Minggu, 21 April 2013

Model Tabung YEIS Variasi hingga Buatan Tangan


Model Tabung YEIS Variasi hingga Buatan Tangan - Berikut beberapa foto YEIS di motor bukan standar 2 tak Yamaha.
YEIS dari botol alkohol
YEIS handmade
YEIS dari botol UC1000
produk YEIS botol plastik
produk YEIS stainless

Hubungan Warna Kabel Motor Kawasaki

Hubungan Warna Kabel Motor Kawasaki - Berikut merupakan arti warna kabel standar kelistrikan Kawasaki.
1. Hitam-kuning = (-)kabel massa, utk semua negatif
2. Putih-merah = Aki
3. Merah-hitam = Lampu depan jauh/dim
4. Merah-kuning = Lampu dekat
5. Abu-abu = Sein kanan
6. Hijau = Sein kiri
7. Biru = Lampu rem
8. Merah = Lampu belakang
9. Coklat = Klakson

Hubungan Warna Kabel Motor Suzuki


Hubungan Warna Kabel Motor Suzuki - Berikut merupakan arti warna kabel dari kelistrikan standar Suzuki.
1. Hitam-putih = (-)Massa, berlaku utk semua negatif
2. Putih-merah = Pengisian dari magnet
3. Kuning-putih = Utk penerangan
4. Merah = Aki
5. Oranye = Kunci kontak
6. Abu-abu = Lampu belakang
7. Putih-hitam = Lampu rem
8. Hijau muda = Sein kanan
9. Hitam = Sein kiri
10. Kuning-putih = Lampu depan
11. Putih-biru = Koil ke CDI
12. Pulser CDI (Biru-kuning)

Hubungan Warna Kabel Motor Honda

Hubungan Warna Kabel Motor Honda - Berikut merupakan arti warna kabel kelistrikan Honda standar.
  1. Hijau = massa, berlaku utk semua negatif
  2. Merah = aki
  3. Hitam = kunci kontak
  4. Putih = alternator pengisian,lampu dekat
  5. Biru = lampu jauh
  6. Abu-abu = Flasher 
  7. Biru laut = Sein kanan
  8. Oranye = Sein kiri
  9. Coklat = Lampu kota
  10. Hitam-merah = Spul CDI
  11. Hitam-putih = Kunci kontak
  12. Hitam-kuning = Koil
  13. Biru-kuning = Pulser CDI
  14. Hijau-kuning = Lampu rem
  15. Kuning = Arus beban ke saklar lampu

Jenis Karburator untuk Yamaha Scorpio

Jenis Karburator untuk Yamaha Scorpio  - Berikut adalah beberapa karbu skep konvensional yang telah disubtitusikan ke Yamaha Yamaha Scorpio. Berikut data jenis karburator untuk Yamaha Yamaha Scorpio dari berbagai sumber referensi. 

1. Keihin PE28 (Karbu NSR SP) 
Untuk pemasangan di Yamaha Scorpio, lebih afdol dikasih spacer setebal 2 cm agar karet filter dapat dipasang dan gak mentok ama dinamo starter. Katanya sih tarikan bawah maknyuss, tetapi atas rada flat.
karburator PE28 di Yamaha Scorpio
2. Keihin PWL26 (Ninja 150R)
Bisa menggunakan spacer (kayak PE28) karena mentok dynamo. Katanya atasnya lebih maknyuss daripada PE, tetapi bawahnya tidak sebagus PE.
karburator PWL26 di Yamaha Scorpio
3. Mikuni VM26 (Karbu RX-King) 
Paling murah secara harga. Bawahnya agak kurang menyengat, tp atasnya panjang.
karburator legendaris VM26 RX King
4. Mikuni VM28 (Ninja 150RR)
Banyak dijual 2nd hand karena takut dengan feature canggihnya, yaitu Autopilot alias ‘nyangkut’. Biasanya dikarenakan lapisan teflon yang mengelupas, baret, sehingga dalam beberapa kasus, untuk kondisi cuaca tertentu (dingin/hujan), skep tidak mau turun sempurna (nyangkut). Tapi overall, bawahnya lebih bagus dr VM26, dan atasnya agak panjang, cocok buat harian dah (asal gak nyangkut).
karburator Ninja 150RR
5. Keihin PWK28
Mahal pastinya, tapi setara dengan performanya (asal nemu jettingnya). Untuk pemasangan, cukup membalik intake manifold atau pakai spacer (agar tidak mentok ama dinamo starter).
karburator Keihin PWK28
6. KOSO 28/30/32/34 
Bentuknya mirip sama Keihin PWK, tetapi beda. Untuk pemasangan bisa lagsung ke bengkel andalan Anda.
karburator KOSO 28

Sabtu, 20 April 2013

Korek Harian RX King

1. Naikkan kompresi
Banyak cara penunggang naikin kompresi, bisa dengan cara dibubut, dll. Untuk standar cukup ganti paking yang lebih tipis.

