Teknologi di Yamaha Jupiter Z1 - Yamaha meluncurkan produk baru varian bebek,masih keluarga juputer sih,yaitu Jumpiter Z1.Banyak sekali perubahan di jupiter Z1 ini.mulai dari mesin,system pendingin,dan system pembakarannya disempurnakan.Saya akan mencoba sharing mengenai perubahan yang terjadi di jupiter Z1 yang bersumber dari motorplus.
1.Perubahan Mesin.
Disini mesin jupiter Z1 memiliki perubahan di sektor head, crankshaft, cylinder liner dan system transmisi. Yamaha mengklaim peningkatan tenaga Jupiter Z1 hingga 20 persen. Kini powernya mencapai 10,06 PS di 7.750 rpm dan torsinya 9,9 Nm pada 6.500 rpm. Memang ada banyak perubahan yang tidak bisa dipisahkan, seperti desain ruang bakar dan aplikasi kruk as baru serta injeksi bahan bakar nya. Berikut perubahannya :
Diaplikasinya roller rocker arm. Pelatuk klep model ini bisa dipastikan akan lebih minim gesekan karena pada bagian yang bersentuhan dengan camshaft atau noken as sudah dilengkapi roller.
Perubahan desain camshaft. Yang baru jadi terlihat lebih gendut tapi tidak terlalu tinggi, selain itu dilengkapi juga dengan cam bearing di dua sisi.
Durasi camshaft baru dikawinkan dengan klep baru yang kini lebih besar. Diameter payungnya jadi 26 mm untuk in dan 21 pada klep ex. Ukuran yang sama dengan klep Mio J dan Soul GT sekaligus lebih besar dari klep Jupiter lama yang hanya 23 mm in dan 20 mm ex.
Desain kepala silinder Jupiter Z1 terlihat baru. Kotak lebar tanpa banyak kisi-kisi. Ada dua tujuan dibuat desain seperti ini yang pertama memudahkan proses bongkar pasang. Tinggal lepas baut, maka semua komponen di kelapa silinder langsung terlihat jelas.
Disisi Crankcase dibenahi dengan menerapkan system YZ Crank.YZ Crank Technology ini diterapkan pada kruk as yang secara stroke tetap 57,9 mm dan diameter pistonnya 50,0 mm, artinya karakter mesinnya tetap over stroke. Tapi dengan mengatur ulang balance pada bandul kruk as, ayunannya jadi berubah. Ini sangat membantu ritme siklus pembakaran yang pada akhirnya membuat mesin bekerja lebih ringan.
Piston dan Cylinder. Kedua komponen ini juga baru! Pistonnya kini pakai tipe forged. Kekuatan piston jenis ini sudah tidak diragukan lagi, karena secara struktur logamnya lebih solid. Agar makin minim gesekan, piston baru Jupiter Z1 ini dibekali dengan ring piston yang sangat tipis.
System transmisi yang ternyata juga dibenahi. Baik primary maupun secondary reduction diracik ulang. Tapi paling signifikan adalah ubahan pada gigi 3 dan 4 yang membuat ratio lebih lebar cocok untuk putaran atas.
2. Perubahan System Pendingin
Menurut saya,semua system di motor akan bagus bila system pendingin juga bagus, iya ga? Jadi Jupiter Z1 ini juga mengalami perubahan di system pendinginan mesinnya.mari kita tengok dibawah.
Terlihat seperti gambar diatas bahwa system pendinginan disesuaikan dengan system aerodinamic. Yaitu system pendingin benar - benar disesuaikan dengan arah terpaan angin, sehingga system pendinginan lebih maksimal.
Bentuk sayap yang memiliki dua layer mengarahkan angin pada bagian mesin dengan lebih baik. Selain diarahkan ke kepala silinder agar lebih dingin, angin juga dengan mudah mencapai area throttle body, bak kopling dan magnet serta transmisi di bagian belakang.Cover silinder head yang kotak dan berpenampang lebar juga lebih mudah terpapar angin.
Aplikasi spiny sleeve cylinder juga cukup baik melepas panas. Silinder blok yang bagian luarnya memiliki permukaan seperti kulit durian ini mampu pelepasan panas yang lebih cepat dan merata. Berpori bro..hehe..
3. Perubahan System Pembakaran
Menurut pengamatan saya, tahun ini adalah tahun transisi system pembakaran khususnya penyuplai bensin ke ruang bakar, yaitu antara system karburator ke system pengkabutan atau injeksi. Pihak yamaha juga kalau dikonfirmasi mengatakan ini akan menjadi hal biasa di tahun berikutnya, hehe..okelah. Mari kita lihat komponen dan cara kerja system injeksi Yamaha Jupiter Z1.
Masalah penggunaan merek perangkat injeksi nya pun, Yamaha tidak terikat pada salah satu brand saja. Kalau pada Mio J, Soul GT dan V-Ixion menggunakan merek Mikuni, kali ini di Jupiter Z1 menggunakan keluaran Keihin.
Prinsip injeksi adalah Injeksi harus bisa membaca, melakukan proses dan mengkoreksi. Jadi kalau ga ada sensor ya ga seru..hehe..di Jupiter Z1 dilengkapi dengan IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor). ini untuk membaca kondisi mesin dan lingkungan sebelum mesin bekerja. Kalau proses yang melakukan adalah Injector, setelah terjadi pembakaran dikoreksi oleh sensor O2 yang dipasang didekat baut knalpot. Seberapa kaya sih O2 yang ada? begitu kira2 sob..posisi sensor juga memudahkan kita untuk bongkar pasang knalpot.
Yang menarik pada throttle body Jupiter Z1 adalah saluran aliran udara dari air filter-nya. Dibuat down draft, langsung lurus turun ke throttle body. Kata mekaniknya yamaha, dengan konstruksi ini turunnya udara juga dibantu oleh gravitasi sehingga kecepatan udaranya lebih tinggi. Sedang untuk fuel pump-nya masih tipe brush tapi memiliki tekanan cukup tinggi. Yaitu mencapai 295 kPa.
Untuk pengapian nya, kini memiliki magnet dengan output 140 watt yang memiliki 17 pick up rotor. Jelas jumlahnya banyak karena pick up rotor ini juga berfungsi sebagai panduan bekerjanya Crankshaft Position Sensor
Bang,numpang tanya nihh apakah blok mio j sama persis dengan blok jupiter z1 atau ada yang beda/harus di rubah????
BalasHapusMohon masukannya bang
Secara fisik sama kok cuma beda teknologi.. mio j diasil jadi piston harus ganti..
HapusSaya sih mending Jupiter Z1 nya
Bang numpang nanya.. Kalo as kruk piston jupiter z1 pnp gak ya sama jupiter z burhan/vega r new??
BalasHapusBisa tapi ga pnp.. saya pakai di jupiter saya
HapusBang mau nanya
BalasHapusBlok kop mio J klo diswap punya jupiter z1 PNP g bang?
Bisa.. packing head nya sama
HapusCuma ya penyesuaian lagi manifold knalpot dsb
Benar min, sy pakai Z1 yg modif head pakai Mio J. Knalpot Z1 jadi gak PNP jalur lehernya, alhasil knalpot gak bisa dipasang sperti standarnya. Tolong di bantu min sy harus pakai leheran apa yg bisa PnP 🙏
HapusCustom ke tukang knalpot
HapusBang persamaan rotak jupiter f1 dgn motor2 apa yg bang
BalasHapusRotak ini apa?
HapusFuel pump?
Pakai ori nya karena beda sama yamaha lain
Bang tanya? Pelatuk z1 yg roller mau ganti biasa cocoknya pake templar apa... cz angkatanya lemot
BalasHapusSepaket BRT biar performa bisa galak
HapusJangan lupa servis mesin nya biar prima
Bang, kalau vega zr pakai head juoiter z1/mio J pnp nggak bang?
BalasHapusTidak PNP
HapusBang kalau mio j pakai blok seher jupiter z1 pnp gak bang?
BalasHapusBisa lha wong sama persis
HapusKalau Jupiter Z1 sama.. PNP
BalasHapusKalau vega zr Jupiter z new ga sama
Bang mio soul gt 115 saya ngebul. Nah klo di ganti sama punya z1 cuma ganti blok aja ato sepaket sama pistonya? Trs apakah PNP bang atau harus ada ubahan lg? Mohon di jawab bang...
BalasHapusBisa sepaket.. tanpa ubahan
HapusJupiter Burhan Pake Head Z1 Gimana Mas? Apa aja yang diubah
BalasHapusUbah lubang baut samping gir dan rantai timing.. dudukan knalpot manifold beda
HapusBang apa beda piston mio j dengan jupiter z1, kenapa harganya berbeda.
BalasHapusMio J seperti vixion dan diasil lainnya.. piston nya besi..
HapusJupiter Z1 itu murni aluminium yang ditempa, liner nya besi biasa..
Mas mau nanya durasi noken as std z1 sama ga dengan durasi noken as xeon gt 125.mkasih
HapusBeda, Z1 lebih lebar.. karakter rpm tinggi
HapusSeingat saya 65 mm
BalasHapusBang mau nanya apa jadinya jupe z1 kem mio j atau soul gt
BalasHapusKarakter nya berubah jadi main rpm lebih rendah..
HapusPerforma Ngebut nya hilang
Bang mau nanya ukuran bearing noken as Jupiter Z1 kanan kiri ukuran berapa ya
BalasHapusBang mau nanya kalau ga salah mur 19 di sebelah kiri fungsinya apa ya ?
BalasHapusPenguat struktur cylinder head.. bisa jadi peredam getaran
HapusBang kalo Z1 dikasik noken as Mio J dan pakai piston fim97xb dim56 agar performa tdk turun harus bagaimana ya Bang..thanks
BalasHapusNoken matic condong main rpm rendah.. mending asli Z1 nya aja..
HapusBore up tentu butuh remap ECU atau ganti injektor.. ga mudah memang, tp begitu dapet setting nya dah enak loh
Bg kalo rasio rra jupiter z1 berapa bg
BalasHapusKurang lebih 1.5:1
Hapus