Home » , » Indikator Kampas Rem Tipis/Habis

Indikator Kampas Rem Tipis/Habis

Written By Novanda S.T. on Sunday, August 2, 2015 | 9:11 AM

Indikator Kampas Rem Tipis/Habis - Mungkin ini hal yang sudah umum diketahui banyak orang. Namun tentu tidak salah apabila hal ini diposting lagi agar pengetahuan tidak hilang ditelan jaman, Jadi, untuk tahu kondisi kampas rem kita, terdapat indikator yang perlu diperhatikan. Indikator tersebut biasanya digunakan untuk mencari tahu sisa kampas rem atau batas pemakaian kampas rem. Berikut indikator kampas rem yang tipis atau telah habis.
  1. Rem Cakram Hidrolik
    Untuk rem hidrolik, mudahnya melihat minyak rem di kaca intip, atau melihat batas cekungan kampas rem. Tentunya apabila kampas rem semakin tipis, minyak rem akan semakin turun ke kaliper. Jadi jumlah minyak di reservoir akan terus turun, bahkan jika habis akan ngeblong akibat kemasukan udara. Untuk cekungan di kampas rem itu merupakan batas pemakaian. Apabila cekungan kampas sudah menyentuh ke cakram, dianjurkan menggantinya.
    lubang intip reservoir minyak rem
    batas pemakaian kampas rem cakram
  2. Rem Tromol
    Untuk rem tipe drum alias tromol bisa dengan melihat indikator pada lever/tuas rem. Biasanya ada jarum penunjuk dan garis batas pemakaian. Selain itu kita juga bisa mengukur sisa ketebalan kampas rem. Biasanya pada motor batas maksimalnya adalah 1 - 2 mm saja.
mengukur ketebalan kampas rem
jarum indikator keausan rem tromol

0 komentar:

Custom Search