Selasa, 05 Agustus 2014

Langkah Modifikasi Mesin 2 Tak yang Tepat

Langkah Modifikasi Mesin 2 Tak yang Tepat - Banyak pengendara motor yang ingin motornya melaju kencang. Untuk itu perlu beberapa langkah agar modifikasi mesin tepat dan tidak memakan biaya banyak. Rata - rata penyebab membengkak nya biaya adalah terjadinya pengulangan dan kesalahan modifikasi.
80 cc drag bike
Berikut langkah modifikasi mesin 2 tak yang tepat ala freecharz.blogspot.com.
  1. Porting blok dan papas kop
  2. Knalpot
  3. Membran dan jetting karburator
  4. Kopling
  5. Pengapian
  6. Rasio girboks

Senin, 04 Agustus 2014

Papas Kop Yamaha V80 Sensasi Racing

Papas Kop Yamaha V80 Sensasi Racing - Kop silinder 2 tak sangat mudah dibentuk karena tidak adanya klep atau pun part lainnya. Untuk mendongkrak kompresi bisa diatur melalui kop silinder ini. Untuk motor Yamaha V80 yang sudah oversize 100 dan diporting exhaust sejauh 30 mm dr bibir blok dapat menggunakan volume kubah 7.5 cc dengan rasio kompresi dinamis 8.2 : 1. Sangat aman menggunakan premium karena masih dibawah batas knocking.
hasil costum kop Yamaha V80
Cara membentuk nya adalah dengan membawa kop ke tukang bubut. Kop dipapas sebanyak 1.5 mm dan dilakukan proses squish ulang. Sudut kemiringan squish sama dengan standar dan lebar nya kira - kira sekitar 7 mm. Rasakan perbedaan nya.

Minggu, 03 Agustus 2014

Jenis Pulser: Positif dan Negatif

Jenis Pulser: Positif dan Negatif - Sepeda motor keluaran pabrikan menganut sensor pick-up coil sebagai sinyal/sensor masukan untuk cdi yang digunakan untuk menentukan titik referensi pengapian. Pada sensor pick-up coil bekerja berdasarkan induksi medan magnet. Dimana apabila lilitan dengan magnet tetap dilalui oleh tonjolan besi maka jarak antara inti magnet dan besi akan menghasilkan besaran fluks tergantung gap antara kedua jarak tersebut yang diilustrasikan oleh gambar 1.
gap sempit antara pulser dan tonjolan magnet
gap lebar antara pulser ke magnet
Gambar 1 menunjukan jarak antara pulser dengan tonjolan sangat pendek dan gambar 2 menunjukan gap pulser dengan tonjolan lebih lebar. Seperti kita ketahui bahwa fluks magnet akan berubah bila ada perubahan jarak antara gap.

Artinya magnet yang bergerak dengan gap yang berubah-ubah akan menyebabkan perubahan fluks magnet pada pulser. Dengan adanya perubahan flus magnet pada pulser akan menyebabkan perubahan tegangan keluaran pada lilitan. Hasil tegangan keluran pada pulser tampak seperti gambar 3 atau gambar 4
sinyal pulser positif
sinyal pulser negatif


Pada gambar 3 tampak bahwa seiring putaran magnet pulsa siklus positive mendahului pulsa siklus negative. Sedangkan gambar 4 sebaliknya. Gambar 3 disebut juga pulser positives sedangkan gambar 4 disebut juga pulser negative. Perbedaan kedua konfigurasi dapat dibuat sedemikian dengan membalik terminal keluaran pulser relative terhadap refrensi 0 atau massa atau ground.

Kedua bentuk sinyal pulser dianut oleh berbagai model motor pabrikan. Bila kabel pulser memiliki 2 buah, akan mudah membalikan polaritas tegangan pulser. Sementara bila kabel dari pulser hanya satu sulit mengubah atau membalikan polaritas pulser.

Bila ingin mengganti CDI salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah polaritas pulser yang dianut model motr yang digunakan, apkah jenis pulser positif atau jenis pulser negatif.

