Kamis, 20 November 2014

Modifikasi Lift Noken As/Camshaft

Modifikasi Lift Noken As/Camshaft - Untuk mengejar power mesin biasanya noken as dimodifikasi. Salah satu bagian yang dimodifikasi adalah lift atau mudah nya adalah jauh sundulan noken as. Tujuan penambahan lift ini adalah agar efisiensi volumetrik menjadi tinggi yang ujung-ujung nya kembali ke peningkatan power mesin.

Ada beberapa cara untuk menambah lift, yaitu:

  1. Menambah daging noken
    Noken as ditambahkan daging nya menggunakan ring piston bekas yang dilas. Penambahan dilakukan pada tonjolan noken as sesuai dengan profil yang diinginkan. Penambalan tidak perlu rapi. Setelah itu dilakukan grinding camshaft untuk merapikan profil noken as. Keunggulan cara ini adalah baut setelan klep tidak akan turun alias mirip standar. Kerugian nya sendiri adalah kekuatan dari bahan daging itu sendiri. Terkadang noken cepat kalah dan aus.
    menambah daging noken as
  2. Mengurangi diameter pantat noken as
    Cara ini sering digunakan karena sederhana dan mudah. Alatnya adalah grinding camshaft yang berfungsi untuk mengurangi diameter pantat noken as. Setelah digerus merata, noken as siap digunakan dengan lift yang lebih tinggi dari sebelumnya. Kerugian nya adalah baut setelan klep akan turun sehingga pada titik tertentu celah klep tidak dapat dirapatkan lagi. Alhasil suara mesin akan kasar dan performa kurang maksimal.
    mengurangi diameter pantat noken as

Tidak ada komentar:

Posting Komentar