Minggu, 29 Juni 2014

Korek Harian Satria FU Standar

1. Karburator RX King
Karburator menggunakan milik RX King untuk mengejar performa di putaran atas. Karakter karburator RX King adalah bermain di putaran tinggi, sama seperti ciri Satria FU yang overbore. Kombinasi spuyer berkisar antara #20 pilot jet dan #135 main jet.
karbu king
2. Bobok knalpot standar
Knalpot standar dibuang sama sekali sekat nya. Suara akan bass namun tidak terlalu menggelegar. Beri sarangan dan glasswol jika tidak menyukai suara yang terlalu keras.
knalpot Satria FU
3. Tensioner Smash costum
Agar rantai timing tidak mudah longgar, maka tensioner dibutuhkan yang lebih tahan. Milik Smash dapat dipakai dengan sedikit penambahan daging pada penekan tensioner nya. Efeknya adalah keakuratan timing buka tutup klep sehingga tidak perlu sering ganti rantai, tensioner, dan lidah tensioner nya.
tensioner Smash costum for FU

Jumat, 27 Juni 2014

Karburator Keihin PJ 34

karburator Keihin PJ 34
Karburator ini cocok untuk dipasang di mesin 2 tak. Karburator Keihin PJ telah membuktikan dirinya di pasar sepeda motor trail dengan ciri skep oval yang unik. Slide oval memungkinkan mesin untuk merespon lebih cepat dibandingkan dengan skep bulat konvensional. Keuntungannya adalah akselerasi lebih cepat dan peningkatan power mesin.

Fitur Keihin PJ:
  1. Skep oval untuk respon yang sangat baik. 
  2. Lebih banyak daya dan aliran udara ditingkatkan di Rpm rendah dan menengah. 
  3. Mudah digunakan untuk akselerasi dan mengontrol kecepatan. 
  4. Mudah dicari dengan sparepart yang tersedia. 
  5. Tersedia pre-jetted untuk merek yang paling populer dan model.

Selasa, 24 Juni 2014

Karburator Mikuni HSR 48

karburator Mikuni HSR 48
Mikuni HSR 48 adalah versi khusus karburator yang bertujuan untuk memberikan aliran udara maksimum sehingga mampu memberikan performa mesin yang tinggi. Sebagai contoh pada motor Harley CV40. Karburator standar hanya mampu mengalirkan sekitar 185 CFM (kaki kubik per menit), sedangkan karburator Mikuni HSR series mampu lebih dari itu.
  • Standar Harley : 185 CFM 
  • Mikuni HSR42 : 213 CFM 
  • Mikuni HSR45 : 237 CFM 
  • Mikuni HSR48 : 270 CFM 
Oleh karena nya, Mikuni HSR 48 ini merupakan produk baru yang benar - benar mampu meningkatkan performa motor.

Senin, 23 Juni 2014

Karburator Mikuni VM 26

karburator Mikuni VM 26
Karburator ini dipakai pada motor Yamaha RX King. Venturi karburator adalah 26 mm dengan kombinasi spuyer pilot jet #22.5 dan main jet #150. Jarum skep dapat disetel dan skep bulat original. Karakter karburator yang sangat baik di rpm tinggi, cocok untuk motor balap ataupun yang suka main rpm tinggi.

Minggu, 22 Juni 2014

Karburator Mikuni VM 28

karburator Mikuni VM 28
Karburator ini dipakai pada motor Kawasaki Ninja RR. Venturi karburator adalah 28 mm dengan kombinasi spuyer pilot jet #22.5 dan main jet #260. Jarum skep dapat disetel dan skep berbentuk bulat. Karakter baik di segala rentang rpm, namun skep sering macet ketika di lingkungan dingin/hujan.

Korek Harian Honda GL Pro Standar

1. Noken As GL Pro Neotech
Noken as standar yang sudah aus diganti dengan milik GL Pro yang Neotech series karena durasi yang lebih tinggi dari standar. Nafas motor lebih panjang dan enak dipakai untuk jarak jauh.
noken as GL Pro Neotech
2. CDI Shogun Kebo
Soket CDI sama, tinggal mengubah jalur kabel dan spul saja. Arus diinput dari DC aki, selebihnya sama saja.
cdi Shogun 110
3. Knalpot Tiger Revo
Knalpot menggunakan milik Tiger Revo. Suara lebih ciamik dan terkesan garang. Ubahan pada leher dan dudukan baut.
tampilan knalpot tiger di GL Pro

Sabtu, 21 Juni 2014

Karburator Keihin PWL 26

karburator Keihin PWL 26
Karburator ini dipakai pada motor Kawasaki Ninja R. Venturi karburator adalah 26 mm dengan kombinasi spuyer pilot jet #45 dan main jet #135. Jarum skep dapat disetel dan skep bulat. Karakter putaran tengah yang baik dan dapat dipakai untuk kegiatan seperti touring, yang rpm motornya hampir konstan.

Jumat, 20 Juni 2014

Karburator Keihin PWK 28

karburator Keihin PWK 28
Karburator ini dipakai pada motor Special Engine (SE) Yamaha YZ 85 dan Kawasaki KX 85. Venturi karburator adalah 28 mm dengan kombinasi spuyer pilot jet #45 dan main jet #140. Jarum skep dapat disetel dan skep berbentuk D berwarna chrome. Karakter tarikan cepat seperti motor SE namun rakus bahan bakar.

Kamis, 19 Juni 2014

Karburator Keihin PE 28

karburator Keihin PE 28
Karburator ini dipakai pada motor Honda NSR 150 SP. Venturi karburator adalah 28 mm dengan kombinasi spuyer pilot jet #52 dan main jet #152. Jarum skep tidak dapat disetel dan skep bulat original berwarna chrome. Karakter karburator ini bermain di rpm rendah, cocok untuk motor yang tidak bermain rpm tinggi seperti matik, motor stroke up ekstrim, daily use, dsb.

Rabu, 18 Juni 2014

Ragam Merk Piston di Indonesia

piston
Pabrikan piston di Indonesia sudah banyak dan beragam. Kualitas dari piston nya pun berbeda-beda. Ada yang dianggap piston racing dan ada pula yang menganggap sebagai piston kw alias imitasi. Berikut beberapa nama pabrikan alias merk dari piston yang ada di Indonesia.
  • Izumi
  • Hi Speed
  • CLD
  • TDR
  • Kawahara
  • LHK
  • Daytona
  • Uma
  • Shark
  • NPP
  • Indopart
  • MPM

Selasa, 17 Juni 2014

Modifikasi Karburator Vakum ke Konvensional

Salah satu tipe karburator yang banyak dipakai adalah jenis vakum. Peranti pengabut bahan bakar tipe ini banyak dipakai di motor-motor skutik dan sport, seperti Honda BeAT, Honda Vario 110, Yamaha Mio, Yamaha Byson, Yamaha Scorpio, Suzuki Satria F150, Suzuki Thunder 125 dan banyak lagi.
karbu vakum yang dimodif
Karburator vakum diklaim punya campuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat. Selain itu juga irit bahan bakar karena gerak naik-turun skep bukan mengikuti perintah grip gas, tapi sesuai dengan kevakuman ruang bakar. Tapi karburator jenis vakum terkadang suka ngadat jika salah perawatan atau karena usia pakai. Karet vakum sobek dan jika harus ganti pun harganya terbilang mahal. Efeknya ke tunggangan sudah pasti performa mesin jadi terganggu.

Daripada harus mengganti karet vakum atau beli karburator baru, mending di-custom jadi model konvensional. Bentuk tetap karburator vakum tapi skep digerakkan langsung oleh tali gas. Respon mesin juga jadi lebih responsif loh. Bikin nya harus dibantu bengkel bubut. Proses singkatnya dengan cara melepas bilah kupu-kupu dan menghilangkan karet vakum dan digantikan model skep dengan per layaknya karburator konvensional.

Senin, 16 Juni 2014

Penyebab Ban Gundul Lebih Cepat

pengecekan ban
Ban memang akhirnya habis komponnya. Tapi bila, belum waktunya sudah minta ganti itu sama dengan ada kesalahan perlakukan nya. Ban yang awet sih bisa dua tahun atau sekitar 30.000 km penggunaannya . Tetapi kurang dari ini sudah botak, berarti cara merawat dan perlakuan nya salah. Demikian detail nya.

Tekanan angin
Jika tekanan angin kurang, permukaan tapak ban yang bersentuhan dengan aspal lebih banyak. Akibatnya, kontak antara ban dan aspal juga banyak dan otomatisgesakan lebih besar. Ujungnya kompon ban banyak terkikis aus. Ban kempes juga akan membebani mesin, bahan bakar boros. Tekanan angin standar dengan beban rata-rata adalah depan 28 – 30 psi dan belakang 30 – 32 psi.

Kelebihan beban
Pada dinding ban tertulis beban maksimum yang boleh diterima oleh si karet. Beban berlebaihan bikin gesekan antara ban dan permukaan aspal akan lebih besar. Bila motor memang dibeli tujuannya untuk angkutan berat, sebaiknya sejak awal pilih ban dengan load index yang lebih.

Gaya mengemudi ugal-ugalan
Gaya mengemudi yang suka kamu juga salah satu sebab ban cepat habis. Apalagi bila sering mengerem yang muncul bunyi yang lama. Dipastikan ban akan tidak rata ausnya. Termasuk di dalamnya gas-rem-gas-rem dengan ektrem. Habis itu gas full dengan akselerasi yang yahud. Itu sama dengan aksi 3 bulan. Maksudnya, ban yang seharusnya bisa tiga tahun, dengan carta ini hanya 3 bulan.

Jenis kompon ban
Ban harian diolah dari pabriknya pakai kompon reguler yang lebih keras dibanding ban balap yang menggunakan kompon lunak. Tak sedikit pengendara motor yang memilih ban balap untuk digunakan sehari-hari. Tentu saja enak, tapi risikonya cepat ganti.

Suspensi Rusak
Bila suspensi rusak atau sokbreker tidak aktif, ban juga jadi benjol-benjol. Keausannya tidak rata lantaran tekanan suspensi pada aspal tidak rata. Makanya, bila ada ban yang tidak rata ausnya, dipastikan dari kinerja suspensi.