Selasa, 18 Agustus 2015

Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Mio

Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Mio - Untuk keperluan bore up, banyak yang bertanya seberapa jauh blok Mio mampu di bore up dengan liner standar. Oleh karena itu, penulis mengukur diameter luar liner/boring dari blok Yamaha Mio. Caranya adalah dengan menggunakan jangka sorong dan diukur diameter luar liner. Terbaca diameter luar liner di bagian belakang sebesar 56 mm dan diameter liner pada bagian dalam blok adalah 60 mm. Jadi liner standar Mio dapat dibore up maksimal 52 mm agar aman harian, dan 54 mm untuk motor balap. Apabila ganti liner tanpa perbesar crankcase dapat dibuat diameter luar boring utuh 60 mm.
Liner ori blok mio karbu 

diameter luar liner Mio

184 komentar:

  1. Jadi max bore up boring mio 56 gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengacu liner standar 52,4 mm saja.. kalau diganti liner lurus malah bisa di atas 56 mm tanpa perbesar crankcase

      Hapus
    2. Liner Boring Mio Piston Gl Neotech Os 25 Makai Liner Brpa Mm Gan?

      Hapus
    3. Mio aplikasi piston 58 ke atas butuh bubut crankcase

      Semakin tebal semakin bagus tentunya..
      Minimal liner 62 mm harian

      Hapus
    4. Max borup Mio drag liar 150cc pakek boring std punya aku bisa kok 2 th masih utuh aman gak pernah jebol pernah jgk di pakek Turing masih aman asal setingan nya pas jangan asak borup aja ya ukuran kelep 2824 pelatuk make templar per kelep Swedia struk 2mm

      Hapus
    5. Bang Saya kan mau pakai seher os 200 diameter 52mm pada motor mio apakah liner masih bagus buat harian dan perjalanan jauh

      Hapus
    6. Bang Saya kan mau pakai seher os 200 diameter 52mm pada motor mio apakah liner masih bagus buat harian dan perjalanan jauh

      Hapus
    7. Masih bagus, tebal punya Yamaha

      Hapus
    8. Maksimal 53mm klo masih liner std

      Hapus
    9. Gan saran untuk beli liner nya UK brpa untuk piston 54,5

      Hapus
    10. Minimal 58 mm tanpa kolter
      Saran sih biar enak minimal 60 mm

      Hapus
    11. Mio piston mentog diameter berapa

      Hapus
  2. Gan ane punya blok mio ukran luat nya 60mm bisa masuk ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud nya liner nya? Bisa gan itu liner mentah Mio

      Hapus
    2. Klo boring nya 57 butuh di bubut gak bang?

      Hapus
    3. Ngapain naik cuma 57? Ori nya aja 56 mm

      Hapus
  3. Gan saya punya blok std mio saya kasi piston 54 masi aman ngk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak aman.. ganti liner nya

      Hapus
    2. lebih baik ganti liner dulu gan

      Hapus
    3. Berapa kira kira biaya ganti liner

      Hapus
    4. Tergantung bahan, ukuran, dan jasa tukang..
      Minimal harga 200 rb

      Hapus
    5. Saya sarankan pakailah Liner bahan Carbon 😅

      Hapus
  4. Saya mau ganti seher standar ke ukuran 53 apakah harus di bubut bagian linernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih sebaiknya perbesar liner nya biar awet ga mudah panas

      Hapus
    2. Klo max tanpa rubah tusuk satenya brp mm ya? Max memperbesar cranckes

      Hapus
  5. Assalamualaikum gan mau tanya kamo misalkan blok std mio di gating boring diametr dalam nya 54mm bisa engga yah tolong di jawab gan trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. malah sampai luar 60 mmcmm okee lubang standar, tapi ada yg perlu diperbesar sedikit belakang lubang crankcase

      Hapus
  6. Mas mau nanya kan linear luar Mio 60mm terus mau masang piston 54 kan korter liner jadi sisa linear luar nya 6mm apakah aman tanpa harus perbesar canrnkcase??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner luar bawaan cuma 56 mm, kalau pakai piston 54 mm disarankan ganti liner full 60 mm otomatis bagian dalam crankcase yg nyangkut dibersihkan.. lubang crankcase standar bisa kok

      Hapus
  7. Gan klo di bore up 54 ganti liner ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya ganti saja biar piston juga jadi awet

      Hapus
  8. Bang klo blok seher pake uk59 ituh harus memperbesar lobang krengkes atau engga bang

