Hubungan Antara Panjang Intake Manifold dengan Torsi - Biasanya mekanik balap membuat intake sependek-pendek nya untuk mengejar laju gas dan bahan bakar menuju ke ruang bakar semakin cepat. Sebenarnya itu merupakan cara untuk mendapatkan torsi yang lebih besar di RPM tinggi, bukan untuk mengejar akselerasi spontan.
Tergantung pada kebutuhan juga intake mana yang akan kita pilih. Jika ingin irit dan hanya stop n go karena sering macet, pilih saja intake manifold panjang. Intake panjang memberi torsi di putaran bawah hingga menengah. Jika ingin kebut-kebutan atau bermodel drag, atau juga mau touring jarak jauh, pilih saja intake manifold pendek. Intake pendek memberi torsi lebih besar dibanding intake panjang, namun muncul ketika putaran atas.
Berikut grafik hubungan antara panjang intake dengan torsi yang telah diteliti sebelumnya.
grafik pembanding saja |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar