Home » » Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis

Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis

Written By Novanda S.T. on Friday, July 24, 2015 | 1:39 PM

Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis - Pada motor matik juga terdapat kopling yang bertipe sentrifugal. Cara kerja nya ialah secara otomatis mengembang mengikuti putaran mesin dan gaya sentrifugal yang terjadi. Saat kampas kopling masih bagus dan tebal, motor akan memiliki respon yang cepat untuk berjalan dari keadaan diam. Namun ketika kampas kopling sudah aus alias tipis, diperlukan bukaan gas lebih dalam demi mengawali jalan motor. Belum lagi getaran dan suara yang ditimbulkan tidaklah nyaman.
kampas kopling Vario yang sudah tipis
Kalau sudah demikian, kita dapat menebus kampas kopling baru pada motor matik kita agar kondisi nya kembali prima. Apabila mangkuk kopling juga aus disarankan mengganti 1 set. Harga dari komponen kopling matik tersebut tentunya tidaklah murah. Bagi yang kantong nya pas-pasan, mereka akan lebih memaksa untuk mengakali nya terlebih dahulu. Oleh karena itu, penulis blog freecharz ini akan memberi sedikit tips dalam mengakali kampas kopling matik yang tipis agar berfungsi normal kembali. Berikut tips nya, silahkan disimak penjelasan di bawah ini.

Agar respon motor tetap cepat, maka kita harus tahu penyebabnya. Semisal memang kampas kopling kita telah tipis alias aus, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa gap antara kampas ke mangkuk telah jauh. Berarti pemikiran kita adalah harus mendekatkan kembali gap antara kampas ke mangkuk nya. Caranya adalah dengan memberi ganjal pada dudukan kampas atau kampas diganti baru dengan cara pantek.
  1. Ganjal Kampas Kopling
    Proses mengganjal kampas bisa dengan memberi lem besi seperti gambar di bawah. Bisa juga dengan memberi selang pada dudukan nya. Kedua cara tersebut membuat jarak per cvt semakin jauh, dan berarti per cvt menjadi semakin keras. Untuk itu kita harus melebarkan dudukan per agar tarikan per tidak terlalu keras.
    ganjalan lem besi agar kuat
    tempat per dilebarkan sedikit
  2. Pantek Kampas Kopling
    Untuk cara pantek kampas kopling juga tergolong merogoh kocek namun tidak semahal membeli part baru. Kelebihannya adalah luas permukaan bidang gesek kampas dapat dibuat lebih lebar dibandingkan orisinil nya. Tentu diperlukan tukang pantek kampas yang berpengalaman.
    beda permukaan kampas kopling
    pantek (kiri), orisinil (kanan)

0 komentar:

Custom Search