Beberapa sepeda motor yang menganut model pulser negatif 2 kabel adalah 
  • Satria FU lama 
  • yamaha Byson.
Sedangkan beberapa sepeda motor yang menganut pulser negatif dan 1 kabel adalah
  • Satria FU model baru
  • Suzuki Smsh Titan
  • Suzuki Spin
  • Suzuki Skywave
  • Suzuki Skydrive
  • Honda CBR
Beberapa sepeda motor yang menganut pulser positif dengan 2 kabel adalah, 
  • yamaha Mio
  • Yamaha jupiter Z
  • yamaha Jupiter MX
  • yamaha Scorpio
  • yamaha Vega
  • yamaha F1ZR
Sedangkan beberapa sepeda motor yang menganut pulser positif dengan 1 kabel adalah 
  • Honda blade
  • Honda beat
  • Honda karisma
  • Honda supra 125
  • Honda supra X
  • Honda CS1

Sabtu, 02 Agustus 2014

Beberapa Penyebab Stang Seher/Piston (Connecting Rod) Cepat Aus

Beberapa Penyebab Stang Seher/Piston (Connecting Rod) Cepat  Aus - Jika stang seher bermasalah dan motor tetap dipacu, akan sangat berbahaya. Sebab motor akan mendadak berhenti dan terpelanting. Jika blok mesin sudah terkena entakan keras piston atau luka, biaya perbaikannya mahal. Penyebab stang seher aus bisa akibat dari faktor usia. Selain faktor usia atau aus, beberapa perilaku atau perlakuan yang salah juga berperan besar menyebabkan setang seher rusak. Apa saja perilaku dan perlakuan yang salah itu? Berikut penjelasannya.
stang seher/connecting rod
  1. Memacu motor di lintasan berat secara terus menerus
    Memacu sepeda motor di lintasan yang ekstrim, terutama dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat dengan permukaan lintasan yang terjal membutuhkan putaran mesin yang tinggi. Bahkan, pengendara lupa atau tidak sempat memindah posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah. Pada saat putaran mesin tinggi, tetapi posisi gigi tetap di tingkat tinggi, sebenarnya setang seher bekerja ekstra keras. Itulah yang memicu setang seher rusak.
    sungguh berat kerja mesin
  2. Kruk as oblak
    Namun, memacu motor di lintasan biasa dengan gaya akselerasi yang mengentak-entak pun bisa memicu setang seher rusak. Umumnya, kerusakan yang disebabkan oleh gaya berkendara seperti itu adalah kruk as yang oblak. Entakan demi entakan keras saat pengendara menarik tuas dengan tiba-tiba dan melepasnya lagi, menjadikan kruk as seperti ditarik dan entak dengan kuat dan tiba-tiba. Akibatnya kruk as goyang atau oblak. Bila kruk as oblak maka lama-kelamaan setang seher juga akan ikut oblak. Jika dibiarkan, setang akan rusak.
    gaya mengendarai yang ugal-ugalan
  3. Kualitas oli jelek
    Ini memang terlihat sepele atau remeh. Namun, penggunaan oli berkualitas jelek memiliki akibat yang fatal. Maklum, oli memang berfungsi untuk melumasi komponen mesin. Terlebih bila pemilik motor kerap memacu tunggangannya dengan kecepatan yang tinggi. Pada saat itu, putaran mesin juga sangat tinggi. Saat itulah gerak atau laju komponen begitu sangat cepat. Pada kondisi seperti itu, tentu pelumasan juga harus sempurna. Oli yang berkualitas jelek atau spesifikasinya tidak sesuai dengan motor menyebabkan pelumasan tidak sempurna. Bila itu terjadi maka gerak sempurna atau oblak dan cenderung menjadikan silinder aus atau terluka. Kerusakan pada silinder menjadikan gerakan piston semakin tidak sempurna atau semakinoblak. Kondisi tersebut berpengaruh pada setang seher. Setang seher ikut oblak dan lama-kelamaan rusak.
    perhatikan kualitas oli
  4. Bore up mesin yang tidak tepat
    Para pemilik motor kerap melakukan bore up mesin untuk meningkatkan kompresi mesin agar pembakaran lebih sempurna. Alhasil, tenaga yang disemburkan mesin pun berlipat. Namun, bila tidak cermat, cara ini justru menimbulkan masalah baru, yaitu setang seher yang rusak. Hal itu bisa terjadi karena dengan meningkatkan rasio kompresi berarti juga memperbesar tekanan piston yang membawa campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Meningkatkan tekanan piston berarti membutuhkan entakan seher yang lebih keras. Pada saat itulah, peran setang seher juga meningkat. Bila setang seher tidak kuat mengimbangi entakan demi entakan ia akan goyang atau oblak. Oleh karena itu, sangat disarankan menyesuaikan setang seher dari bahan yang kuat, bila meningkatkan rasio kompresi mesin.
    piston rusak

Jumat, 01 Agustus 2014

Tabel Ukuran Bearing/Laher

Tabel Ukuran Bearing/Laher - Berikut merupakan rincian dimensi dari bearing/laher.
satuan dalam milimeter (mm)