    BalasHapus
  9. kalau mau ganti liner boringnya kira2 yg bagus punya motor apa bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bagus merk JP liner carbon..

      kalau boring sih tinggal cari ukuran, jangan susah cari motor apa

      Hapus
  10. Mohon maaf gan. Kalo bore up ke piston ukuran 57,3mm itu memperbesar crankcase apa ga ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas.. karena ganti boring besar wajib perbesar crankcase

      Hapus
  11. Kalo mau pake piston byson itu gimana bang kan diameter piston byson 58mm...apa harus ganti linernya juga

    BalasHapus
  12. Klu mau pakek piston ukuran 66 mm yg Harus d rubah bagian apa aja

    BalasHapus
  13. Mas mau nanya ceritanya sya mau ganti liner, ada yg jual liner diameter dalam 52, diameter luar 60mm, sama kupinganya jadi 62mm, klo ngilangin kupinganya jadiin 60 mm gimana? Apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibubut.. tp kupingan fungsinya biar g geser posisi boring, kalau ilang siap" bocor

      Hapus
    2. Di bubutnya cuman sesuain diameter kupingan sama tinggi kupingannya aja kan?

      Hapus
    3. Disesuaikan saja dengan liner biar tinggal press

      Hapus
  14. Mau tanya om, klo prbesar boring harus prbesar crankcase ?
    Soalnya saya mau ganti piston gl Max

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boring baru lebih besar daripada diameter crankcase ya wajib perbesar

      Hapus
  15. Bang kalo pake liner luar 62 bisa ga

    BalasHapus
  16. Maaf gan mau nanya, ane mau ganti piston mio ke ukuran 53,5mm pakai boring standar.. Setelah di reamer/korter tebal dinding liner cuman tgl 1,5mm. Itu msh aman gak gan buat harian sama jlan jauh...? Mohon
    pencerahan ny gan, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu deh sesuai Artikel itu hanya aman pemakaian sebentar seperti balap.. bisa paling setahun sudah mulai berisik

      Hapus
  17. Kalo buat ganti liner ke 60mm terus dibikin 54 kisaran harga berapa yang bang? Terus menurut Abang pake piston merk dik atau npp?

    BalasHapus
  18. Kalo buat 53.5 ,ganti liner ke 60mm apa harus rubah lobang crankes ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. tetap belah mesin menyesuaikan liner baru

      Hapus
  19. Saya ada blok standar mio udh di naikin ke os 75 piston jupiter kalo mau naik lagi ke os 100 atau 125 aman ngk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jupiter z os 100 setara mio os 200.. masih aman kok piston 52 mm di Mio standar

      Hapus
    2. Bang mau tanya saya blok standar udah pake piston UK 56 OS 100 kira kalau d korter aman ga jadi harus pake piston UK berapah

      Hapus
    3. Mio mah liner hanya 56.5 mm, kalau pakai piston 56 mm ya pecah

      Hapus
  20. gan kalo mio liner masih std mau bikin 58 beli linernya uk berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston 58 mm minimal liner 62 mm, semakin tebal semakin baik dalam meredam panas

      Hapus
  21. Gan kalau liner standar di paksa isi 54'5 buat harian kan cepat panas,efeknya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis gaes ga ada sisa liner nya
      Ganti yg lebih besar dulu ya

      Hapus
  22. Maaf gan mau tanya,, kalau pake piston 58.5 minimal tebal linernya brpa? Yg aman untuk harian

    BalasHapus
  23. Gan... Saya mau tanya nih
    Rencana saya mau ganti piston 62 boring pun di ganti...krengkes pun di perbesar
    Nah biar tidak kena jalur oli diameter luar boring kira2 brp yah..? Mksh bnyk sebelumnya

    BalasHapus
  24. Kalau boleh tanya, saya mau ganti piston mio sporty tapi blok nya udah pernah di lemer, saya mau ganti piston tapi ngga tau ukuran piston atau ukuran oversize nya berapa karna saya masih awan soal motor, tolong bantuan nya, terimaksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diukur diameter piston yg dipakai dengan jangka sorong
      Nanti tau ukuran nya

      Hapus
  25. Bang kalo blok std di kasi piston 54 bisa

    BalasHapus
  26. Bang kalo blok seher ya 54.5 terus piston ya ukuran 53.5 gimana bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ga cocok, ga bisa dipakai karena bukan kombinasi nya

      Hapus
    2. Maaf bg mw tanyak piston yg cocok buat blok mio pakai piston apa ya tapi diameter besar dan liner masi std mio

      Hapus
  27. Bang kalo 58 klep 24 28 karbu PE buat harian aman ?

    BalasHapus
  28. gan mio kalo pake paket blok piston 58,5 bubut kalter gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat diameter luar nya.. biasanya tetap bongkar crankcase

      Hapus
  29. Bang, kalo crankcase udh diperbesar misal jd 62mm.. trus mau balik lg pake piston std bisa ga? Jd ganti boring baru + piston baru tp lubang diameter crankcase nya udh besar?

    BalasHapus
  30. bang mau tanya motor saya mio liner sudah tak ganti 60 mm ukuran luar.kalo dokasih piston 56 mm ato 57 mm bisa gak gan itu.mohon pencerahanya

    BalasHapus
  31. Bang klo mau ganti liner 60mm crangkes std masuk ga tanpa bubut

    BalasHapus
  32. Bang, kalo mau buat 54 tapi tanpa perbesar crankcase cari liner blok ukuran berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner 58/59 mm bisa tapi crankcase tetap dibelah untuk d gerus bagian yg mengganjal.. lubanh crankcase tetap standar kok

      Hapus
  33. Gan kalo bore up mio jadi spek 58mm liner boring pake apa ya?kalo pake sonic ukuran berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 58 mm itu ya sonic lama standar
      Boring cari ukuran 62 ke atas dan perbesar crankcase

      Hapus
  34. Gan batas maksimal bubut crankcase mio berapa mm?
    Kalo crankcase dibubut 66mm apakah jalur olinya aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diukur sendiri aja supaya tau batasan nya.. kalau mau diperbesar, jalur oli enaknya dipindahkan

      Hapus
  35. gan kalo blok standar di korter sampe 66mm masih bisa??trus ada liner ukuran blok 66mm? mending beli after market atau korter blok standar jadi ukuran 66??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blok standar mau pakai piston 66 mm ya ganti liner diameter luar di atas 70 mm.. perbesar crankcase besar mengikuti liner..

      Kalau ga mau repot blok nya ya bisa beli blok jadi, tapi crankcase tetap wajib diperbesar

      Hapus
  36. Mas kalau rengkes bekas sobekan terus di standarin head sama blok nya aman engga mas ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  37. mas,klo blok standar mau pake seher 53,5 atau 54 blok ny dibubut,itu aman g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya blok dibubut itu gimana?
      Kalau dari ukuran standar ke ukuran segitu biar cepat ya dibubut dulu baru korter.. yg penting center saja ga masalah

      Hapus
  38. Aman ga bang klo pake seher 55 trus liner ukuran dalam 53 dan liner luar 62..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner luar 62 mm pakai piston 55 ya masih aman dong.. aman sekali asal pemasangan presisi

      Hapus
  39. Kalo pake ukuran boring 58 bisa langsung msuk ataw gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bersih" bagian crankcase yg nempel tapi lubang masih standar

      Hapus
  40. Bang klo pke ukuran 54 liner pke brapa tanpa perbesar krengkes supaya awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crankcase butuh dibesarkan beberapa bagian, tapi lubang standar kok.. nanti liner bisa 59

      Hapus
  41. Bang, sy punya Mio GT 113 cc. Rencananya sy mau bore up dgn menganti blok std Mio GT tsb ke blok Mio yg ukuran 125 CC. Blok Mio 125 CC apa yg bisa di pakai tanpa merubah crankcase?

    BalasHapus
  42. Mas, saya punya piston 52 merk fim.
    Apakah itu langsung pnp ?

    BalasHapus
  43. Bos apa bisa block standar mio dinaikin 54 tanpa beli blok baru, dan klw ukurn 54 apa harus memperbesar krankase juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat penggunaan sebentar mah blok ori standar pakai piston 54 mm bisa

      Hapus
  44. Bang mau tanya kalau blok standar mio di bore up 53.5 apa masih aman ?
    Dan gimna solusi yg baik apabila blok std di bore up 53.5 tanpa mengganti liner ?

