Substitusi Mesin C70 Menggunakan Supra/Grand (C100 Engine) - Mesin C70 sebenarnya susah susah gampang untuk dikorek. Alangkah baiknya menukar mesinnya langsung dengan milik C100 seperti supra series, grand, dsb. Untuk engine mounting/baut mesinnya sama dan tinggal pasang.
Rabu, 13 November 2013
Selasa, 12 November 2013
Merubah C70 Platina Menjadi CDI
Merubah C70 Platina Menjadi CDI - C70, atau lebih dikenal dengan ulung, masih menggunakan sistem pengapian platina. Agar simpel, biasanya orang merubah pengapiannya menggunakan CDI. Namun, double starter harus menjadi korban dan harus dinonaktifkan. Pada kali ini, saya memberi sedikit tips untuk merubah Platina C70 menjadi CDI.
1. CDI Grand
Harga CDI Grand/Supra sekitar 150rb original. Untuk soket nya sebagai berikut.
pin soket CDI grand/supra |
2. Pulser Grand
Pulser diharuskan menggunakan milik motor lain karena C70 tidak mempunyai pulser. Pulser ini dapat menggunakan milik grand dengan peletakkan pulser yang harus pas. Jika terlalu kanan, maka pengapian maju, sedangkan pulser terlalu ke kiri maka pengapian akan mundur.
pulser grand di C70 |
3. Spul
Spul menggunakan model terpisah antara spul lampu dan spul pengapian (model C70 engkel). Ada baiknya kondisi spul dicek ulang dan digulung ulang kalau spul ada yang terbakar.
spul model terpisah |
4. Modif tonjolan magnet
Magnet standar tidak terdapat tonjolan pickup pulser. Untuk ini harus dibuatkan di tukang las. Panjang pulser disamakan dengan magnet Supra/Grand. Kalau tidak salah panjangnya adalah 15 mm.
tonjolan pulser pickup |
5. Mengurutkan kabel
Skematik diagram kelistrikannya adalah sebagai berikut.
Senin, 11 November 2013
Menghadapkan Karburator Honda Ke Belakang
Menghadapkan Karburator Honda Ke Belakang - Kebanyakan orang suka open filter, namun tetap menghadapkan karburator ke posisi standarnya. Saat kecepatan tinggi atau posisi skep terbuka penuh, biasanya angin sering nyelonong masuk dan motor jadi mbrebet akibat bensin terlalu miskin. Ada akal yang tergolong mudah agar karburator tidak terkena angin. Caranya adalah menghadapkan karburator ke samping atau ke belakang. Untuk menghadapkannya, biasanya manifold dipotong dan dilas ulang.
karburator Honda menghadap belakang |
Sabtu, 09 November 2013
Korek Harian Jupiter Z1 130 cc
1. Piston Kaze dengan diameter 53 mm
Piston menggunakan milik Kawasaki Kaze dengan diameter 53 mm. Jika dihitung dengan rumus volume tabung, maka ditemukan hasil 127.8 cc atau masuk di kelas 130 cc. Blok tinggal dikolter saja tanpa ganti liner/boring. Piston dibentuk dome untuk menaikkan kompresi dan deck clearance dibuat 0.7 mm agar aman untuk harian.
model piston kaze untuk Jupiter Z1 |
Ecu menggunakan produksi BRT yang memang khusus diperuntukkan Jupiter Z1. ECU ini programmable dan terdapat layar untuk mempermudah setting. Pokoknya Ecu ini terbukti dan tinggal pasang. Setting ulang CO dari Ecu pun juga bisa.
