Senin, 25 Januari 2016

Ciri Kiprok Mati/Rusak

Ciri Kiprok Mati/Rusak - Kiprok, sebutan dari regulator rectrifier, memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik AC ke DC (rectrifier) dan juga pembatas tegangan (regulator). Pada motor, umumnya bebek dan matik, masih menggunakan kiprok halfwave. Cirinya adalah lampu depan menggunakan tegangan AC dan terang lampu mengikuti putaran mesin. Lain dengan motor sekarang yang lampu depan menggunakan tegangan DC bersumber dari aki, biasanya menggunakan kiprok fullwave (Tiger) atau lebih bagus lagi yaitu 3 phase (Old Vixion).
kiprok halfwave
Tentu semua komponen memiliki usia pemakaian. Untuk kelistrikan, terutama kiprok, usia pakai sangatlah panjang. Pemakaian normal bisa 10 tahun baru minta ganti. Cara mengecek kondisi kiprok tanpa alat adalah dengan memegang body kiprok tersebut ketika mesin hidup. Apabila hangat berarti normal, apabila panas/dingin berarti ada yang tidak beres. Ciri dari kiprok rusak adalah sebagai berikut.
  1. Lampu sering putus
    Kejadian ini dilanda oleh kiprok halfwave dimana lampu depan bersumber dari spul. Apabila fungsi regulator sudah tidak lagi semestinya,tegangan ke lampu akan melewati batas 15 volt dan lampu depan akan sering putus. Hal ini terlihat dari nyala lampu yang sangat terang seiring naiknya rpm mesin dan beberapa waktu kemudian putus.
    Kejadian tersebut juga bisa dialami motor dengan kiprok fullwave berlampu depan tegangan DC. Biasanya karena aki tidak terpasang, atau pada kiprok macam Tiger/MegaPro volt monitor yang tengah tidak terpasang atau soket kendor.
    lampu cepat putus
  2. Aki sering tekor
    Kasus aki sering tekor, terkadang orang hanya menyalahkan aki, namun belum mengecek dengan pasti kiprok dan spul nya. Cara mengeceknya adalah gunakan voltmeter DC, cek tegangan aki sebelum mesin hidup (max. 13 volt), hidupkan mesin saat stationer (V = 12-13 VDC), naikkan rpm mesin kira-kira 5.000 rpm (max. 15 VDC). Apabila tegangan tidak ada perubahan dari saat mesin mati, berarti antara kiprok rusak dan spul yang rusak. Langkah selanjutnya adalah mengecek spul.
    sering ganti aki
  3. Tegangan spul hampir tidak ada
    Ketika mesin hidup, pasang Voltmeter AC untuk mengecek output spul. Biasanya jika kiprok ada indikasi rusak, ketika soket masih dipasang maka tegangan spul seperti tidak ada atau < 10 VAC. Ketika soket kiprok dilepas (saklar lampu harap geser ke OFF), tegangan spul kembali normal. Dengan demikian kiprok lah yang terjadi kerusakan. Jika tetap tidak ada output spul, silahkan dicek kondisi spul rusak/tidak.
    kiprok dan spul
    sumber listrik motor

Jumat, 22 Januari 2016

Spesifikasi Yamaha Aerox 125

Yamaha Aerox 125
mesin mirip Xeon
Mesin
Tipe Mesin : Liquid cooled, 4-stroke, SOHC
Jumlah / Posisi Silinder : single cylinder
Diameter x Langkah : 52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 10,9:1
Daya Maksimum : 8,4 kW /9.000 rpm
Torsi Maksimum : 10,4 Nm /6.500 rpm
Sistem Starter : elektrik & kick starter
Sistem Pelumasan : basah
Kapasitas Oli Mesin : 0,8 L
Sistem Bahan Bakar : fuel injection
Tipe Kopling : kering, sentrifugal
Tipe Transmisi : CVT V-belt automatic

Dimensi
P X L X T : 1857 mm x 742 mm x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda : 1265 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm
Tinggi Tempat Duduk : 760 mm
Berat Isi : 102 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 3,8 L

Rangka
Tipe Rangka : underbone
Suspensi Depan : teleskopik
Suspensi Belakang : unit swing
Ban Depan : 70/90-14
Ban Belakang : 100/70-14
Rem Depan : disc brake
Rem Belakang : drum brake

Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI
Battery : Yuasa YTZ5S
Tipe Busi : NGK CR7E

Rabu, 20 Januari 2016

Korek Harian Honda Beat/Scoopy/Spacy Standar

Korek Harian Honda Beat/Scoopy/Spacy Standar - Ubahan kali ini sangatlah minimalis, yaitu dengan mengganti piston standar dengan milik Yamaha Jupiter Z1. Keuntungannya adalah ring piston lebih tipis (seperti Vario 110), piston forged yang lebih ringan dan kuat, serta tipe flat yang menaikkan rasio kompresi menjadi 10 : 1.
piston standar Beat
Caranya bagaimana? Tinggal beli piston kit Jupiter Z1 dengan oversize yang sama dengan piston sekarang (ukuran sama), lalu bawa ke tukang bubut untuk dibuatkan coakan klep, dan apabila ingin diberi alur oli di badan piston juga boleh.
piston Jupiter Z1
Dibandingkan dengan menggunakan piston Vario 110, tentu cara ini masih bisa menggunakan premium. Apabila tidak ingin ribet, monggo dicoba piston Vario 110 karena langsung plug n play di Beat/Scoopy/Spacy. Namun tentunya bahan bakar menuntut Pertalite/Pertamax.

Senin, 18 Januari 2016

Detail Oli Mesin AHM

Detail Oli Mesin AHM - Berikut merupakan detail dari spesifikasi pelumas mesin merk Astra Honda Motor (AHM).
oli mesin AHM

MATIC OIL
  • MPX-2 (800 & 1.000 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MB
  • SPX-2 (800 & 1.000 ml)
    Full syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MB
NON MATIC OIL
  • MPX-1 (800 & 1.000 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MA
  • SPX-1 (800 & 1.000 ml)
    Full syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MA

Jumat, 15 Januari 2016

Yamalube Chemical Product

Yamalube Chemical Product - Berikut merupakan beberapa produk kimia keluaran dari Yamaha.
chemical product Yamaha
  • Minyak rem (Brake Fluid)
    DOT 3 (50 ml)
    DOT 4 (350 ml)
  • Air radiator (Yamacoolant)
    Isi 900 ml, komposisi 50%
  • Oli sok (Front Fork Oil)
    Isi 150 ml, type G-10
  • Carbon Cleaner
    Isi 75 ml, terdiri atas Poly Ether Amine (PEA)
  • Pelumas rantai (Chain Lube)
    Isi 70 ml, berwarna biru
  • Oli gardan (Gear motor oil)
    Isi 110 ml, 140 ml, dan 150 ml
    SAE 20W40
    API SG
    JASO MB

Rabu, 13 Januari 2016

Detail Oli Mesin Yamalube

Detail Oli Mesin Yamalube - Berikut merupakan detail dari spesifikasi pelumas mesin merk Yamalube.
oli mesin Yamalube
MATIC OIL
  • Power Matic (800 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W40
    API SL
    JASO MB
  • Matic (800 ml)
    Semi syntetic
    SAE 20W40
    API SJ
    JASO MA
  • Super Matic (1.000 ml)
    Full syntetic
    SAE 10W40
    API SL
    JASO MB
MOPED OIL
  • 2T Black (700 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W40
    JASO FC
    NB: Digunakan sebagai oli samping
  • 4T Gold (800 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W40
    API SL
    JASO MA
  • 4T Silver (800 ml)
    Semi syntetic
    SAE 20W40
    API SJ
    JASO MA
SPORT OIL
  • 4T Sport Motor Oil (1.000 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W40
    API SL
    JASO MA
  • Super Sport (1.000 ml)
    Full syntetic
    SAE 10W40
    API SL
    JASO MA2
  • Racing Oil (1.000 ml)
    Full syntetic ester
    SAE 15W30
    API SL
    JASO MA2

Senin, 11 Januari 2016

Kecepatan Motor 2 Tak 80 cc

Kecepatan Motor 2 Tak 80 cc - Monggo bro dilihat video motor drag dari Belanda. Kapasitas mesin hanya 80 cc, yaitu dari perpaduan isi silinder 50 x 45 mm. Mirip dengan Yamaha V80 bore up. Bedanya ada pada konstruksi silinder tegak, rasio 6 speed, kopling, gearbox close ratio, merk motor, dan beda semuanya. Haha
Berdasarkan video di atas dapat dihitung untuk jarak 201 m sekitar 8 detik. Seperti inilah gambar motor tersebut.
motor drag 88 cc stage 6
mesin nya

