Selasa, 28 Juli 2015

Hubungan Antara Torsi Dan Power Mesin


Hubungan Antara Torsi Dan Power Mesin - Pada spesifikasi engine kendaraan, tertulis daya dalam satuan horsepower atau kilowatt pada putaran engine tertentu, dan momen puntir atau torsi dengan satuan kgm atau lbf-ft pada putaran engine tertentu. Apakah hubungan antara daya dengan torsi dan dengan putaran engine?
grafik performa mesin
Pada motor pembakaran dalam (internal combustion engine), gas hasil pembakaran akan menekan piston yang terhubung dengan poros engkol (cranksaft) dengan setang piston (connecting rod). Gaya tekan gas tersebut menghasilkan torsi pada poros engkol dan membuat poros engkol berputar. Daya adalah torsi dikalikan putaran (kecepatan sudut):

P = τ * ω
Pada System International (SI):
  • satuan daya P adalah watt
  • satuan torsi τ adalah Nm (newton meter)
  • satuan kecepatan sudut ω adalah radian per detik.
Rumus untuk satuan lain adalah:
P = τ * ω * 2 phi / (60 * 76.04)

Dimana satuan yang digunakan adalah:
  • Daya P dalam horsepower (HP)
  • Torsi τ dalam newton meter (Nm)
  • Kecepatan sudut ω dalam Revolution Per Minutes (RPM)
Pada internal combustion engine, torsi maximum tidak diperoleh pada putaran yang persis sama dimana diperoleh daya maximum. Pada kendaraan yang digunakan untuk menarik beban berat seperti truck, maka daya maximum yang dihasilkan engine berada pada RPM rendah sehingga torsi maximum juga pada RPM rendah. Pada kendaraan yang digunakan untuk kecepatan tinggi dengan beban ringan seperti sedan dan sepeda motor, maka daya maximum yang dihasilkan engine berada pada RPM tinggi, sehingga torsi maximum juga pada RPM yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar