Selasa, 10 Juni 2014

Foto Lubang Crankcase Yang Diperbesar

crankcase Bajaj Pulsar 135
crankcase C100 engine
crankcase C100 engine
crankcase C100 engine swap blok FU
crankcase Sonic
crankcase Sonic

Senin, 09 Juni 2014

Throttle Body Vixion Reamer

Berikut kumpulan foto Throttle Body Vixion yang telah direamer/perbesar.

Minggu, 08 Juni 2014

Koso Fuel Injection Control Kit to Yamaha Vixion

Koso Fuel Injection Control Kit to Yamaha Vixion - Untuk mengatasi kebutuhan bahan bakar di Yamaha V-ixion bore up perlu suatu ubahan. Ubahan tersebut saat ini cukup mengaplikasi fuel injection control kit bermerek Koso. Kebutuhan di ruang bakar akan lebih terpenuhi. Part ini memang diperuntukan khusus bagi Yamaha V-ixion. Dijual Rp 2 juta/set.
Koso Fuel Injection Control Kit
Satu set part itu terdiri atas throttle body, piggyback, manifold dan karet filter udara.
1. Throttle Body
Venturi throttle body yang diaplikasi Koso juga lebih besar. Yaitu, 32,5 mm. Jadi, memang siap dan cocok diperuntukan bagi V-ixion yang bore up atau sudah upgrade performance part. Cara pasang juga tidak sulit. Sebab bisa sobat kerjakan sendiri asal kunci-kunci lengkap. Karena tinggal buka throttle body lama lalu ganti dengan baru. Filter udara pun tetap bisa pakai part standar. Kan sudah sediakan karet buat ke boks filter. Penyesuaian lainnya, hanya perlu sambungkan kabel-kabel.

2. Piggyback
Dari piggyback Koso sendiri, terdiri dari empat kabel.
  • Merah dihubungkan ke positif kunci kontak
  • Hitam dihubungkan ke negatif/massa.
  • Kuning ke ECU. Potong kabel ECU pink-putih dan sambungkan.
  • Putih ke ECU. Potong kabel putih ECU dan sambungkan.
Lainnya yang jadi kelebihan Koso, karena dilengkapi piggyback. Jadi enggak perlu ganti ECU. Buat memanipulasi data dan penuhi kebutuhan bahan bakar juga udara, cukup setel lewat piggiback aja. Ada 11 step yang bisa dimainkan lewat cara menggeser posisi switch.
kontrol setting campuran bahan bakar

Korek Ekstrim Yamaha Vixion 200 cc

1. Paket bore up X1R diameter 65 mm
Paket bore up 200 cc X1R dengan diameter piston 65 mm tinggal pasang. Jalur radiator tetap aktif mendinginkan mesin. Atur rasio kompresi agar dapat digunakan harian.
blok x1r terpasang
2. Klep 24/21 mm
Klep menggunakan mirip CBR 150, yaitu 24 mm intake dan 21 mm exhaust. Porting dibentuk ulang agar power mesin lancar.
kop dengan klep lebar
3. Throttle body reamer
Throttle body full reamer menggunakan keping/koin throttle dari BRT. Proses reamer sendiri harus presisi agar tidak ada kebocoran gas. Apabila injektor standar kurang mumpuni, ganti dengan injektor yang memiliki kemampuan debit lebih tinggi.
throttle body reamer ekstrim

Sabtu, 07 Juni 2014

Perhatikan Selang Rem Depan Vespa Primavera

Perhatikan Selang Rem Depan Vespa Primavera - Sehubungan dengan adanya berita recall Vespa Primavera beberapa waktu lalu, ternyata langsung mendapat tanggapan dari para konsumen. Banyak konsumen yang langsung datang ke bengkel-bengkel resmi Piaggio untuk melakukan pengecekan. Pengecekan yang dilakukan yaitu jarak antara roda depan dan selang rem. Jika selang rem mentok dengan ban depan, maka solusinya yaitu tinggal menggeser pegangan selang rem ke arah luar agar enggak mentok ban lagi. Kalau dibiarkan terjadi lama-lama selang rem bisa tergerus putaran ban depan dan berpotensi bocor.
cek selang rem depan Vespa Primavera

Jumat, 06 Juni 2014

Yamaha Mio Menggunakan Slider Mio 4DO

Slider merupakan salah satu part yang berfungsi sebagai penutup roller yang ada di dalam primary sliding sheave. Untuk urusan mendongkrak performa, memang part yang satu ini cenderung jarang diutik-utik. Dengan menggunakan primary sliding sheave standar, biasanya yang dioprek roller dan rumahnya. 
slider pada matic Yamaha Mio
Antar produk skutik Yamaha, kode slider-nya berbeda. Dengan memadupadankan antara slider produk skutik Yamaha satu dengan lainnya, bisa untuk mendongkrak performa skutik. Penyuka turing, juga bisa melakukan ini untuk kebutuhan trek panjang atau pendek yang akan mereka lalui.

Berikut keterangan nya.
1. Slider standar umumnya 5MX dan 5TL
Kode part 5MX dan 5TL banyak dijumpai pada Mio secara umum.
kode 5MX di slider Mio
2. Slider standar 4DO
Di pasaran memang sudah susah didapat, tapi slider berkode 4DO banyak dicari. Bikin nafas lebih panjang, jadi alasan slider 4DO diburu mekanik.
kode 4DO di slider Mio
3. Perbedaan antara slider 4DO (kiri) dan 5MX (kanan)
Slider 4DO yang lebih tinggi cekungannya yang membuat mesin Mio bernafas panjang.
beda slider 4DO dan 5MX

Kamis, 05 Juni 2014

Cara Pasang PE28 di Byson

Memasang Keihin PE28 di Yamaha Byson sangatlah mudah. Tebus dahulu karbu PE 28 yang banyak dijual di pasaran. Penyesuaiannya hanya potong kabel gas. Namun agar lebih mendongkrak performa Byson, maka perlu dilakukan beberapa perubahan antara lain adalah ganti yang intake manifold yang lebih pendek dan memberi klem agar manifold lebih rapat.
karbu PE28 di Yamaha Byson
Berikut penjelasannya.
1. Tebus intake manifold yang lebih pendek dan karet intake manifold baru.
Aplikasi karburator aftermarket di semua motor berpengabut karburator, butuh part pendukung. Bawaan pabrik, intake manifold Byson agak panjang, jadi kalau mau pasang PE 28 harus ganti yang lebih pendek serta karet intake ganti yang profilnya lebih lurus karena bawaan Byson agak belok. Hal ini dilakukan agar respon gas lebih cepat dan torsi keluar pada rpm tinggi.
intake yang lebih pendek
karet intake lurus lebih optimal untuk induksi
2. Beri klem agar karburator rapat dengan manifold.
Selain tebus manifold, tambahkan dua klem karet intake.
klem karburator agar lebih rapat
3. Jetting spuyer karburator
Karena ukuran main jet dan pilot jet bawaan karbu PE 28 terlalu besar (PJ #42 ; MJ #152), mesti beli main jet dan pilot jet dengan ukuran lebih kecil agar setingan karbu lebih optimal.
spuyer karburator harus setting ulang

Rabu, 04 Juni 2014

Cara Setting Shift Light Yamaha R25

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Yamaha pada YZF-R25 adalah kelengkapan yang ada di panel indikator. Tak hanya info standar seperti takometer, spidometer, jam dan lainnya, tapi juga ada shift light. Shift light biasanya ada di motor balap, berguna untuk memberi sinyal pada pengendara saatnya menaikkan posisi gigi. Jadi misal akan ganti gigi di 12.000 rpm, tak perlu memelototi takometer yang mengurangi konsentrasi, cukup atur shift light menyala di angka itu, ketika menyala tinggal congkel gigi.
shift light berwarna putih pada R25
Nah asyiknya shift light ini bisa diatur kapan mulai menyala dan kapan mesti mati. Misal saat ingin berkendara secara ekonomis, atur saja 7.000 rpm shift light menyala di angka itu, sehingga motor jadi irit. Berikut caranya.
1. Ketika kontak Off, pecet dan tahan Select.
letak tombol di kiri

2. Masih tahan Select, putar kontak ke on.
Masih tahan, jangan lepaskan sekitar 5 detik sampai layar LCD blank, baru lepaskan.
putar kontak ON
3. Pertama yang diatur jenis kedipan shift light.
Ada 3, yaitu kedip cepat, kedip lambat dan menyala melotot. Memilihnya pakai tombol reset. Setelah cocok pencet sekali lagi tombol select.
memilih tampilan nyala shift light
4. Kedua atur kapan shift light akan mulai menyala.
Bisa mulai dari 7.000 rpm. Pencet saja tombol reset untuk mengaturnya, jika sudah sesuai tekan select lagi.
memilih timing penyalaan shift light
5. Ketiga atur kapan shift light akan mati.
Caranya sama dengan mulai menyala diawali dari 7.000 rpm. Pilih pakai reset dan akhiri dengan select.
memilih batas penyalaan shift light
6. Terakhir mengatur seberapa terang shift light menyala.
Akan muncul kotak kecil di layar LCD sisi bawah, makin banyak makin terang. Mengaturnya sama pakai reset dan akhiri dengan select.
mengatur tingkat kecerahan shift light

Selasa, 03 Juni 2014

Modif Kit Yamaha R15

Tidak bisa dibantah lagi kalau Yamaha R15 V2.0 made in Indonesia memang sudah bagus dari lahirnya. Walaupun sudah bagus, bukan berarti tidak bisa dibuat tambah bagus lagi loh. Buat sobat yang ingin menambah tampilan motor tersebut jangan kuatir. Ada spare part dan aksesorisnya yang di jual di dealer Yamaha terdekat.

Berikut macam aksesorisnya.
1. STREET KIT
Punya duit Rp. 2.530.000,- silahkan bawa pulang ini.
  • Cover single seater Rp. 380.000,- 
  • Tank pad Rp. 100.000,- 
  • Fuel cap Rp. 100.000,- 
  • LED position lamp Rp. 90.000,- 
  • Front paddock stand Rp. 700.000,- 
  • Engine guard Rp. 370.000,- 
  • Cover protector muffler Rp. 225.000,- 
  • Rear paddock stand Rp. 400.000,- 
  • Cover tandem bracket Rp. 165.000,-
Street Kit R15
2. SPEED KIT
Merasa kurang kencang, siapkan uang Rp. 3.499.000,-.
  • ECU Daytona Racing Rp. 1.500.000,-
  • Knalpot racing merk Sakura (bonus Db killer) Rp. 1.999.000,-
    Speed Kit R15
3. APPAREL R-CONCEPT
Siapkan dana Rp. 925.000,- langsung memboyong aksesoris pengendara.
  • Jaket Rp. 495.000,- 
  • T-shirt Rp. 95.000,- 
  • Topi Rp. 85.000,- 
  • Sarung tangan Rp. 250.000,-
    Apparel R-Concept R15
PERINGATAN!
  1. Harga barang-barang di atas hanya untuk Jakarta dan sekitarnya.
  2. Garansi motor hilang dengan menggunakan Speed Kit.

Senin, 02 Juni 2014

Substitusi Kiprok Vario Menggunakan Mio/Jupiter MX

Kiprok alias rectifier-regulator, memang termasuk komponen jarang rusak. Tapi, kalau sudah minta ganti gara-gara fungsinya tidak normal, sistem pada komponen pendukungnya yang diserang. Contohnya pengisian dan penerangan.
kiprok motor
Vario (kiri), Mio (kanan)
Seperti terjadi di Honda Vario yang kiproknya rusak. Aki bisa tekor atau overcharger, lantaran keluar-masuk arus dari sepul tidak terkontrol. Dan pada saat tidak berkerja, setrum dari aki bisa balik ke sepul karena kiprok memang sudah tidak lagi searah. Begitupun dengan lampu utama yang kerjanya andalkan putaran mesin untuk memutar generator atau sepul. Agar tegangan dan arus dari sepul tidak berlebihan, diperlukan kiprok Oleh sebab itu, peranti ini memang harus segera diganti kalau sudah rusak.

Sayang pada saat kiprok Vario rusak, peranti ini lumayan jarang ditemukan di toko suku cadang. Terutama toko spare -parts yang tidak terlalu besar. Di bengkel resmi pun kadang harus pesan atau inden terlebih dahulu. Jika alami hal itu, pemilik Vario tidak perlu khawatir lagi. Ganti dengan kiprok Yamaha Mio. Apalagi komponen pabrikan berlogo garputala itu tergolong gampang atau mudah didapat di toko onderdil.

Untuk menerapkan kiprok Mio ke Vario cukup mudah. Kebetulan kiprok Vario dan Mio semua sama baik dari segi kaki-kaki maupun konektor, perbedaan hanya pada daya yang keluar dari kiprok. Sebab baik Mio maupun Vario sistem kelistrikannya sama-sama AC untuk lampu dan DC untuk pengapian. Sehingga untuk pemasangan pun tidak ada yang perlu diubah.

Langkah-langkahnya:
Pertama, copot tebeng depan. Kemudian lepas semua baut menggunakan obeng plus. Setelah tebeng depan terlepas, langsung terlihat bagian kiprok. Letak kiprok ada di kanan dekat aki. Setelah terlihat, tinggal langsung diganti dengan milik Mio.

Jika kiprok langka, bisa gunakan part KW2. Cuma biar tidak salah pilih, pastikan kiprok tersebut memiliki output bagus yang dapat meregulasi tegangan dan arus yang dihasilkan dari sepul. Kira-kira tegangannya berkisar antara 13-15 Volt. Untuk mengujinya bisa pakai avometer.

Kiprok Mio lebih bagus ke Vario karena arus out put kiprok Mio lebih besar dibanding milik Vario, itu bisa dilihat dari ampere aki yang digunakan oleh kedua skubek itu. Kiprok Vario bisa juga pakai dari Jupiter MX 135LC.

Minggu, 01 Juni 2014

Korek PnP Yamaha R15 - Speed Kit

1. Ecu Daytona
Harga ECU Daytona ini adalah Rp. 1.500.000,- dan dapat dibeli di dealer Yamaha.
ECU Daytona
2. Knalpot Racing Sakura
Harga Knalpot Racing Sakura ini adalah Rp. 1.999.000,- dan dapat dibeli di dealer Yamaha.
knalpot Sakura

Rectifier (Penyearah)

Rectifier atau penyearah adalah rangkaian yang digunakan untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Rectifier terdiri dari rangkaian beberapa buah dioda. Ada 2 jenis penyearah yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh. Penyearah setengah gelombang jarang digunakan pada adaptor, biasanya bentuk penyearah ini digunakan untuk keperluan khusus. Untuk adaptor biasanya digunakan bentuk penyearah gelombang penuh. Untuk trafo engkel diperlukan 4 buah dioda yang dipasang dalam bentuk jembatan untuk mendapatkan bentuk gelombang penuh, sedangkan untuk trafo CT hanya dibutuhkan 2 buah dioda untuk membentuk penyearah gelombang penuh.
Rectifier regulator (kiprok)
Jenis dioda yang umum digunakan untuk penyearah adalah jenis dioda silikon. Berikut gambar rangkaian penyearah dan bentuk gelombangnya.
penyearah gelombang penuh pada trafo engkel
terdiri dari 4 buah dioda berbentuk bridge
penyearah gelombang penuh pada trafo CT
menggunakan 2 buah dioda
penyearah gelombang penuh pada adaptor bipolar
umum digunakan pada sistem OP-Amp
penyearah setengah gelombang
Filter dan Stabilisator Tegangan
Filter dalam sebuah adaptor berguna untuk meratakan bentuk gelombang DC yang dihasilkan oleh penyearah. Umumnya digunakan sebuah kapasitor dengan ukuran kapasitas yang cukup besar untuk membentuk filter. Jenis kapasitor yang digunakan adalah kapasitor polar dengan ukuran 1000 mikro Farad hingga 47.000 mikro Farrad, tergantung keperluannya. Namun untuk adaptor biasanya dengan ukuran 2200 mikro Farrad sudah menghasilkan arus DC yang cukup baik.

Stabilisator adalah alat yang digunakan untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik yang keluar dari filter. Pada adaptor yang akan dibuat tidak menggunakan stabilisator. Komponen elektronika berupa rangkaian transistor atau dioda zener sering digunakan sebagai stabilisator. Berikut ini gambar beberapa rangkaian filter dan stabilisator yang umum digunakan.
filter kapasitor
Pada gambar di atas, tampak penggunaan filter kapasitor pada sebuah rangkaian adaptor sederhana. Kapasitor yang digunakan ini harus memiliki kapasitas yang cukup besar dan umumnya menggunakan kapasitor polar. Arus listrik yang dihasilkan dengan menggunakan filter kapasitor ini sudah cukup baik, walaupun riak-riak arus masih tetap ada. Untuk menghasilkan arus DC yang lebih baik, maka dapat dipasang sebuah stabilisator tegangan pada sisi setelah filter.
stabilisator menggunakan dioda zener
Gambar di atas memperlihatkan skema rangkaian adaptor sederhana yang menggunakan kapasitor sebagai filter tegangan dan sebuah dioda zener sebagai stabilisator tegangan. Tegangan yang dihasilkan sudah sangat baik, namun rangkaian ini memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat mengeluarkan 1 tingkat tegangan saja, yaitu sebesar tegangan cut-off dioda zener. Misalnya jika tegangan cut-off dioda zener 6,7 volt, maka tegangan listrik DC yang keluar dari adaptor ini juga 6,7 volt, walaupun inputnya kita naikkan.
adaptor yang menggunakan transistor sebagai stabilisator tegangan
Penggunaan transistor sebagai stabilisator tegangan akan menghasilkan tegangan yang lebih baik lagi. Namun rangkaian adaptor yang menggunakan transistor sebagai stabilisator tegangan membuat rangkaian menjadi lebih rumit. Beberapa kelebihan rangkaian stabilisator tegangan dengan menggunakan transistor adalah dapat divariasikannya tegangan keluaran dari adaptor secara kontinyu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan transistor sebagai stabilisator tegangan adalah perlu memasang keping pendingin dan kipas pendingin pada transistor karena transistor yang digunakan akan mengeluarkan panas yang berlebih. Semakin besar arus yang dilewatkan, maka semakin banyak tingkatan transistor yang digunakan sebagai stabilisator tegangan.

Pada saat ini telah tersedia IC (Integrated Circuit) yang dapat digunakan sebagai stabilisator tegangan yaitu IC 78XX dan 79XX. Perbedaan kedua jenis IC ini adalah pemasangannya di dalam rangkaian. Angka XX menunjukkan nilai tegangan listrik yang dikeluarkan oleh IC misalnya 7805 menyatakan IC ini akan mengeluarkan tegangan DC stabil sebesar 5 volt. Berikut rangkaian IC stabilisator tegangan pada adaptor.
adaptor yang menggunakan IC