Rabu, 20 Juni 2012

Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel


Sudah banyak kasus fatal. CDI Mio dan New Mio saling tukar. Akibatnya CDI terbakar dan keluar asap tebal. Sebabnya, walau soket sama namun posisi kabel berbeda.

Tahunya, soket sama tapi posisi kabel berbeda. Itu juga terjadi di Yamaha Vega ZR danNew Jupiter-Z.

Paling gampang, coba perhatikan soket CDI (lihat gambar). Di Mio dan Jupiter-Z lama, terminal nomor 1 diisi kabel oranye yang menuju koil. Kalau di New Mio dan New Jupiter-Z diisi kabel merah yang menuju pulser.



Kalau asal colok, kabel dari koil dan pulser jadi tertukar. Ini yang menyebabkan CDI terbakar dan mati.

Lebih fatal lagi yang tertukar kabel setrum. Di Mio lama, kaki terminal nomor 4 diisikabel setrum 12 volt. Namun di Mio baru, kaki nomor 4 massa bodi. Kalau CDI Mio barudipasang di Mio lama, ini yang menyababkan keluar asap. Sebab antara setrum positif dan negatif bertemu.

Untuk mengakalinya agar bisa saling tukar, sebenarnya bisa ditempuh dengan cara modifikasi. Posisi kaki-kaki di soket CDI diatur ulang. Silakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya Mio lama mau menggunakan CDI New Mio. Bisa saja asal mau atur ulang kabelnya. Disesuaikan dengan seperti soket New Mio. Ini tinggal mekanik yangmenyesuaikan. Biar tidak salah, lihat gambar ya.



Koil ikut Mati
Kejadian saling tukar CDI Mio lama dan baru memang bisa berakibat fatal. Tidak hanya CDI yang akan terbakar. Kemungkinan kabel bodi juga ikut hangus. Lebih parah lagi koil juga jadi lemah. Bentuk dan ukuran soket sama antara Mio lama dan New Mio

Koil lemah bikin pengapian kecil. Nyala bunga api jadi ikut kecil. Tidak kuat menahan kompresi yang besar di ruang bakar. Meski dilihat ada api, dipastikan mesin akan tetap tidak mau nyala.

Begitu dilakukan penggantian koil, mesin langsung hidup dan normal. Ini pengalaman berharga dan bisa dibagi kepada semua pembaca setia.


Jika mengalami hal serupa, buruan ganti koil. Sebab walaupun bensin penuh dan ada nyala api dari koil, tetap saja mesin tidak mau hidup. Sebabnya ya itu tadi, nyala api koil kecil.

Diingatkan jangan sampai bongkar yang lain- dan buang waktu. Koil lemah tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan mesin untuk hidup.

35 komentar:

  1. makasih banyak infonya mas, kejadian kemarin ganti cdi new mio di mio lama(smile) sampe 2x kebakar trus, ternyata kabel kebalik hahaha...

    BalasHapus
  2. Cdi mio bisa gak di pasang di astrea grand?

    BalasHapus
  3. cdi mio tidak bisa dipasang langsung ke grand.. harus modif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menambah panjang pick up magnet sesuai Mio, mengubah jalur kabel sesuai CDI Mio.. spul AC nya dimatikan, jadi input dari Aki alias DC

      Hapus
  4. Pikup mio mio tu berapa panjang nya.dan kalok di gren pikup nya nambah depan apa belakang...! Infonya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah 57.5 mm.. kalau ke grand yg depan yg ditambah kurang lebih 5 cm.. mending CDI shogun aja praktis

      Hapus
    2. Maaf bang klo d pasang d satria kotak...itu yang d tambah nya brpa cm SMA yang d tambah depan apa blkng nya ya

      Hapus
    3. Yg paling penting itu timing nya.. derajat berapa sampai berapa, panjang menyesuaikan mio..

      Ada baiknya yg ditambah yg depan, jadi timing stasioner standar

      Hapus
  5. klau CDI Mio sporti salah pasang ke Mio soul , koil sya terbakar nh.. bg. busi nya kena terbakar dk.. / sampai spull bg

    BalasHapus
  6. Maf Mio ane smile. TP udh beli cdi Mio lama,udh Di Coba jg cdi nya. Pertanyaan lagsg ruksak G cdi/Msh Bisa Di pake asal ganti Posisi soket,saya CM Coba udh ga nyala lgsg copot

    BalasHapus
  7. Jupiter Z tahun 2008 dipasang cdi mio 5tl lngsung pnp gk bang dn prlu merubah tonjolan magnet gk bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung pnp.. tonjolan bebas mau standar apa diubah.. standar aja bisa kok

      Hapus
  8. Semenjak saya lihat skema ini.... Saya baru tahu bahwa pemasangan di temenku terbalik dijalur pulser nyah, pantas saja motor ku nyalahnya brebet dan susah, kiprok langsung panas..... Edan

    BalasHapus
  9. Bang, mau tanya, ane beli cdi mio, pas dipasang, cuma kontak on, output cdi udah keluar percikan, padahal kabel dari pulser udah ane putus, itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imitasi? Motor injeksi?
      CDI BRT pun begitu lo dikontak ada percikan

      Hapus
    2. bukan injeksi, tapi percikannya gak berhenti, mercik terus. cdi juga bunyi ngiiing.. apa cdi short ya. padahal itu baru kabel + n - yang ane sambung, yg pulser blm disambung.

      Hapus
    3. Kode 5TL CDI ori nya..
      Bunyi nging standar nya juga gitu
      Tapi kalau mercik terus posisi kontak tetap ON ya jangan dipakai

      Hapus
  10. Berarti kesimpulannya klau ada yg ingin menganti CDI itu mengikuti CDI atau mengikuti tahun motor, seperti CDI mio 28D apakah harus mengikuti CDI mio 28D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengganti CDI harus menyesuaikan jalur kabel alias wiring.. selain itu juga karakter CDI agar bekerja normal

      Hapus
  11. Bng cdi kode 5d99880 bisa dipasang dismile ga bng?gmna cara ngatur soket sma kabelnya bng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat aja soket cdi mio smile sama dengan kiri atau kanan urutan kabelnya.. seingat saya 5D9 vega zr sama saja dengan mio smile

      Ga ada perubahan karakter tenaga

      Hapus
  12. Kalau misalkan cdi mio 5tl di pasang ke jupiter mx new aman ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman aja tp kalau saya mending BRT sekalian

      Hapus
    2. om saya tadi coba cdi brt dualband mio smail di motor mio spoty tapi lupa blum di rubah kabel nya langsung saya nyalain kontak nya tapi ko lampu di cdi nya ngga nyala

      Hapus
    3. Ga nyala, wong ga ada arus masuk.. jalurnya salah..

      Hapus
  13. Saya mau tanya para suhu semua, jupiter lama kode cdi nya apa ya? 5tl, 5tp atau 5tf,,, mohon jawabannya

    BalasHapus
  14. edisi cdi 5tl mati mau ganti ke 28d apa yg harus di rubah mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending tetap 5TL..
      Kalau memaksa ubah ya tinggal menyesuaikan pin sesuai diagram di postingan ini

      Hapus
  15. Kalo CDI BRT Jupiter old ke Mio old bisa langsung pasang ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CDI BRT nya Jupiter dan Mio sama aja, bisa bertukar tuh sesama old

      Hapus