    BalasHapus
  45. bg kalok pakek piston 54,5 ganti linear nya ukuran berapa bg

    BalasHapus
  46. Bang mau nanya kalo misalkan piston 58,5mm boring 63mm + coak crankcase 66mm itu aman engga ya? sama kalo squis head minimal squis itu berpaa ya yang aman untung piston 58,5mm?
    ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boring 63 mm, crankcase 66 mm ya lega sekali tuh.. ga bakal nabrak

      Squish mah bebas menyesuaikan rasio kompresi yang diinginkan

      Hapus
  47. Gan klo oke seher 60 mm sebaiknya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke ini gimana maksudnya? Pake? Ganti liner besar perbesar crankcase.. klep karburator knalpot juga modif besar

      Hapus
  48. gan ane baru beli mio terus udah ngebul pass ane buka blok nya liner sama piston nya udah pada baret tapi di piston nya udah ada tulisan 200 nah gimana akalin nya biar gk ganti liner atau blok nya jadi ganti piston ajj sama lemer lagi bisa kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naikkan lagi ke os 250 alias diameter 52.5 mm
      Carinya agak susah sih, paling" piston pen 13 atau 14 dibubut jadi pen 15

      Atau ganti stang Jupiter z new pen 13, piston enak nyari nya 😂

      Hapus
  49. Mau tanya dong gan.
    Ane mau bore up mio old ane ke 52.5mm dan liner nya mau di ganti uk luar nya 62mm.

    Itu harus diperbesar crankcase nya yah.? Kira kira berapa mm yah di perbesar nya.?

    Apakah bisa aweh untuk harian dan mudah panas. Apa harus naik stroke juga..? Kalau tambah stroke kira kira berapa mm yah. ?

    Mohon dibantu yah gan.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner 62 mm ya minimal crankcase 63 mm

      Naik stroke tidak awet

      Hapus
  50. apakah bisa boring std pakai piston 54,5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan, terlalu tipis belakang nya

      Hapus
  51. Gan ane mau boreup mio ke 53,5 pake boring 58 aman ga ya buat touring atau geber geber?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. tergantung kualitas pengerjaan saja

      Hapus
    2. Kalo perbesar crankcase jadi 66 jalur oli masih aman ga ya?

      Hapus
    3. Masih sisa dikit.. sekalian geser jalur oli juga oke

      Hapus
  52. Gan mau tanya doang,
    Klo poston uk 55.5 boringan dalam nya jadi brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boringan dalam? Ya 55.5 mm menyesuaikan piston 😅

      Kalau boring asli diameter luar 56 mm, maksimal piston 54 mm

      Hapus
  53. Gan krangkes mio smile max berapa ya gan

    BalasHapus
  54. Gan saya punya blok standar kalo pake piston 54 aman nga gan?

    BalasHapus
  55. Ngab liner mio klok di pke ke legenda bisa gx?

    Geser tusuk satenya jgx nggx ngab??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli liner polos saja lebih gampang..

      Legenda perbesar crankcase ke bawah, offset.. max liner bisa 60 mm aman tanpa geser baut tusuk

      Hapus
  56. Brother piston 54.5 tebel liner harus berapa supaya aman

    BalasHapus
  57. Gan ukuran maksimum diameter blok Mio std berapa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diameter apa ya? Kalau yg dimaksud liner standar bisa maksimal diameter piston 54 mm

      Kalau maksimal liner apa, tergantung crankcase diperbesar seberapa.. sampai 70 mm aja sanggup Yamaha 🤭

      Hapus
  58. Bang mau tanya.mau pasang liner mio ukuran 62.perlu bubut crankes ga ya???

    Makasih

    BalasHapus
  59. Mau nanya bang, ukuran linner luar Mio j std berapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner besi nya gtw berapa, tp bungkus liner aluminium nya sampai 63 mm

      Bisa bore up besar

      Hapus
  60. Om max bore up tanpa geser tusuk satenya brp mm?

    BalasHapus
  61. Om kalo mio karbu ganti 55mm linernya 59 atau 60mm harus bubut crankes ga? Aman untuk harian kah
    Dan saran om untuk ukuran klepnya biar enak buat harian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibersihkan bagian yg menghalangi.. diameter crankcase mio karbu 60 mm, bisa liner 59 mm

      Hapus
    2. Perlu ganti klep ga om? Kalo ganti pake klep mtor apa biar enak harian?

      Hapus
    3. Harian klep standar saja enak

      Hapus
  62. Bang maaf mau tanya saya beli piston npp 53,5 OS 50 apakah perlu ganti liner?, soalnya di korter juga pada nolak takut pecah, dan jika ganti liner apakah harus bubut crankcase apa tidak? Terimakasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka crankcase untuk membersihkan jalur yg mengganjal jika menggunakan liner besar yg baru..