3. Kopling Manual SYS
Ecu Dualband untuk Jupiter Z1 |
Agar lari motor lebih responsif, disarankan menggunakan kopling manual tangan SYS yang sudah termasuk rumah kopling pegas. Harga sekitar 775.000 rupiah.
kopling manual SYS for Jupiter Z1 |
4. Noken costum
Korek Harian Honda CS1 235 cc DOHC
1. Piston Hi Speed dengan diameter 69 mm
Piston Hi Speed dengan diameter pin 15 mm. Harga sekitar 350 ribu rupiah. Untuk blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner. Rasio kompresi mesin dibuat 11.0 : 1 agar dapat meminum premium.
piston Hi Speed 69 mm |
2. Kruk as Tiger
Stroke kruk as Tiger adalah 62,2 mm dengan penyesuaian pada lengan kiri dan kanan. Dengan langkah 62.2 x diameter 69 mm, maka kapasitas mesin didapat 232.7 cc.
kruk as Tiger |
3. Blok + Kop Honda CBR 150
Blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner menyesuaikan diameter piston. Liner menggunakan milik diesel agak tebal agar tidak mudah panas. Selain itu, tebal liner pada bagian atas yang dekat dengan water jacket harus diatur ulang. Liner sedikit lebih tipis agar tetap ada ruangan untuk pendinginan radiator.
tampak kiri |
Jangan lupa, piston pasti lebih keluar dan diwajibkan menggunakan paking aluminium. Paking aluminium yang digunakan tebal, sekitar 2.5 cm alias 25 mm dan harus selembar. Silahkan ukur ulang agar paking tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis. Kop standar CBR 150 sudah menganut sistem DOHC agar menjamin putaran atas yang lebih maksimal.
tampak kanan |
4. Klep 28 mm (in) dan 23 mm (ex)
Klep standar Honda CBR 150 adalah 24/21 mm dengan jumlah klep 2 isap dan 2 buang. Klep diperbesar dengan diameter klep masuk 28 mm agar nafas putaran atas lebih kuat diimbangi dengan klep buang 23 mm.
ilustrasi super head DOHC |
5. Karburator PE 28 reamer
Karburator Keihin Pe28 direamer hingga 30 mm agar sanggup menyuplai pasokan bahan bakar ke dalam mesin. Setting karburator harus dicari hingga pembakaran merata hingga busi berwarna merah bata. Kira-kria PJ #48 dan MJ #130.
pe 28 reamer |
6. Knalpot Costum
Knalpot diwajibkan lebih lepas dalam proses membuang gas sisa pembakaran. Untuk hal ini dapat langsung menggunakan knalpot aftermarket freeflow atau handmade.
knalpot aftermarket |
7. Noken as Costum
Menggosok Menggunakan Batu Ijo
Menggosok Menggunakan Batu Ijo - Pasti kalian ingin motor kalian memiliki penampilan yang bersih. Apalagi sekarang lagi marak-maraknya virus chrome. Perlu diketahui bahwa chrome hanya bertahan 2 tahun untuk tipe semprot, sedangkan tipe celup sangat jarang ditemukan. Jika dibandingkan dengan mengkilapkan menggunakan batu ijo, maka hasilnya akan sangat berbeda. Sekarang tinggal cara atau prosesnya saja agar hasil dapat mengkilap mengalahkan chrome semprot.
- Batu ijo
- Ampelas 400
- Ampelas 1000
- Minyak tanah
- Kain jeans
- Kain biasa
- Paint remover
- Kuas
- Air
1. Hilangkan kotoran dan cat
Kotoran yang menempel terlebih dahulu disikat hingga mengelupas. Setelah itu keringkan dan beri paint remover (penghilang cat) menggunakan kuas. Hati-hati! Jangan sampai remover cat tersebut mengenai tubuh karena dapat dipastikan iritasi dan gatal - gatal. Diamkan beberapa saat hingga cat terkeluas bersih. Ulangi hingga cat terkelupas sempurna.
proses removing cat |
2. Ampelas kasar hingga pori-pori hilang
Setelah cat terkelupas, mulai gosok menggunakan ampelas kasar (ukuran 400 atau 500). Usahakan semua pori-pori yang timbul dapat rata satu sama lain. Pastikan celah dan sudut-sudut sudah diampelas dengan baik.