2. Kepala busi nol resistor
Untuk memperbesar pengapian bisa dengan menggunakan kepala busi (cop busi) nol resistor.

3. Knalpot variasi
Peranti yang satu ini sangat berperan dalam proses induksi dan exhaust. Untuk tambah performa silahkan bawa ke tukang knalpot dan minta dibuat sekatnya berkurang. Kalau ada uang sih mending beli knalpot aftermarket.

4. Katup buluh/Membran (Reed valve)
Adanya di dalam intake (yang menghubungkan karburator ke arah intake blok mesin). Bisa ganti menggunakan katup buluh punya RGR. Murah, paling cuma Rp. 20-30 ribu sepasang. Atau model carbon cuma agak mahalan harganya bisa nyampe Rp.100 ribuan. Lidah reed valvenya (besi melengkung yang nyabang kaya lidah ular) dirapatkan lagi jaraknya agar buka tutup reed valve lebih cepat. Hanya saja kekurangan katup model ini enggak tahan lama paling cuma tiga bulan ujung reed valve biasanya udah pada grepes atau rompal. Kelebihannya cuma lebih lentur aja.

5. Setting ulang karburator
Untuk standar gak perlu di reamer, cukup ganti pilot dan main jetnya aja. Coba aja ganti kedua spuyer tersebut step by step. Misal PJ/MJ standar 22.5/150 naikin 1 step dulu ke 25/155 (biasanya kenaikan ukuran adalah 2.5) kalo masih kurang sip naikin 1 step lagi PJ menjadi 27.5/155. itu udah cukup.

6. Porting polish
Kulit jeruk yang ada di blok mesin dihaluskan agar lebih lancar lagi arus masuk dan buangnya.


Korek Yamaha RX-Z Standar

1. Papas kepala silinder 0.7mm
Untuk menutupi kekurangan itu, perbandingan kompresi harus dikejar. Makanya butuh pemapasan kop silinder lumayan banyak, kisarannya di 0,7-0,8 mm. Ubahan ini tujuan utamanya adalah lebih ke soal peningkatan akselerasi.

2. Desain ulang lubang buang&transfer
Giliran untuk membawa mesin ke rpm lebih tinggi maka konstruksi ruang bakar butuh direnovasi. Selain itu, tinggi exhaust porting alias lubang buang harus disunat. Tinggi lubang buang, standar RX-Z ada di kisaran 28,5 mm. Untuk bagian ini cukup dikorek dikit 0,5 mm. Angka maksimal tinggi lubang buang ada di 27,8 mm.

3. Atur ulang squish head
Untuk ruang bakar, squish harus dimainkan. Setelah dipapas, squish kop baru bisa ditata. Kelemahan lebar squish standar RX-Z terlalu sempit, hanya 7 mm. Biar optimal untuk mengejar rpm tinggi, maka squish area butuh setidaknya 50% dari total area ruang bakar. Gampangnya, lebar squish dibikin 8,5 mm - 9 mm. 

4. Knalpot bobokan
Beres dengan ruang bakar, selanjutnya adalah menata knalpot. Bawaan RX-Z bisa dimaksimalkan. Caranya dengan dibedel. Setiap sekat yang ada di dalam knalpot harus dihilangkan.

Lebih afdol lagi, konstruksi knalpot RX-Z punya dua lapisan pelat. Nah, pelat terdalam sekalian aja dicopot, menyisakan pelat terluar. Hasil suara dan performanya dijamin gemerincing mirip knalpot racing.

5. Setting ulang karbu
Sebagai penyelaras akhir, karburator wajib disetting ulang.

Jumat, 19 April 2013

Korek Harian Yamaha Vega ZR 130cc

1. Piston Kaze dengan diameter 53 mm
Piston favorit yang kekuatan materialnya masih terjamin, karena kuantitas produksinya kecil. Diameter pistonnya lebih besar di kalangan kapasitas 110 cc yaitu 53 mm. Beli piston set orisinil tak sampai 200 ribu.  Mau lebih murah dan tetap kuat bisa pakai piston kit merk NPP seharga 120 ribu an. Pemasangan cukup membentuk dome piston dan ganti liner agar awet.

Standar Vega ZR yang punya spek 50,0 x 57,9 (bore x stroke) menjadi 113 cc, dengan piston Kaze berdiameter 53 mm menjadi 127 cc. Ada 3 pertimbangan pakai piston Kaze, cc naik, ukuran pin piston sama (13 mm), dan desain panjang piston persis dengan Vega.
piston Kaze di Vega ZR
2. Karbu standar setting ulang.
Jetting tak banyak bergerak dari 20 pilot-jet dan 112 main-jet.

