Home » » Teknik Start Road Race dan Drag Bike Serta Teknik Menikung Road Race

Teknik Start Road Race dan Drag Bike Serta Teknik Menikung Road Race

Written By Novanda S.T. on Thursday, August 20, 2015 | 5:39 PM

Pembalap saling berbelok
Ingin jadi jawara di ajang road race maupun drag bike? Selain mesin dan setting motor yang mumpuni, kepiawaian joki dalam hal melakukan start dan melahap tikungan, juga jadi salah satu pendukung keberhasilan.

Bagi pembalap road race, ragu atau bahkan minim pengetahuan dalam melakukan start atau menikung, membuat pembalap di belakang lebih mudah untuk menyalip. Sementara buat dragster, konsentrasi dan jaga keseimbangan jadi kunci kemenangan.

Saat START
Untuk Road race, agar start dapat berjalan mulus dan mengungguli pembalap lain, saat start putaran mesin dijaga untuk tetap stabil. Supaya saat menunggu lampu start nyala hijau, mesin tidak ngedrop lalu mati. Momen ini juga butuh rem belakang, tapi sedikit saja. Dengan mesin spesifikasi kompetisi, tak menutup kemungkinan saat start ban depan akan terangkat. Nah untuk mengantisipasi-nya, badan rider kudu agak condong ke depan.
start road race
Untuk drag bike, start benar-benar jadi penentu keberhasilan seorang dragster. Tak cukup bermodal nyali gede buat buka gas, joki drag bike bisa dapat catatan waktu tercepat. Konsentrasi mata pada lampu start dan refleks tangan buat tarik gas, sangat dibutuhkan. Khusus saat buka gas, cukup setengah dulu. Kalau start langsung gas pol, ban depan akan terangkat. Akibatnya, waktu bisa berkurang.
start drag bike
gantung gas dan mata fokus ke lampu start
Layaknya start di road race, joki drag bike juga memastikan putaran mesin tetap stabil. Rem belakang pun sedikit difungsikan, agar besutan tak melebihi garis start yang berakibat diskualifikasi. Saat start, joki drag bike juga harus jaga keseimbangan. Cara yang paling sering dilakukan untuk menjaga tunggangan tetap balance saat start, dengan tetap memposisikan kaki kanan tak langsung nangkring di footstep. Namun itu hanya beberapa meter selepas start saja atau sampai tunggangan melaju seimbang.
saat baru keluar start
awal melaju kaki menahan untuk jaga keseimbangan
Melahap TIKUNGAN
Dengan trek yang cuma lurus, joki drag bike tak perlu jago nikung. Sedang buat joki road race, butuh keterampilan khusus agar mulus melibas tikungan. Seperti membiarkan putaran mesin tetap tinggi dan sedikit pakai rem belakang.
tikungan di road race
Saat menikung, rem belakang jangan ditarik habis. Pasalnya akan membuat beban mesin berlebih saat keluar tikungan sembari membuka gas. Bila itu dilakukan, besutan akan telat melaju. Kita harus pastikan beberapa meter sebelum ketemu tikungan posisi tunggangan ada di sisi luar trek. Baru bila dirasa sudah dekat tikungan, ambil sisi bagian dalam trek. Selain hal-hal tersebut di atas, jam terbang tinggi juga membuat joki road race dan drag bike punya skill tinggi buat urusan start juga melahap tikungan.

0 komentar:

Custom Search