      Saran liner 59 mm jika tanpa bubut crankcase, hanya bersih" saja

      Hapus
    2. Oke bang makasih masukanya juga responya, jadi tanpa bubut pake ukuran liner 59 mm aman bang

      Hapus
  63. Bang Mio ku mau ganti piston 52 tanpa perlu di korter bisa ga?

    BalasHapus
  64. bang mau tanya kalo mau ganti seher 53,5 lobang boringan apa perlu diperbesar , apa bisa pake boringan standar ?

    BalasHapus
  65. Bang kalo mio smile pake piston 53,5 linernya std bisa gak ?atau harus ganti liner?

    BalasHapus
  66. Bang kalo lubang krengkes nya udah gede bisa pake boring standar ga ya,,

    BalasHapus
  67. bang brp maksimal diameter liner kalo tanpa membersihkan jalur yg mengganjal di crankcase, biar ndak belah crankcase

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standar ori ting ting.. kalau diperbesar dengan tentu perlu bubut crankcase

      Hapus
  68. bang kalau oversize nya 200 terus klep standar berapa diameternya kalau ga salah piston pake gl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston GL apa dulu yg os 200? Banyak jenisnya

      Hapus
  69. Untuk biaya ganti liner kira2 habis berapa boss??

    BalasHapus
  70. Bang kan mio saya sekarang liner std seher ukurn 53,76mm nah kalo ganti ke seher 54,5, apakah masih aman?

    BalasHapus
  71. Bang Kalo liner std Tapi pake seher 54 apakah masih aman untuk harian?

    BalasHapus
  72. BORING BIOLI


    Diameter dalam: 56mm
    Diameter Luar: 62mm
    Tinggi: 127mm
    Diameter kuping : 64mm
    Tinggi kuping : 6mm

    kira kira bisa ga dipasang di Mio j? apa harus ada yang di ubah, saya mau make piston 56 harian balap apa cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mio J terdapat aluminium di luar liner ori.. dan liner 62 mm masih masuk di Mio J tanpa bubut crankcase..

      Hapus
  73. Gan kita beli block yg udah jadi ukuran 58,5 tapi ga bubut krenkes. Ngaruh nya kalo ga di bubut kenapa.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman sih kalau mio karbu, tinggal pasang aja

      Hapus
  74. Gan mau nanya
    Mio sporty liner luar 62mm dipasang piston byson os200 berani gak ya buat harian
    Trims gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston 60 mm, liner 62 mm.. cuma 1 mm hmmm saya ga rekomendasi deh

      Hapus
  75. Bang permisi,saya mau nanya,kalau blok std udah OS 300/seher 53 pada liner std Mio,itu klepnya Masi bisa std ga bang atau harus di besarin klep in/ex nya bg mohon di jawab bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau performa ya wajib klep lebar
      Klep standar cuma untuk jalan santai

      Hapus
  76. bang saya punya boring mio std os 200 udah baret bisa ga di kolter lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. mio masih tebal liner nya
      Cek pompa oli dan sirkulasi, kenapa baret lagi

      Hapus
    2. Bisa.. mio masih tebal liner nya
      Cek pompa oli dan sirkulasi, kenapa baret lagi

      Hapus
  77. Mas kalo crankcase di perbesar sampai 70mm, liner 69 piston 63 untuk touring masih aman dengan rasio kompresi dibawah 11:1
    Terus apa jalur oli perlu perubahan atau tidak teria kasih dan sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur oli di blok bawah ya? Kalau mau aman mending di bypass selang sih, sekaligus bantu pendinginan oli sesaat sebelum masuk head

      Hapus
  78. Gan saya mau ganti ke seher 59, liner luarnya biar aman ga cepet panas pake liner berpa mm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain ukuran, kualitas pemasangan liner sangat mempengaruhi keawetan..

      Piston 59 mm sebaiknya pakai 64-65 mm liner

      Hapus
  79. permisi om,mau tanya,semisal nuovo mau pakai seher 58,liner luar 69 bioli, apakah aman ?
    atau pakai seher 58,liner luar 65 bioli ?
    terimakasih om sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin besar liner, maka bubut crankcase semakin banyak. Perlu dicek jalur oli naik via blok nya. Kalau mau dibabat habis, ya bypass pakai selang seperti std scorpio/satria F. Terserah agan mau seperti apa

      Piston 58 mm sih cukup 64/65 mm liner nya

      Hapus