Jumat, 08 Januari 2016

Cara Membuat Fullwave Dengan Spul dan Kiprok Standar Halfwave Single Phase

Cara Membuat Fullwave Dengan Spul dan Kiprok Standar Halfwave Single Phase - Motor bebek rata - rata menggunakan spul 1 fasa dengan kiprok halfwave. Untuk membuat pengisian aki lebih cepat, biasanya menggunakan kiprok fullwave. Namun, untuk menekan biaya bisa menggunakan cara seperti gambar di bawah ini.
fullwave dengan 1 kiprok Honda standar
Berdasarkan gambar di atas dapat kita lihat bahwa:
  1. Spul seperti biasa dicabut massa nya dan disambung kabel tambahan sebagai output spul
  2. Diode, sejumlah 4 buah, digunakan sebagai pembagi massa. (Nilai diode bebas, misal: 6A05)
  3. Apabila lampu ingin ikut aki, kuning sudah tidak digunakan lagi.
Selain itu, bila memiliki 2 buah kiprok, tentu akan membuat kerja kiprok tidak terlalu berat. Berikut skema nya.
fullwave dengan 2 kiprok Honda standar

Rabu, 06 Januari 2016

Daftar Oli Samping 2 Tak

Daftar Oli Samping 2 Tak - Berikut merupakan daftar oli samping 2 tak, agar kalian rider 2 tak tidak bingung lagi memilih oli samping.
oli samping untuk motor 2 tak
Mineral
  • AGIP 2T - JASO FB
  • Castrol GO! 2T - JASO FB
  • Evalube 2T API TB
  • Shell Advance SX - JASO FB
  • Total 2T Special - API TC
Semi Synthetic
  • AGIP City 2T - JASO FC
  • AGIP 2T F1 - JASO FC
  • ARAL 2T Basic Energy - JASO FC
  • Castrol Activ 2T Low Smoke - JASO FC
  • ELF IndoOil CX800 2T Smokeless Perfumed - JASO FC
  • ELF 2T Moto Sport SP - JASO FC
  • Eneos 2T City - JASO FC
  • Fuchs Comp-2 Injector - JASO FC
  • Gulf Power Trac 2T - JASO FC
  • Idemitsu Racing 2T - JASO FC
  • Idemitsu Extreme - JASO FC
  • Kawasaki Genuine Oil 2T - JASO FC
  • Motul 510 Technosynthese - JASO FD
  • Nixol 2TRX - JASO FC
  • Orange 2T - JASO FC
  • Petronas Sprinta 2T 4000 - JASO FC
  • Scorpion Biker 2T Smokless Perfumed - API TC
  • Shell Advance VSX - JASO FC
  • SPC 2T Special Super Perfumed - API TC
  • SPC 2T Alpha Super Perfumed - JASO FC
  • SPC 2T-S Perfumed - JASO FC
  • Total 2T Grandprix - API TC
  • Total 2T Racing - API TC
  • Valvoline 2T - API TC
  • Yamalube 2T Black - JASO FC
Synthetic
  • AGIP 2T Speed - JASO FC
  • Bardahl 2T - JASO FC
  • Castrol Power 1 - JASO FD
  • Gasoli 2T Super Sporty G1000 - API TC
  • Motul 710 100% - JASO FD
  • Motul 800 Offroad Factory Line Ester 100% - API TC
  • Petronas Sprinta 2T 5000 100% - JASO FC
  • RedMax ProBlend 2 Cycle Engine Oil - JASO FD
  • Repsol 2T - API TC JASO FC
  • STP 2T Low Smoke Perfumed - JASO FC
  • TOP 1 2T Low Smoke - JASO FC
  • Total 2T Hi-Perf - JASO FD
  • Vistra 2T 500 - JASO FC
Synthetic - Racing Only
  • Castrol A747 Castor
  • Castrol TTS 2T Full Synthetic Racing
  • IP Sintiax Max Competition 2T
  • Motul 800 Road Racing Factory Line Double Ester 100% Synthese
  • Silkolene 2T PRO2Electrosyntec 100% Synthetic Ester
  • Silkolene 2T Comp Plus Electrosyntec Sythentic Ester - JASO FD
  • Shell Racing X 2T

