Kamis, 04 September 2014

Perhatikan Kondisi Ban Dalam

Perhatikan Kondisi Ban Dalam - Batas waktu ganti ban dalam tidak ada patokan nya. Karena alasan itu, wajar jika banyak yang cuek bebek kondisi ban dalam. Meski sudah tidak layak pakai, tetap dipakai sampai jebol. Untuk tahu kondisi ban dalam masih layak atau tidak, caranya mudah. Berikut keterangan lebih lanjutnya.
ban tidak layak pakai
  1. Jumlah tambalan
    Jangan terbiasa membiarkan ban kelewat banyak tambalan. Efeknya bukan cuma putaran roda tak imbang. Ban dalam gampang bergelombang dan berisiko tambalan kembali bocor.
  2. Posisi pentil
    Pastikan pentil tetap tegak dan nggak miring kiri-kanan. Kalau miring, kotoran gampang masuk hingga menyebabkan karat. Pentil mudah terpisah dengan ban dalam. Salah satu penyebab pentil miring, biasanya ban kurang angin. Biker kurang perhatian pada tekanan ban. Saat kempes tidak lekas diisi, tapi tunggu sampai kelihatan gembes. Padahal ban luar bisa menarik ban dalam saat roda berputar.
    perhatikan pentil ban
  3. Kecacatan ban
    Jangan sepelekan ban dalam bocor di bagian yang rawan. Terutama di bagian lis atau garis sambungan ban dalam untuk menghindari kebocoran meluas. Meski masih bisa ditambal, tapi kalau robek nya segaris dan berukuran besar baiknya ban dalam tersebut diganti baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar