Senin, 13 Januari 2014

Ciri Spul Motor Terbakar

Ciri Spul Motor Terbakar - Lampu mati, pengisian aki berkurang dan menyebabkan aki cepat tekor. Ini merupakan ciri dari spul terbakar atau kiprok tidak lagi berfungsi. Untuk kiprok sendiri jika sudah dicari kiprok yang sehat masih saja tidak ketemu penyakitnya dapat dipastikan dari sektor alternator/generator nya.
warna kawat spul yang sudah mulai terbakar
Ciri ketika spul terbakar adalah tidak mampu nya alternator diberi beban listrik. Jika soket kiprok - spul di lepas dan diukur dengan Voltmeter AC, terbaca voltase nya cukup. Namun, ketika diberi beban ke kiprok dan diukur ulang, biasanya voltase nya drop, sehingga tidak ada arus yang masuk ke kiprok.

Secara fisik, terlihat juga bahwa warna kabel spul menjadi memerah dan bahkan timbul warna hitam bekas terbakar. Biasanya terlihat juga plastik dari angker/rumah spul ikut meleleh. Kalau sudah begini harus ganti baru atau gulung ulang spul nya.

Korek Harian Kawasaki Ninja 150 Standar

1. Head costume
Kop silinder di papas 0.8 mm untuk menaikkan rasio kompresi sekunder. Squish kop dibentuk ulang dengan kemiringan 13ยบ dan lebar 8 mm. Total diameter squish 59 mm dengan nat 0.3 mm agar piston tidak mudah terbentur ke kop.
kop Ninja 150
2. Porting blok costume
Blok standar diporting dengan desain putaran atas yang lebih beringas agar top speed tetap jalan. Untuk modifikasi area cylinder blok, lubang exhaust dilebarkan jadi 40 mm supaya tenaga lebih merata besar nya di putaran atas, total tinggi porting exhaust sampai TMA dibikin jadi 31 mm. Ini sama aja memperlama durasi exhaust mengimbangi kompresi yang naik dari papasan kop. Lubang transfer bahan bakar ditinggikan 0,5 mm rata. Ukuran ini mirip dengan blok cylinder PDK Gold.
porting blok Ninja 150
3. Karburator reamer dan membran carbon
Karburator standar direamer 30 mm agar nafas putaran atas tetap jalan. Jetting sebaiknya menggunakan main jet besar agar putaran atas agak basah dan mesin tidak mudah overheat. Membran dapat mencoba menggunakan serat karbon, atau jika ada dana membran menggunakan produk Vforce.
karbu standar di reamer
membran karbon Faito
4. Kampas kopling Yamaha Scorpio Z dan per kopling TDR
Kampas kopling dapat menggunakan milik Scorpio Z yang dimensinya sama. Perbedaannya ada pada bidang kontak kampas, milik Scorpio lebar sehingga cengkeraman kampas kuat. Pemasangan kampas PnP, alias tinggal plek. Per kopling menggunakan produk TDR agar tidak selip.
kampas kopling
Ninja 150 (atas), Scorpio Z (bawah)
5. Knalpot aftermarket WRX
Knalpot dapat menggunakan produk WRX, selain dari tampilannya yaitu performanya. Menggunakan produk lain pun juga sah saja.
knalpot WRX for Ninja 150

Sabtu, 11 Januari 2014

Pengaruh Diameter Kawat Spul Motor

Pengaruh Diameter Kawat Spul Motor  Kawat spul atau kawat tembaga pada motor memiliki spesifikasi tertentu. Contohnya adalah diameter kawat nya yang bermacam-macam, mulai dari 0.10 hingga 1.5 mm. Namun diameter kawat tidak hanya itu saja karena masih banyak macam nya. Untuk penggunaannya sendiri juga bermacam-macam.
spul Jupiter diameter kawat email 0.8 mm
hasil lampu redup, pengisian baik
Pada sepeda motor, biasanya ada 2 tipe kawat spul yang digunakan, yaitu kecil (0.12-0.15 mm) tipe motor spul pengapian AC dan besar (0.6-0.9 mm) tipe motor spul pengapian DC. Pengaruh diameter kawat  spul pengisian (bukan kawat spul pengapian AC) tersebut adalah sebagai berikut.

1. Diameter kawat lebih besar dari standar
Pengaruhnya adalah resistansi kawat lebih kecil, arus yang dihasilkan lebih besar, namun daya yang keluar menjadi kecil. Cocok untuk motor dengan perangkat kelistrikan yang sedikit. Lampu penerangan akan menyala lebih terang.
kawat email tebal
2. Diameter kawat lebih kecil dari standar
Pengaruhnya adalah resistansi kawat lebih besar, arus kecil, namun daya menjadi lebih besar. Cocok untuk beban kelistrikan besar, pengisian aki lebih cepat, namun penerangan akan redup karena kurangnya daya spul.
kawat email tipis

Jumat, 10 Januari 2014

Beberapa Substitusi Rantai Kamprat Motor

Beberapa Substitusi Rantai Kamprat Motor - Saling tukar onderdil motor sering dilakukan alasannya bisa lebih awet dari part orisinal. Meski kadang rada mahal, ya itu biasa. Sebaliknya lebih murah, pendek usianya. Hal ini sama dengan cam chain alias rantai keteng. Rantai ini bisa saling tukar antar merk motor, asal dimensi keduanya sama. Salah satunya kamrad Honda Mega Pro lama/GL-Pro Neotech dengan Suzuki Thunder 125.
rantai kamprat motor
Monggo saling caplok lantaran panjang keduanya sama (100 mata). Pemilik Mega-Pro banyak yang pakai kamrat Thunder. Milik Thunder lebih berotot dan harganya lebih mahal, Rp 100 ribu rupiah. Sebaliknya pemilik Thunder yang ingin hemat bisa pakai keteng Megapro yang dibandrol Rp 75 ribu saja.

Sama juga dengan keteng Supra X 125/Karisma dengan Shogun 125/Spin bisa saling tukar. Lagi-lagi panjang keduanya sama (92 mata). Harga kamrat Shogun SGP dibandrol Rp 65 ribuan, sedang Supra Rp 55 ribuan. Ada yang bilang punya Shogun lebih oke, nah yang mau irit pakai punya Supra lumayan selisih 10 ribu dapet rokok 1 bungkus.

Satu lagi, kamprat Vega lama/Crypton dengan Supra X/Grand boleh saling kanibal. Supra X kodenya 25H-84, sedang Vega 25-84. Panjang keduanya 84 mata, bedanya pada huruf 'H' (hard) yang berarti lebih kuat ketimbang nggak ada 'H'-nya.  Dicermati dari luar plat kamrat Supra memang tebal. Bicara harga milik Supra lebih mahal 5 ribu perak (Rp 30 ribu).

Kamis, 09 Januari 2014

Penyakit Motor Suzuki FXR150

Penyakit Motor Suzuki FXR150 - Ini dia penyakit utama Suzuki FXR150. Motor sport dengan status Compeletely Built Up (CBU) dari Malaysia ini memiliki penyakit di kelistrikan. Hal ini sering disebabkan oleh short circuit/hubung singkat di kelistrikan. Spul FXR150 menganut kumparan 3 fase dimana setiap kumparan harus memiliki nilai resistansi yang sama. Apabila terdapat perbedaan nilai resistansi pada salah satu kumparan maka arus untuk pengisian dari spul ke aki / batere tidak stabil sehingga kumparan bisa panas dan terbakar. Selain itu, dengan pengukuran resistansi pada tiap kumparan.
spul Suzuki FXR150 tipe 3 phase
Ciri-ciri kelainan pada spul dapat diketahui pula dengan melakukan pengukuran pada pengisian aki. Dengan kondisi seperti itu output tegangan pengisian akan menurun. Sebenarnya jika kelainan tersebut sudah diketahui sejak awal gejala spul terbakar dapat diantisipasi dengan melakukan penggantian spul atau gulung ulang. Jadi tidak harus menunggu sampai mesin mati.

Rabu, 08 Januari 2014

Penyebab Lampu Cepat Putus dan Aki Cepat Rusak

Penyebab Lampu Cepat Putus dan Aki Cepat Rusak - Penyebab lampu bohlam ada beberapa hal, diantaranya usia penggunaan, korslet, atau bisa juga pada part pendukungnya yaitu kiprok. Kiprok yang menurut bahasa teknis lazim disebut rectifier atau regulator. Biasanya, ketika bohlam putus maka langsung diganti. Tetapi begitu terpasang jadinya putus lagi. Belakangan aki pun ikutan soak. Dapat dikatakan kiprok bermasalah atau aus.
bohlam cepat putus merupakan tanda kelistrikan sedang bermasalah
Jika terjadi seperti itu, biasanya kiprok pada motor menggangu kelistrikan lainnya. Biasanya bisa ditengarai dengan lampu, kemudian merambat ke pengisian aki. Keduanya ada dalam satu kemasan yaitu di kiprok. Solusinya ya ganti kiprok.

Kiprok berfungsi untuk mengubah arus AC (Alternating Current) dari lilitan spul menjadi DC (Direct Current) yang selanjutnya ditampung di aki. Bila ada kerusakan seperti itu maka harus segera ganti, kalau tidak bisa merembet ke perangkat lain misalnya LCD speedometer, lampu sein dan yang lainnya” pungkas Delon.

Selasa, 07 Januari 2014

Cara Mengganti Kampas Rem Tromol

Cara Mengganti Kampas Rem Tromol - Kampas rem merupakan part yang bergesekan dengan roda yang berfungsi sebagai penghenti laju kendaraan. Karena merupakan part yang bergesekan, maka keausan part pasti terjadi. Hingga melewati batas pemakaian, kampas rem tidak akan bekerja optimal, maka kita harus mengganti part tersebut. Sebagai ilustrasi simak ilustrasi cara mengganti kampas rem tromol berikut.

1. Lepas roda
Lepas baut as roda, baut pengunci tutup rem, baut penyetel rem, penyetel rantai, dan bushing as roda. Kendorkan rantai, lepas as roda perlahan, lepas pedal rem, kemudian keluarkan roda dari motor.
lepas roda dari motor
2. Buka tutup rem
Buka tutup rem dengan melepasnya secara biasa.
tutup rem beserta kampas rem tromol
3. Cabut kampasnya
Kampas tinggal dicabut dari dudukannya. Lalu ganti kampas tersebut dengan yang baru jika sudah aus.
melepas kampas rem
4. Pasang per kampasnya
Memasang pernya menggunakan tang jepit panjang/tang cucut untuk mempermudah.
per kampas rem
5. Pasang kampas rem tromolnya
Pasang kembali kampas ke dudukan tutup rem, lalu bersihkan tromol roda sebelum dipasang. Membersihkannya dapat menggunakan angin kompresor.
kampas yang telah terpasang dengan baik
6. Rakit kembali
Rakit kembali seperti semula. Jangan lupa setel jarak bebas rem, kekencangan rantai, dan lain-lain.
proses telah beres

Senin, 06 Januari 2014

Cara Merakit Gearbox Yamaha Jupiter

komponen gearbox Yamaha Jupiter
Cara merakit gearbox pada Yamaha Jupiter sangatlah mudah. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.
1. Kumpulkan komponen gearboxnya
Komponen tersebut antara lain adalah gear pada mainshaft dan layshaft, garpu, pin, clip, ring, dan botol pemindah garpu.
komponen yang terkumpul
2. Letakkan crankcase di tempat yang memudahkan pengerjaan
Sebaiknya crankcase diletakkan di kursi yang dibalik atau sejenisnya, supaya kita mudah memasukkan gearbox ke crankcase nya.
crankcase Jupiter
3. Rakit komponen secara teratur
Komponen yang sudah terkumpul dirakit terlebih dahulu di bawah, dan bukan di crankcase. Ingat! Susunan gear tidak boleh salah. Untuk gigi 1st primer tidak perlu dipasang terlebih dahulu. Untuk motor Jupiter ini sangat terlihat perbedaannya, sehingga sangat mudah menyusun gearboxnya.
gearbox sudah terakit
posisi garpu sejajar
4. Masukkan gearbox ke crankcase
Setelah gearbox tersusun rapi, mulai pas kan as mainshaft dan layshaft pada masing-masing lubang yang sudah ada laher nya. Setelah botol juga terpasang, tonjolan garpu sudah pas, dan gearbox juga pas, silahkan tekan perlahan menggunakan tangan. Jika pemasangan benar, maka gearbox akan masuk sendiri.
paskan as dengan lubangnya
tekan ke bawah secara bersamaan
posisi setelah terpasang benar
5. Pasang gear 1st
Gear kecil yang tadi belum terpasang dapat dipasang sekaran, dan jangan lupa terdapat ring. Cek gambar untuk lebih detailnya.
pasang gear kecilnya
6. Cek kelancaran proses perpindahan gigi
Botol pemindah gigi dapat diputar untuk melihat pergerakan/pergeseran gearbox. Agar mudah, gearbox ikut diputar menggunakan tangan karena sistem presneling motor Jupiter menggunakan sistem constant mesh.
cek kelancaran sistem

Korek Harian Honda Tiger 210 cc

1. Piston standar oversize 200 dengan diameter 65.5 mm
Menggunakan piston standar ukuran oversize 200 mampu menaikkan kapasitas mesin menjadi 209.7 cc, dan rasio kompresi dari standar 9.0 : 1 naik sekitar 9.5 : 1. Jika paking dilepas dan digantikan paking cair, maka rasio komrpresi juga dapat naik menjadi 10.2 : 1. Masih cocok meminum bahan bakar premium.
piston tiger
2. Porting ulang
Porting didesain lagi, dihitung dengan rumus didapatkan diameter intake 94 % dari diameter klep IN, sedangkan exhaust 92.7 % dari diameter klep EX. Porting sekitar 29.6 mm (in) dan 25 mm (out). Bagian bosh klep diperlancar. Klep di beri back cut valve.
modified porting
3. Noken as custom
Noken as standar dapat dicostum menggunakan gerinda duduk. Durasi ubah agar nafas motor lebih keluar di putaran atas, sedangkan lift dipatok 7.5 mm saja agar per klep tidak mudah floating. Cek coakan piston agar klep tidak menabrak piston.
costumized camshaft
4. CDI BRT
CDI sebagai otak pengapian dapat menggunakan produk BRT dualband yang tinggal pasang. Power dan torsi motor akan semakin meningkat. Selain itu, CDI ini mampu membuat pembakaran jauh lebih sempurna, alhasil motor menjadi lebih irit BBM.
CDI BRT PowerMax Tiger
5. Knalpot modif
Knalpot dapat menggunakan freeflow. Namun jika takut suara ramai hingga menjadi incaran polisi, maka dapat mengubah pipa leher knalpot standar dari diameter 29 mm menjadi 33 mm. Ubahan ini dapat dilakukan di tukang knalpot.
leher knalpot R9 Tiger

Sabtu, 04 Januari 2014

Piston Jupiter Z Oversize 150 NPP

Piston Jupiter Z Oversize 150 NPP - Setelah motor kita telah mencapai oversize 100, maka kita tidak akan mendapat piston oversize lebih dari itu dari pabrikan resmi. Cara satu-satunya adalah kembali ke standar atau menggunakan piston merk lain. Contohnya Jupiter saya tahun 2001 telah menggunakan piston Jupiter Z oversize 100 dengan diameter 52 mm dan aus. Maka saya memilih lanjut dengan piston Jupiter Z oversize 150. Namun, dari pabrikan tidak tersedia. Oleh karena itu saya memilih merk lain seperti NPP, ada juga MPM, AHM, Indopart, dsb.
piston kit NPP
Keunggulan produk NPP sendiri adalah material nya hampir mirip asli nya. Ketika piston Jupiter Z oversize 100 saya timbang, massanya adalah sebesar 91 gram, sedangkan piston Jupiter Z oversize 150 NPP ditimbang, massanya adalah sebesar 88 gram. Selisih sedikit bukan? Namun, perbedaan tersebut masih dalam taraf normal jika digunakan untuk harian.
piston ori oversize 100 (kiri)
piston NPP oversize 150 (kanan)
Harga piston kit Jupiter Z oversize 150 NPP ini berkisar 105 ribu/kit nya. Sudah termasuk piston, ring piston, pin piston, dan kancing pen nya. Tebal liner tersisa pas 2 mm dan ini merupakan batas aman terakhir dari tebal liner. Jika menggunakan piston dengan diameter 52.5 mm ini, kapasitas mesin menjadi 116.9 cc atau 117 cc.

Jumat, 03 Januari 2014

Macam Kode Bearing Motor

contoh kode pada bearing
KODE BEARING KRUK AS
  • SUPRA/SUPRA-X/NOVA/SONIC/PRIMA/GRAND/LEGENDA 6304 - 6304
  • C70 / C700 / C800 / A800 / ASTEA WIN 6304 - 6304
  • Kaze 6205/6204
  • KSR 6205/6204
  • Jupiter Z 6304/6205
  • Jupiter MX 6305/6305
  • Y125 Z 6205/6205
  • F1ZR 6205/6205
  • RXZ 6304/6205
  • RX King 6304/6205
  • Suzuki RG 6205/6205
  • Satria Ru 6205/6205
  • Mio, Nuvo 6305 & 63/22
  • Satria Fu 6007 & 63/28IB
  • FXR 150 6007 & 63/28IB
  • TIGER 6304 - 6304
  • GL MAX-P/GL MAX-C/GL MAX NEO/GL PRO-P/GL PRO-C/GL PRO-NEO / 6304 - 6304
  • CB 100 / CB125 6304 - 6304
  • C902 / BENLY 6205 - 6205
KODE BEARING GEAR
  • Tiger 6203
  • GL MAX-P / GL MAX-C / GL MAX NEO / GL PRO-P / GL PRO-C / GL PRO-NEO 6203
  • CG100 / CG110 / CG125 / 6203
  • CB 100 / CB125/ 6203
  • GL100 / GL125 / GL100 (CDI) Gear 6203
  • C902 / BENLY 6205
  • SUPRA / SUPRA-X / NOVA / SONIC / PRIMA / GRAND / LEGENDA 6203
  • C70 / C700 / C800 / A800 / ASTEA WIN 6203
KODE BEARING NOKEN AS
  • - Revo 6904/6001Z
  • - Jupiter Z 110 6003 / 6002Z
  • - Nouvo / Mio 6904/6002
  • - Vega ZR 6904
  • - MX 6906 / 6001Z
KODE BEARING RODA DEPAN
MOTOR BEBEK
  • 6301 Generasi Astrea Grand, Supra X, dan Legenda, Suzuki Satria CW 120 dan Satria F-150)
  • 6201 Supra Fit sampai Karisma 125)
  • 6300 Dipakai di satu sisi generasi Suzuki Tornado, Shogun 110-125, Satria 120R dan S, Smash, Generasi Yamaha F1-Z, JupiterZ Jupiter MX 135LC, Vega, Kawasaki Kaze, Blitz, dan ZX130
  • 6200 Dipakai di satu sisi generasi Suzuki Tornado, Shogun 110- 125, Satria 120S dan 120R
MATIC
  • 6201 Honda Vario
  • 6300 Suzuki Spin, Yamaha Mio, Nouvo
MOTOR SPORT
  • 6301-RS1 Honda GL Max, GL100, GL-Pro, GL Pro Neo Tech, Mega Pro, GL Max Neo Tech, NSR150, Tiger 2000, Honda Win, Suzuki Thunder 125
  • 6301-2RS1 Honda Tiger C/W
  • 6301-Z Yamaha YT115
  • 6300-Z Suzuki A100
  • 6300-RS1 Suzuki RGR150
  • 6201-RS1 Suzuki TS125 (sebelah kiri)
  • 6201-Z Suzuki TS125 (sebelah kanan)
  • 6302-Z Suzuki Thunder 250
  • 6202 Yamaha RX-King, RX-Z, RZ-R, Kawasaki Ninja, Ninja R C/W,
  • 6202-Z Yamaha RX-S
BEARING RODA BELAKANG
BEBEK
  • 6201-RS1 Honda Supra Fit, Karisma, Kirana, Supra X 125
  • 6201 (sebelah kiri dalam) Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash (full chain case), Tornado, Satria F-150
  • 6201-Z (bagian kiri luar) Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash, Tornado GS, Satria F-150, Kawasaki ZX130
  • 6300-Z (bagian kiri luar), Tornado GX
  • 6301-Z (bagian kanan), Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash, Tornado GS atau GX, Satria F-150, Kawasaki ZX130
  • 6301-RS1 Honda Supra Fit, Astrea Grand, Astrea Star, Karisma, Kirana, Legenda, Supra, Supra X, Supra X 125, Yamaha F1-Z atau ZR, Sigma, Crypton, Vega, Jupiter-Z, Jupiter MX 135 LC
  • 6301-Z Yamaha F1-Z atau ZR, Sigma, Crypton, Vega, Jupiter-Z, Jupiter MX 135
  • 6202-Z Generasi Kaze dan Blitz
  • 6302-Z Generasi Kaze dan Blitz
MOTOR SPORT
  • 6302-RS1/MT Honda GL-Max dan GL- Max Neo Tech, GL100, GL-Pro dan Pro Neo Tech, Mega Pro
  • 6202-RS1/MT Honda GL-Max dan GL-Max Neo Tech GL-Pro dan Pro Neo Tech
  • 6203-RS1/MT Honda NSR150 dan Tiger 2000, Yamaha RX-125,
  • 6301-RS1/MT Honda Win, Yamaha RX-King
  • 6201-Z/C3MT (kiri) Suzuki A100 6202-Z/C3MT (kiri) RGR150, TS1256202-RS1/C3MT (kiri) Suzuki Thunder 2506302-Z/C3MT (kiri-kanan) Thunder 1256301-Z/C3MT (kanan) Suzuki A1006302-RS1/C3MT (kanan) RGR150, TS125, Thunder 2506202-RS1/MT Yamaha Scorpio6202/MT Yamaha YT115, RX-King, RX-Z, RZ-R
  • 6202-Z/MT Yamaha YT115, RX-Z, RZ-R
  • 6202/C3MT Kawasaki Ninja, Ninja R/CW
  • 6302-Z/MT Kawasaki Ninja, Ninja R/CW
Keterangan :
  1. RS = Rubber seal (bearing ditutup sil atau karet)
  2. Z = Bearing ditutup pelat
  3. 2RS = Double rubber seal ( tertutup depan belakang karet )
  4. 2Z.= Double pelat ( tertutup depan belakang dengan seng )
  5. C = Clearnce Ball Bearing (kerenggan antara bola bering dan Bantalan bering) semakin besar angka di belakang C maka semakin besar tingkat kerenggangannya contoh C3,C4,C5
  6. MT (Medium Temprature) = Menunjukan Temperatur
Umumnya pada bering mesin balap memiliki kerenggangan yang cukup besar seperti C5 agar ball bearing pada saat memuai tidak/macet. Desainnya demikian karena mesin balap selalu bekerja pada rpm dan temperatur yang tinggi. Untuk mendukung performa bearing tersebut agar lebih maksimal penggunaan oli harus di sesuaikan dengan kebutuhan.

