Home » » Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor

Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor

Written By Novanda S.T. on Friday, July 10, 2015 | 12:40 AM

Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor - Titik overlap merupakan saat dimana lift klep in dan ex adalah sama. Cara melihatnya adalah dengan mengira-ngira titik lift overlap in dan ex bertemu. Mudahnya saat overlap adalah saat seperti gambar di bawah. Apabila kita melihat letak titik overlap tersebut, maka kita dapat menyimpulkan sesuatu. Kesimpulan dari letak titik overlap tersebut bisa tepat di TMA, Advance, ataupun Retard. Masing-masing kriteria tersebut mempengaruhi powerband dari motor.
titik overlap
Letak titik overlap yang advance mengartikan bahwa powerband keluar lebih cepat dan juga berakhir lebih cepat. Cocok untuk motor yang bermain di rpm rendah dan trek pendek. Sedangkan letak titik overlap yang retard mengartikan bahwa powerband di rpm tinggi. Nafas motor terasa enak saat mesin sudah teriak rpm tinggi, namun tarikan rpm rendah kurang baik. Tentunya efek dari profil titik overlap kem hampir sama dengan kita mengubah posisi top timing. Dan juga hasil dari noken as juga dipengaruhi setting top nya.
retard vs advance
bila lift overlap ex lebih rendah dari in = advance
bila lift overlap ex lebih tinggi dari in = retard
Sebagai info tambahan, penulis sering menjumpai camshaft motor balap mayoritas titik overlap kem nya adalah advance. Kalau titik overlap yang retard dapat dijumpai di motor yang dipakai untuk jarak jauh alias butuh nafas panjang.

0 komentar:

Custom Search