Jumat, 26 Desember 2014

Perawatan Filter Bensin Jupiter Z

Perawatan Filter Bensin Jupiter Z - Filter bensin di motor harus dicek. Apabila kondisi kotor dan aus dapat menyebabkan aliran bensin tidak lancar dan menggangu performa karburator. Mengecek nya sendiri pasti jarang dilakukan karena letak filter bensin Jupiter Z ada di bawah tangki. Cara merawatnya adalah dengan melepas tangki terlebih dahulu
menguras isi tangki Jupiter Z
Selanjutnya menguras isi tangki beserta kotorannya kalau ada. Cabut selang di bagian bawah tangki dan pasti ada filter bensin. Bersihkan agar aliran bensin lancar dan motor tidak lagi mengalami telat bensin.
filter bensin Jupiter Z sudah bersih

Membuat Pin Noken As Yamaha Vixion/Jupiter MX

Membuat Pin Noken As Yamaha Vixion/Jupiter MX - Pin di noken as Yamaha Vixion maupun Jupiter MX sangatlah penting keberadaannya. Apabila rusak/aus dan bahkan tidak ada sama sekali akan menggangu timing buka tutup klep. Jika sudah demikian, maka performa motor bakal kacau bahkan klep bisa dihajar oleh piston.
pin noken as Yamaha Vixion
Untuk sparepart harus inden terlebih dahulu karena merupakan part yang jarang rusak sehingga jarang dijual. Apabila ingin cepat kelar masalah nya, pin dapat dibuatkan ke tukang bubut. Bahan pin sebaiknya baja atau lebih mudah nya batang klep 5 mm. Nantinya batang klep akan disesuaikan diameter dan panjangnya dengan ruang yang ada di gir timing. Sebaiknya pin dibuat rata dengan gir agar memiliki kekuatan lebih.

Kamis, 25 Desember 2014

Spesifikasi Yamaha YZ85

yamaha YZ 85
Mesin
Jenis : 2 tak, silinder tunggal, berpendingin cairan
Diameter x Langkah : 47.5 x 47.8 mm
Volume Silinder : 84.7 cc
Rasio kompresi : 8.2 : 1
Pengabut Bahan Bakar : Karburator Keihin PWK 28®
Sistem Pengapian : AC-CDI
Transmisi : Constant mesh, 6-speed, multiplate kopling basah
Final Gir : Drive Chain

Dimensi
P x L x T :  1.821 x 757 x 864 mm
Jarak roda : 1.257 mm
Jarak terendah ke tanah : 350.5 mm
Kapasitas bahan bakar : 4.9 L

Chassis
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Shock tunggal
Rem depan : hidrolik disc brake tunggal, 220mm
Rem belakang : hidrolik disc brake tunggal, 190mm
Ban depan : 70/100 - 17"
Ban Belakang : 90/100 - 14"


Sabtu, 13 Desember 2014

Memoles Ruang Kruk As Yamaha RX King

Memoles Ruang Kruk As RX King - Agar perpindahan bahan bakar berlangsung lebih cepat saat terjadi kompresi primer, maka diperlukan upaya untuk memaksimalkan nya. Salah satunya cara adalah dengan memoles ruang kompresi primer. Prakteknya diterapkan pada motor Yamaha RX King tahun 2002.
ruang kruk as Yamaha RX King dipoles
Cara memoles ruang kruk as Yamaha RX King:
  1. Gunakan ampelas kasar ukuran 400 untuk menghilangkan pori yang ada
  2. Gunakan ampelas halus ukuran 1000 untuk menghaluskan keseluruhan permukaan
  3. Gunakan autosol/batu ijo/brasso untuk memoles permukaan ruang as kruk hingga mengkilap
  4. Selesai
ruang kruk as mengkilap setelah dipoles

Cara Menggunakan Lem Packing Cair

Cara Menggunakan Lem Packing Cair - Banyak sekali merk dari packing cair yang digunakan di mesin sepeda motor. Penggunaannya adalah menggantikan keberadaan packing kertas yang berfungsi untuk merapatkan sambungan atau celah antar kalter. Cara menggunakan nya adalah sebagai berikut:
  1. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan diberi lem
  2. Oleskan lem secara tipis dan merata
  3. Tunggu hingga agak kering, pasang.
NB: Jangan memberi lem cair pada gasket/packing kertas.
pemberian lem packing cair
Yang perlu diperhatikan adalah pemberian lem pada packing kertas yang masih baru. Hal ini merupakan pekerjaan yang tidak tepat. Alasannya adalah karena pada packing kertas terdapat lem perekat tersendiri agar sambungan bisa rapat . Apabila diberi lem cair, maka fungsi packing kertas menjadi terbuang percuma dan saat dibuka kembali packing kertas akan rentan sobek.

Jumat, 12 Desember 2014

Gulung Ulang Spul Honda MegaPro

Gulung Ulang Spul Honda MegaPro - Kiprok Honda MegaPro menganut tipe fullwave, artinya spul tidak boleh bocor ke massa sedikit pun. Apabila spul Honda MegaPro sudah lemah, atau bahkan tidak berfungsi, masih dapat kita gulung ulang sekaligus mengupgrade nya. Bahannya hanya kawat email baru (Ø 1.2 mm) sebanyak 2 ons dan ketekunan, Apabila berhasil dalam penggulungan, maka spul dapat mengeluarkan arus maksimal sekitar 7 ampere.
spul modif MegaPro

Selasa, 09 Desember 2014

Profil Camshaft/Noken As Standar Yamaha Vixion

Profil Camshaft/Noken As Standar Yamaha Vixion - Berikut detail profil noken as di motor Yamaha Vixion.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN :  35 + 180 + 60 = 275º
EX : 45 + 180 + 40 = 265º
Overlap : 75º 0.75 mm

Celah renggang klep :
IN : 0.15 mm
EX : 0.15 mm

Ø pinggang = 25.2 mm
Ø lift = 30.3 mm
Lift Kem = 5.1 mm
noken as Vixion

Minggu, 07 Desember 2014

Substitusi Gear Set & Rantai Honda Supra X 125

Substitusi Gear Set & Rantai Honda Supra X 125 - Gear set dan rantai Honda Supra X 125 versi karburator menggunakan ukuran 14-35T (gear set) dan kode 420-104 (rantai). Kelemahan dari rantai ukuran 420 ini adalah cepat molor dan tidak kuat untuk beban besar. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan rantai dan gear set dari Honda Supra Fit New dengan kode 428-106 (rantai) dan gear set ukuran 14/36T. Ditinjau dari harga pun lebih murah milik Supra Fit New dibanding orisinil Supra X 125.
gear set dan rantai
Untuk pemasangan, baut dudukan rantai sama baik depan maupun belakang. Setelah terpasang semua, terlihat bahwa setelan rantai Supra Fit New hampir mentok di belakang. Hal ini disebabkan karena rantai lebih panjang 2 mata milik Fit New (106 Fit, 104 Supra X 125). Agar dapat disetel ketika rantai sudah mulur lagi, rantai dipotong 2 mata.

Secara performa, tarikan motor lebih cepat diraih karena perbandingan final gear lebih ringan. Standar Supra X 125 adalah 35/14 = 2.5, sedangkan Fit new adalah 36/14 = 2.57. Untuk top speed sama-sama dapat diraih.

Kamis, 04 Desember 2014

Profil Camshaft/Noken As Standar Yamaha Jupiter

Profil Camshaft/Noken As Standar Yamaha Jupiter. Berikut detail profil noken as di motor Yamaha Jupiter, Vega, maupun Crypton.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN : 27 + 180 + 53 = 260º
EX : 53 + 180 + 33 = 266º
Overlap : 60º

Celah renggang klep :
IN : 0.05 - 0.10 mm
EX : 0.08 - 0.13 mm
camshaft Jupiter

Ganti Boring/Liner Diasil Cylinder Yamaha Vixion

Ganti Boring/Liner Diasil Cylinder Yamaha Vixion - Perlu diketahui bagi pemilik Yamaha Vixion yang ingin bore up bahwa blok piston nya tidak dapat dioversize. Memang tidak dapat dioversize, namun dapat diganti menggunakan liner/boring biasa alias di sok ulang (overbos). Apabila sudah diganti boring besi, maka piston harus menggunakan bahan aluminium (piston forged menggunakan bahan besi, boring diasil menggunakan bahan aluminium).
paket bore up Vixion
liner di sok ulang
Yang terjadi apabila blok standar dioversize tanpa ganti liner dan piston menggunakan aluminium adalah cepat aus nya piston. Begitu pula apabila mempertahankan forged piston dikombinasi dengan liner besi konvensional, piston cepat aus. Keausan yang terjadi bukan dari pelumas, melainkan memang bukan kombinasi bahan yang tepat. Berikut penampakan blok dan piston Vixion milik teman yang kurang tepat pengerjaan nya (usia pakai hanya sampai 2 bulan).
liner dioversize jadi lecet
piston NPP Vixion

Memasang Blok Piston Vixion di Yamaha Jupiter MX

Memasang Blok Piston Vixion di Yamaha Jupiter MX - Untuk menambah kapasitas mesin Yamaha Jupiter MX sering orang menggunakan blok piston milik Yamaha Vixion. Dibandingkan paket bore up, kualitas orisinil dapat dipastikan lebih terjamin. Pemasangan nya hanya perlu membubut pantat blok sebanyak 1 mm alias menyamakan dengan diameter luar boring Jupiter MX standar. Sisanya hanya pemasangan seperti biasa meliputi gasket Jupiter MX, piston kit Vixion, dll.
blok Yamaha Vixion

Selasa, 25 November 2014

Modifikasi Durasi Noken As/Camshaft

Modifikasi Durasi Noken As/Camshaft - Demi mengejar kecepatan pada sebuah motor, modifikasi noken as/camshaft sudah sewajarnya dilakukan. Namun apa saja yang diubah pada noken as/camshaft tersebut? Tentu nya ada banyak hal. Salah satunya adalah mengubah durasi pada noken as/camshaft itu sendiri. Perlu ditinjau kembali bahwa durasi tinggi akan memunculkan peak power mesin di rpm tinggi dan begitu juga sebaliknya, durasi rendah akan memunculkan peak power di rpm rendah.
perubahan durasi pada grafik dynotest
Untuk ubahan durasi sendiri ada pada penggeseran titik derajat. Fungsinya agar proses masuk bahan bakar maupun keluar gas buang lebih lancar pada rpm tinggi. Apabila power mesin lebih keluar di rpm tinggi, maka lebih mudah mengolah speed motor agar topspeed meningkat. Perlu diingat kembali bahwa rpm mesin juga mempengaruhi top speed pada kendaraan.

Untuk ubahan durasi dengan cara papas noken as/camshaft standar, menggunakan grinding machine, akan otomatis mengubah lift dan overlap. Penjelasan secara singkat akan ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
bubut noken as