Kamis, 05 Juni 2014

Cara Pasang PE28 di Byson

Memasang Keihin PE28 di Yamaha Byson sangatlah mudah. Tebus dahulu karbu PE 28 yang banyak dijual di pasaran. Penyesuaiannya hanya potong kabel gas. Namun agar lebih mendongkrak performa Byson, maka perlu dilakukan beberapa perubahan antara lain adalah ganti yang intake manifold yang lebih pendek dan memberi klem agar manifold lebih rapat.
karbu PE28 di Yamaha Byson
Berikut penjelasannya.
1. Tebus intake manifold yang lebih pendek dan karet intake manifold baru.
Aplikasi karburator aftermarket di semua motor berpengabut karburator, butuh part pendukung. Bawaan pabrik, intake manifold Byson agak panjang, jadi kalau mau pasang PE 28 harus ganti yang lebih pendek serta karet intake ganti yang profilnya lebih lurus karena bawaan Byson agak belok. Hal ini dilakukan agar respon gas lebih cepat dan torsi keluar pada rpm tinggi.
intake yang lebih pendek
karet intake lurus lebih optimal untuk induksi
2. Beri klem agar karburator rapat dengan manifold.
Selain tebus manifold, tambahkan dua klem karet intake.
klem karburator agar lebih rapat
3. Jetting spuyer karburator
Karena ukuran main jet dan pilot jet bawaan karbu PE 28 terlalu besar (PJ #42 ; MJ #152), mesti beli main jet dan pilot jet dengan ukuran lebih kecil agar setingan karbu lebih optimal.
spuyer karburator harus setting ulang

3 komentar:

  1. om.saya pake karbu ori dia cegukan d karbu.terus ganti dengan karbu pe28 juga merek cpo tetap ada cegukan alias nembak di karbu.tapi tarikan ok om.ringan dapet,ya ituh sy masih ada cegukan.sya pake pj 115 dari 112 pikir sy mau ilang ganti ke 115 tapi masih ada,tolong om saran dan siulisi agar cegukan batuk d karbu ilang. terimakasih om🙏

    BalasHapus
  2. Dah aman gan, minta saran kebetulan ane mw pasang PE28 CPO.

    BalasHapus