Senin, 01 April 2013

Push Pull Throttle

Push Pull Throttle - Pada beberapa sepeda motor anyar berteknologi injeksi, bila diperhatikan punya dua kabel gas. Seperti Yamaha V-Ixion dan Honda CB150R. Pada motor yang masih karburator pun, fitur ini juga sudah lebih dulu ada. Dua kabel yang menuju throttel body ini biasa disebut sebagai fitur "push pull throttle". Fitur push pull throttle ini umumnya dianut karburator atau throttle body yang menggunakan katup butterfly atau katup kupu-kupu sebagai pintu masuknya udara ke ruang bakar. Baik karburator atau injeksi yang menggunakan butterfly biasanya sudah menggunakan push pull throttle. Umumnya dipakai bagi yang sudah menganut throttle body berukuran besar, seperti pada motor sport. Apa sih fungsinya? Sistem ini membuat kerja katup butterfly jadi seirama dengan putaran selongsong gas. Buka tutup katup jadi lebih responsif sesuai dengan gerakan tangan.

push pull throttle
ditandai 2 kabel gas
Dua kabel yang saling tarik menarik ini membuat pergerakan kabel throttle lebih lancar. Saat selongsong gas dipuntir, satu kabel gas yang menempel pada throttle drum berfungsi sebagai penarik hingga membuat katup butterfly jadi terbuka, sedang satu kabel gas lagi berfungsi sebagai kebalikannya, menutup katup butterfly bersamaan dengan bantuan per.
pemasangan kabel
Bukan hanya berfungsi membuka tutup katup butterfly, tentu ada alasan jelas pabrikan membuat model sepetinya itu. Hamzah dari HM Motor coba kasih penjelasan mengenai fitur ini. Tentunya fitur ini dibuat lebih kepada unsur safety. Saat katup butterfly membuka penuh ada kemungkinan tidak kembali menutup meski pada bagian throttle drum sudah dilengkapi per.

Tentunya jadi sangat berbahaya bila katup butterfly enggak tertutup meski gas sudah ditutup. Jadi, selain membuat bukaan gas jadi lebih responsif dan ringan, push pull throttle juga berperan erat untuk keselamatan berkendara.

Senin, 25 Maret 2013

Ring Piston Tipis Minim Friksi

Ring Piston Tipis Minim Friksi - Ring piston, ada dua model. Maksudnya, ring model tebal dan tipis. Tapi, di engine sekarang ini, lebih banyak aplikasi ring piston tipis. Ambil contoh di Honda Tiger. Generasi awal, motor sport Honda 200 cc ini mengadopsi model ring piston tebal. Tapi sudah diubah sejak lama. Ketebalannya memang dikurangi, jadi hampir sama dengan Honda Mega Pro.


perhatikan ketebalan ring
Buat generasi ring piston Tiger awal, ketebalannya mencapai 1mm. Tapi, buat engine yang sekarang ini, ketebalan ring piston hanya bermain di angka 0,8 mm. Kekerasannya tentu disesuaikan kebutuhan. Pada proses heat treatment dibedakan. Seperti di Honda CBR 150R, ring piston lebih tipis lagi. Padahal diameter piston standar Tiger dan CBR sama-sama 63,5 mm. Tapi, ukuran ring piston punya CBR lebih tipis. Pistonnya juga pendek.

Ring dibuat lebih tipis, tujuannya agar friksi atau gesekan yang tercipta antara ring dengan liner jadi minim. Toh, karena minimnya friksi, enggak hanya itu saja kelebihannya. Tapi, efek panas engine juga bisa lebih terjaga. Bagai efek bola salju, ada lagi kelebihan yang ikut menyusul. Yaitu, performa mesin yang pastinya juga akan ikut terjaga.

Tapi ketika membeli, baiknya sobat perhatikan lebih jeli. Terutama jika hanya membeli ring piston aja. Ya, tidak satu set berikut piston. Untuk itu, pastikan ketebalan ring yang bakal dipakai. Karena kalau pakai yang tebal untuk di got piston tipis, pastinya enggak bakalan masuk.

Minggu, 24 Maret 2013

Korek Harian Yamaha V80 90 cc

1. Piston Yamaha Alfa dengan diameter 50 mm.
Volume silinder naik menjadi 89.5cc. Namun, diameter pen piston Alfa 14 mm sedangkan V80 12 mm. Jadi harus dibuatkan bos baru di tukang bubut. Kondisi bos pen piston tersebut harus sering dicek, karena biasanya sering oblak lagi.

2. Karbu + Manifold F1z
Cc 90 pakai karbu F1z standar sudah cukup. Kalau memakai karbu yang lebih besar malah ngempos. Manifold memiliki dudukan yang sama jadi plug n play.

3. CDI RX-S
CDI RX-S sama bentuknya dengan V80.

4. Knalpot 3V3 yang kecil
Knalpot diganti yang model 3v3 tapi yang kecil. Bisa membuatnya di ahli knalpot.

5. Oli Samping Repsol Racing
Oli samping menggunakan tipe racing dan low smoke. Pergerakan piston jadi lancar dan membuat tarikan enteng.

6. BBM Pertamax
Kalau mencoba isi pertamax pasti hasil akan beda. Tetapi uang harus ada karena harganya mahal.