Sabtu, 19 September 2015

Adaptor Blok RX di Yamaha V80

Adaptor Blok RX di Yamaha V80 - Ingin bore up ekstrim di motor bebek jadul Yamaha menggunakan blok dan head RX? RX yang mana saja terserah yang penting ada blok dan kop nya. Ini merupakan salah satu trik yang sering dilakukan tuner bebek jadul. Dengan berbekal adaptor besi di bawah blok, maka baut tusuk tidak perlu digeser. Seperti apa contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
salah satu model adaptor
blok RX king akan dipasang di V80
Di atas tadi adalah ilustrasinya. Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah menyiapkan plat esser tebal dan dimal sesuai dengan lubang baut standar dan blok RX yang akan digunakan. Pada bagian tengah, lubang disesuaikan dengan liner dan lubang transfer. Untuk lubang baut standar menyesuaikan bentuknya dan untuk baut tusuk blok berada di paling luar. Ini barusan adalah caranya mengkreasi adaptor blok agar blok dapat terpasang di crankcase V80.
ilustrasi mesin V80 di blok kop RX Special
by Bayu, teman di Juwana
Pertanyaan selanjutnya yang muncul pastilah terkait piston, porting, as kruk, stang, dsb. Ya, karena ini share dari teman aku, tentu bermacam-macam cara yang dipakai karena tergantung kebutuhan dan kemauan. Ada yang as kruk menggunakan Force1, F1ZR, Alfa (52 mm), RX King (50 mm), atau standar V80 tapi ganti stang. Piston sendiri juga tergantung kapasitas mesin mau dibuat berapa cc.
yamaha V75 blok kop RX100
by Adelio KRT Pro Speed
Apakah ini membutuhkan bubut sana sini? Sudah dikatakan tergantung kebutuhan juga. Kalau piston nyatanya mendem/tenggelam jauh tentu perlu proses bubut blok atau malah ganti piston yang lebih tinggi dome nya. Porting tentunya diukur kembali agar durasi tidak kacau. Tentu aplikasi cara modif mesin ini butuh ilmu dan pengalaman yang lebih dari cukup.
yamaha V75 yang dulu dibuat mainan
by Adelio KRT Pro Speed
suzuki FR blok kop RX King
yang punya baju hijau (Adelio)

3 komentar:

  1. bang bisa minta detailnya.,.,?Adaptor Blok RX di Yamaha V80 tentang ini gan.,.,?

    BalasHapus
  2. Bang klo blok rx king pasang di fiz r apa yg di rubah

    BalasHapus
  3. Bang saya minta no hp nya... Saya pengin f1zr saya kasih blok king... Kira2 habis berapa duit

    BalasHapus