Senin, 04 Januari 2016

Kualitas Oli Samping 2 Tak

Kualitas Oli Samping 2 Tak - Cara untuk melihat kualitas oli samping 2 tak sebenarnya hampir sama caranya dengan pelumas mesin 4 tak. Caranya cukup dengan melihat JASO atau API nya yang tertera pada kemasan. Apabila oli samping yang dibeli merupakan produk asli, tentu kode JASO dan API yang tertera sungguh-sungguh merupakan cerminan kualitasnya. Selain itu terkadang ada yang mineral, semi-syntetic, dan full syntetic. Tentu full syntetic merupakan pelumas rekayasa yang paling baik untuk dipakai karena sudah diciptakan khusus dan memenuhi fungsi dari pelumas. Berikut merupakan kode yang tertera pada oli samping motor 2 tak.
oli samping Orange
API TC, JASO FC
JASO
  1. FA = sudah tidak digunakan lagi
  2. FB = kualitas rendah
  3. FC = kualitas menengah
  4. FD = kualitas tinggi

API
  1. TA = sudah tidak digunakan lagi
  2. TB = kualitas rendah
  3. TC = kualitas menengah
  4. TD = kualitas tinggi

Jumat, 01 Januari 2016

Korek Harian Honda Supra X 107 cc

1. Piston Honda Vario 125
Dibandingkan piston Kharisma yang cekung, rasio kompresi menggunakan piston Vario 125 akan lebih padat. Selain itu bodi piston yang mungil meringankan bobot piston, dengan pen pendek serta ring piston tipis. Dijamin lebih mantap daripada piston Kharisma. Caranya sama seperti menggunakan piston Kharisma, kolter atau sekalian ganti boring agar awet.
piston motor
Vario 125 (kiri), Supra 125 (kanan)
2. Per Kopling Smash
Per kopling menggunakan orisinil Smash agar lebih pakem. Pemasangan tinggal PnP saja alias langsung tukar. Tentu membongkar bak kopling terlebih dahulu.
per kopling Smash
3. Porting polish
Porting kop standar kurang bagus untuk rpm tinggi. Agar respon dan performa mesin lebih baik tentu porting polish sangat dianjurkan.
port yang sudah dicostum
4. Noken as costum
Noken as standar dicostum sedikit. Profil mengikuti standar. Durasi standar, hanya menambah lift dan overlap saja. Tentu desain ini malah lebih irit bahan bakar daripada kondisi standar.
noken as Supra X

Rabu, 30 Desember 2015

Korek Harian Yamaha Jupiter 117 cc

1. Piston Honda Vario 125
Diameter piston standar Vario 125 adalah 52.4 mm dan menghasilkan kapasitas mesin 116.5 cc. Tinggi piston lebih tinggi 1 mm dibanding standar dan tipe jenong. Tentu rasio kompresi statis naik sekitar 10.7 : 1. Coakan klep dibuatkan lagi mengikuti klep yang masih standar.
piston Honda Vario 125 di Jupiter
2. Karburator Yamaha Jupiter Z
Karburator standar Jupiter Z dapat dipakai tanpa ubah apapun. Paling tidak porting polish dilakukan agar setelan karbu terasa ringan. Intake manifold kebetulan memakai yang pendek, usai dipotong dan dilas kembali.
karburator Jupiter Z standar
3. Knalpot Standar Bobok
Knalpot standar dibobok tanpa sekat dan diberi pipa ram dan glasswol agar suara tidak keras. Tarikan motor jadi lebih ringan.
knalpot freeflow standar costum
4. CDI Yamaha Mio lawas
Pengapian standar unlimiter digantikan dengan milik Mio lawas yang limiter 12.500 rpm. Karakter Mio lebih bagus sehingga performa juga lebih bagus serta lebih irit bahan bakar.
CDI Mio lawas 5TL
5. Noken as costum
Noken as standar dipapas dengan spesifikasi buka tutup 20-40 dan lift dipatok 7.8 mm. Per klep standar masih dapat dipakai namun sebaiknya per klep racing saja.