ride yang apliksi swing arm tambahan copotan Yamaha Nouvo. Baik dipakai harian maupun untuk main lumpur alias adventure off-road. Tak hanya bikin stabil bro, tapi sekaligus dongkrak tampilan. Nah yang paling utama adalah untuk mencegah gigi rasio rontok saat diajak adventure maupun grasstrack.
tampilan swing arm Nouvo di X-Ride
Ada beberapa kejadian yang dialami saat turun grasstrack, yaitu gigi rasio rusak. Tepatnya rumah beserta gigi rasio rontok akibat ditabrak pembalap lain dari samping tepat di bagian tersebut. Tapi setelah aplikasi swing arm bawaan Nouvo ini, lebih aman dan hal tersebut enggak terjadi lagi.
gambar 1, 2, dan 3
Berikut panduan pemasangannya.
  1. Tebus swing arm copotan Nouvo yang di pasaran dijajakan antara Rp 150 ribu - Rp 200 ribu.
  2. Agar swing arm Nouvo duduk manis pada mesin X-Ride, sebelumnya di-custom pada bagian pegangan bautnya. Kedua dudukan baut dipotong kurang lebih 2 cm, lalu disambung kembali. Sesuaikan dengan dudukan baut pada mesin.
  3. Tebus as roda Yamaha Nouvo dengan dana Rp 275 ribu. Pasalnya as roda X-Ride lebih pendek dari as roda Nouvo.
  4. Biar as roda Nouvo juga ngepas di X-Ride, sebelumnya dilakukan penyesuaian. Yakni bikin bushing baru menyesuaikan dudukan as roda X-Ride.
bagian yang memerlukan bushing

3 komentar: