Membuat Capasitor Bank Sendiri - Fungsi dari capasitor bank adalah sebagai komponen yang bekerja seperti aki. Jadi menyimpan muatan listrik sementara. Ini juga dapat menjadi alat penyetabil tegangan pada kelistrikan kendaraan. Berikut cara membuatnya.
Alat dan Bahan yang diperlukan:
Alat dan Bahan yang diperlukan:
- Kapasitor ukuran 10000 mf 50V 2 buah sekitar Rp. 16.000,-
- Kabel secukupnya (2 warna hitam dan merah)
- Selotip listrik
- Kabel bakar sesuai ukuran kabel
- Solder + Timah secukupnya
- Lem bakar
- Gunting
- Korek
Langkah Kerja:
1. Rangkai kapasitor secara paralel seperti gambar di bawah
Paralel kedua kapasitor, sambung + dengan + (kabel merah), - dengan - pada kapasitor (kabel hitam) menggunakan solder, jangan lupa di tutup kabel bakar atau selotip.
Paralel kedua kapasitor, sambung + dengan + (kabel merah), - dengan - pada kapasitor (kabel hitam) menggunakan solder, jangan lupa di tutup kabel bakar atau selotip.
capasitor bank ala xitraxeena |
2. Charge dahulu dengan charger aki selama 10 menit
Jika rangkaian sudah siap, jangan langsung di sambung dengan aki motor karena muatan aki akan tersedot. Isi muatan dulu dengan men-charge kira-kira 10 menit dulu memakai charger aki (klo citra_X make charger baterai walaupun kurang maksimal)
Jika rangkaian sudah siap, jangan langsung di sambung dengan aki motor karena muatan aki akan tersedot. Isi muatan dulu dengan men-charge kira-kira 10 menit dulu memakai charger aki (klo citra_X make charger baterai walaupun kurang maksimal)
proses charge |
3. Rangkai dengan aki motor kita
Hubungkan kutub positif CP dengan kutub positif aki (kabel merah) dan kabel hitam kita pasang di kutub negatif aki.
hasil rangkaian |
dengan pakai capasitor bank, kita bisa nambah variasi lampu ato mgkn nambihin tape buat di motor kan gan..???
BalasHapusbisa bisa..tapi tetap enak kalo kiprok pake fullwave..
BalasHapusmotor sy supra fit (bebek), apa bisa diterapkan cara ini?
BalasHapusmengingat listriknya AC bukan DC seperti motor sport.
namanya aki tuh pasti DC bro hehe
BalasHapuscuma fungsi aki di supra fit cuma untuk klakson, lampu, dan kelistrikan lain..
untuk pengapian ga ngefek tuh hehe
soalnya dari spul listriknya..
hehe
Woy yg punya blog..sumbernya dipasang dong..ente ambil dari forum gilmot kan.. Itu foto + tulisan ku..
BalasHapusKopas neh... kasih link aslinya dong kalo kopas artikel
BalasHapushaha biar ada unsur copas yg penting kita share informasi bro..
BalasHapussaya kan udah ubah isi dan lain"nya dengan kata lain sudah saya olah supaya tidak sama..
hehe
kalau ditambah voltameter digital bisa kagak,terus bisa dipasang di mobil kagak
BalasHapusbisa aja bro hehe
BalasHapuskalau mobil brpa volt?
soalnya ini 12 volt lho
Kali di tambah rellay,gimana ?
BalasHapusBisa gak
emg relay mau buat apa? fungsi relay itu saklar..
HapusMantap gan. Jangan lupa sambungin kutub negatif-nya dengan sasis motor buat ground
BalasHapusitu negatif sudah terhubung ke sasis kok..
Hapuskan standar jepang sprti itu
aku pasang yang 10.000uf 50v.. pas abis masang bias idup, enak diajak jalan, tapi kalo uda diparkir sejam 2 jam, diselah susah idup. stater uda rusak, cuma bisa diselah. shogun 97. kapasitor nyambung aki terus. salahnya di mana ya? apa mungkin kapasitronya harus pake switch. capbank dilepas, langsung idup.
BalasHapusloh iya tah bro?
Hapusharusnya ndak sampe segitunya
brarti tersedot ke capasitor dan ndak bisa lepas ke pengapian nih.. waduh
ya gpp diakal aja
Gan. Saya pasang kapasitor bank juga. Hid lamp depan ikut sedikit kedip saat sen aku nyalain. Ini terjadi saat putaran rpm rendah. Mohon pencerahannya
Hapusikut nyoba ahh..
BalasHapustegangan nya kurang atau suplai lemah d rpm rendah
BalasHapus