3. Ampelas halus hingga rata
Setelah pori-pori hilang dan tidak ada bagian yang timbul, lanjut dengan mengampelas menggunakan ampelas halus (ukuran 1000). Haluskan dengan air hingga bekas ampelas kasar menghilang dan permukaan menjadi rata.
4. Gosok menggunakan batu ijo
Setelah rata, campur batu ijo dengan minyak tanah di dalam botol. Caranya dengan menggerus halus batu ijo dan dimasukkan ke dalam wadah yang sudah berisi minyak tanah. Ratakan larutan tersebut dan gosok menggunakan kain jeans atau kertas semen. Pastikan bunyi yang dihasilkan dari gosokan tersebut kian lama kian melembut. Jika sudah tidak berbunyi, coba cek apakah hasil gosokan tersebut sudah mengkilap. Kalau sudah, lanjutkan ke semua bagian yang akan dimengkilapkan.
5. Finishing menggunakan bedak bayi
Setelah mengkilap semua, finishing kan menggunakan kain bersih dan bedak bayi. Taburkan bedak secara merata dan gosok menggunakan kain hingga kotoran bekas batu ijo terangkat. Mengkilap sudah! Sekarang tinggal perawatannya agar hasilnya selalu mengkilap dan motor sedap dipandang mata setiap hari.
lebih mengkilap jika diberi finishing bedak |
Lampiran gambar hasil lainnya.
Jumat, 08 November 2013
Cek Kondisi Per Kopling Skutik
Cek Kondisi Per Kopling Skutik - Sama-sama ada di CVT bagian belakang dan berbentuk pegas, namun per CVT lebih beken dari pada per kopling. Itu karena per CVT jadi salah satu yang masuk dalam daftar menu, kalau hendak upgrade performa. Tapi tahu enggak, kalau per kopling skutik yang ada 3 biji itu bisa bikin performa motor jadi loyo. Terutama kalau part tersebut sudah waktunya diganti.
Ada hal-hal yang enggak perlu dilakukan agar part tersebut enggak cepat menurun performanya. Selain pemakaian normal, salah perlakukan juga membuat umur pakai per kopling lebih pendek. Buka tutup gas secara mengentak apalagi saat kondisi mesin masih baru menyala, jadi penyebab per kopling cepat loyo. Sesuai karakternya, skutik buka gasnya mesti diurut. Jadi geber-geber saat kali pertama mesin menyala, enggak disarankan.
kampas kopling skutik |
Ada juga cara deteksi kalau per kopling sudah menurun kemampuannya. Pertama adalah dengan merasakan performa skutik itu sendiri dan yang berikutnya melihat secara fisik pada kampas koplingnya. Putaran mesin bawahnya terasa lemot dan performa skutik baru akan terasa pada putaran mesin tengah sampai atas saja.
Untuk deteksi berikutnya, tentu harus bongkar CVT dulu dan lihat langsung ke kampas kopling yang terdiri dari 3 bagian. Bila per kopling sudah waktunya ganti, biasanya ada perbedaan ketebalan pada masing-masing kampas nya.
Kamis, 07 November 2013
Korek Harian Honda Absolute Revo dan Blade 125 cc
1. Piston FIM BRT dengan diameter 53.4 mm
Ganti liner dengan yang lebih tebal milik Honda karisma, polesan liner masih menyerupai standard nya dengan alur menyilang namun ketika diraba dengan tangan sangat smooth licin. Kemudian piston dijejali dengan diameter 53.4 mm FIM BRT, ring piston mengandalkan milik Suzuki Shogun 110. Kepala piston mentah dibubut ulang, hingga disisakan dum piston 1,5 mm saja meniru dum piston Smash masuk ke ruang bakar.