Kamis, 02 Januari 2014

Fungsi Karet di Swing Arm

Fungsi Karet di Swing Arm - Karet swing arm fungsinya menjaga timbulnya gesekan dengan rantai. Bisa jadi karet yang satu ini luput dari perhatian pengguna motor. Karena memang jarang terjadi masalah pada karet tersebut, tapi kalau sampai rusak bisa merusak part yang lain. Karet yang kita bicarakan ini adalah karet pelindung swing arm. Letaknya ada di ujung swing arm sebelah kiri, sebelum gir depan.
letak karet di swing arm motor
Akibat umur pakai yang sudah lama, bikin karet tersebut rusak. Ada juga akibat kurang telitinya pemasangan, juga membuat karet tersebut lepas dari tempat semestinya. Fungsi karet tersebut adalah melindungi swing arm dari gesekan rantai.
gesekan rantai bisa merusak swing arm
Bila sampai karet itu rusak atau lepas dari tempatnya, maka bisa mengganggu konsentrasi si pengguna motor. Itu karena timbulnya bunyi akibat dari gesekan rantai dengan swing arm. Jangan dicuekin aja dengan kejadian tersebut, pasalnya bisa berakibat fatal. Maksudnya akibat dari gesekan tersebut, swing arm bisa bolong dan menimbulkan karat.

Di beberapa daerah yang tingkat kadar garamnya di air lebih tinggi, membuat penyebaran karat lebih cepat. Imbasnya bisa ditebak, umur pakai swing arm enggak seperti yang diharapkan. Masih soal gesekan rantai dengan swing arm, saat enggak ada lagi karet pelindung. Hal itu, juga akan berimbas pada umur pakai rantai.