saat piston terpasang di blok mesin |
2. Noken as custom
Dengan rocker arm roller dan rasio rocker arm 1 : 1,5 mm, menjadikan noken as Honda Blade/Absolute Revo lebih efisien dengan pinggang gemuk. Lift cam yang masih bermain di 5,5 mm sudah mampu mengangkat katup setinggi 8mm lebih.
noken dipapas |
3. Per Klep Racing
Overlaping klep tinggi membutuhkan pir klep dengan kekenyalan teruji. Terbukti pir klep mampu mendongkrak putaran mesin yang standard nya mentok di 9,000an rpm, kini bisa melengking 12,000 rpm.
per klep racing |
4. Klep Sonic dengan diameter 26 mm (in) 23 mm (ex)
Konfigurasi dirubah menjadi katub masuk diameter 26 mm, buang 23 mm. Diambil dari katub Honda sonic, dikecilkan ulang. Sudut derajat ditata ulang, sekaligus menggeser lubang porting, didesain semi down draught. Terus terang nge-porting head itu lebih banyak main feel.
klep Sonic di blok kop Blade/Absolute Revo |
5. Karburator RX King
Pengabut bahan bakar dipercayakan dari karburator Mikuni VM26. Intake manifold TDR yang diperpendek. Ukuran pilot jet ketemu di angka 22.5, main jet 125. Setting ulang hingga didapatkan hasil yang maksimal.
intake manifold TDR custom |
6. CDI BRT
Pengapian menggunakan CDI dari BRT yang tinggal PnP saja. Magnet masih menggunakan standard, koil standard, dan busi standard. Tidak ada hal yang istimewa di pengapian, hanya butuh untuk membuka limitasi, dan derajat titik ledak sedikit lebih advance. Terlalu memajukan waktu penyalaan akan meningkatkan kecendurangan detonasi/knocking yang akan menghancurkan mesin. Namun pengapian yang terlalu mundur akan menyebabkan tenakan maksimum pada langkah tenaga menurun. Jadi yang baik tetaplah yang PAS.
CDI BRT Maxtronic |
7. Rumah Kopling Kharisma SYS
Berat Rumah Kampas Kopling Ganda/Sentrifugal Yamaha Jupiter
ilustrasi berat rumah kopling |
Berat Rumah Kampas Kopling Ganda/Sentrifugal Yamaha Jupiter - Untuk membuat balancer kopling manual Yamaha Jupiter atau Vega pasti membutuhkan data mengenai berat rumah kampas kopling ganda/sentrifugalnya. Biasanya orang langsung menerapkan trik las titik langsung. Jika ingin membuat balancer, pasti membutuhkan bobot yang pas bagi kruk as agar dapat berputar dengan baik.
rumah kopling Jupiter standar |
rumah kopling 1 set |
Berat rumah kopling sentrifugal nya sendiri adalah 500 gram. Berat 1 set rumah kopling, kampas kopling adalah 1,2 kg atau 1200 gram. Jadi jika ingin membuat balancer dapat dibuat dengan berat maksimal 1,4 kg agar kruk as tidak melintir. Hitungan yang pas untuk harian jarak jauh adalah 1200 - 1300 gram, sedangkan daerah perkotaan cukup 900 - 1000 gram saja.
Rabu, 06 November 2013
Mengganti Air Radiator Honda Vario
Vario sudah memiliki radiator sebagai pendingin mesin |
Mengganti Air Radiator Honda Vario - Sebagaimana mesin yang berpendingin air tentunya radiator vario perlu dilakukan perawatan, salah satunya adalah penggantian air radiator. Cara penggantian nya pun cukup mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah. Alat yang kita perlukan cukup sederhana:
- Kunci T 8 mm
- Kunci L 8 mm
- Nampan
Sebelum dibongkar pastikan suhu mesin dalam keadaan dingin. Berikut urutan pembongkaran :
1. Buka cover radiator.
Cover ini diikat 3 buah baut 6 mm.gunakan kunci T 8 mm untuk membukanya
membuka cover radiator |
2. Buka baut pembuangan.
Gunakan kunci L 8 mm untuk membuka baut ini. Diputar berlawanan arah jarum jam. Sebelumnya siapkan dahulu nampan untuk menampung air radiator bekas
letak baut pembuangan di bawah |
3. Setelah air radiator terkuras habis tutup kembali lubang pembuangan.
Perlu diperhatikan disini untuk torsi pengencangan secukupnya karena bahan dari plastik jadi rawan patah.
air radiator yang dikuras |
4. Tuang radiator coolant melalui lubang radiator sampai penuh.
Mengisi air radiator yang telah disediakan. Perlu diingat, air radiator harus murni aquades atau lebih baik menggunakan coolant.
mengisi air lewat tutup radiator |
5. Tutup kembali lubang pengisian radiator.
Setelah terisi pastikan tertutup dengan rata dan rapat agar tidak ada air radiator yang muncrat.
tutup radiator Vario |
6. Cek volume coolant radiator .
Caranya dengan menghidupkan mesin sekitar 5 sampai 10 menit. Jika tidak turun,berarti sudah mengisi ke mesin. Kemudian barulah mengisi tabung cadangan (reservoir) melalui lubang yang terdapat di bawah jok.
7. Rakit kembali cover radiator.
Cukup mudah kan.selamat mencoba.
Selasa, 05 November 2013
Kampas Kopling Satria FU Menggunakan Milik Thunder 125
Kampas Kopling Satria FU Menggunakan Milik Thunder 125 - Berikut merupakan tips motor untuk korek harian Suzuki Satria FU. Kampas kopling dapat menggunakan milik Thunder 125. Tips ini langsung dicoba di arena balap, yang kasih ilmu juga terbukti jawara. Jadi bukan cerita dan teori, ada buktinya. Itu tuh Suzuki Satria FU 150 yang dikorek oleh Wawan Kristiarto dari tim Abakura Ditra Jaya, Solo. FU yang dijuluki FU Solo itu kampiun di bebek 200 cc pada Pertamina Enduro Drag Bike (PEDB) Kenjeran lalu.
kampas kopling Suzuki Satria FU |
kampas kopling Thunder 125 |
Disebut lebih murah pasti ada pembanding. Misalnya, ganti pakai kampas kopling Suzuki RGR emang udah umum, punya Thunder lebih murah lagi tuh. Thunder Rp 165 ribu dan RGR 285 ribu, lumayan kan selisih harganya. Bisa beli bensin untuk sebulan.
Pemasangan juga tidak ribet, lantaran ukuran dan ketebalannya sama. Tinggal pasang gitu. Meski ukuran dan ketebalan sama, ada beda di permukaan kampas. Punya Thunder 125 lebih lebar hampir dua kali lipat kontak grip kampasnya dibanding FU.
Untuk FU lovers yang sudah tahu duluan, kini semakin yakin, pilihannya ternyata dipakai di balap resmi. Lebih enak lagi bila dipasang pada FU yang telah korek harian, misalnya sudah ganti knalpot racing.
Senin, 04 November 2013
Tips Performa Untuk Karburator Vakum
Tips Performa Untuk Karburator Vakum - Trik ini agar skep terbuka lebih tinggi dan lebih menyuplai bensin di putaran tinggi. Jarum skep vakum pada karbu vakum akan terangkat lebih. Caranya menghilangkan ‘ganjalan’ bagian vakum yang saling mendekap. Kata mekanik ‘penemu’-nya sih, tarikan atas lebih tajem. Tidak perlu oprak-oprek mesin. Spuyer pada karbu pun biarkan saja standar. Hanya mengampelas karet skep yang menonjol. Tonjolan ini kira-kira 3 mm dan harus rata dengan selongsong skepnya.
perbedaan tinggi skep standar dengan yang diampelas |
Langganan:
Postingan (Atom)