Kamis, 06 Juni 2013

Membuat HCS Sendiri Model II

Membuat HCS sendiri model kedua juga tidak terlalu sulit. Mari disimak cara kerja nya.
Bahan:
  1. Wadah keras, misal: termos stainless, tabung power steering, reservoir radiator kecil Suzuki Katana, dsb.
  2. Selang tahan panas
  3. Kran, bisa kran angin atau kran bensin
  4. Pipa tembaga, dapat dicari di toko servis AC atau kulkas
  5. Modif intake manifold
  6. Braket botol untuk sepeda gunung/variasi sepeda motor
  7. Cairan sebagai isi wadah (alkohol, etanol, spiritus, premium, pertamax, pertamax plus, dsb.)
Cara Kerja:
1. Modif wadah
Wadah tetap dilubangi pada bagian atasnya sebanyak 2 lubang. Lubang pertama untuk saluran masuk (in) udara luar dan diberi selang hingga dasar wadah. Lubang kedua sebagai saluran keluar (out) uap cairan dan hanya berhenti tepat di puncak tutup wadah. Usahakan wadah tertutup rapat dan tidak mudah pecah. Gunakan lem besi atau lem bakar sebagai tambalan lubang tadi.
menggunakan lem silikon tembak
2. Pemasangan pipa tembaga
Pipa dapat dililitkan di leher knalpot atau ditempelkan memanjang mengikuti leher. Kalau dililitkan, kesusahannya ialah saat melilitkan karena pipa tembaga rawan tertekuk, patah dan penyet. Namun pelilitan ini akan mendapatkan panas lebih maksimal. Cara kedua adalah ditempelkan dan diikat menggunakan klem. Cara ini lebih murah karena pipa yang dibutuhkan lebih pendek dan tidak usah khawatir pipa patah maupun rusak. Namun, panas yang ditangkap kurang maksimal dibandingkan cara melilitkan pipa.
lilitan pipa tembaga di leher knalpot
3. Modif intake manifold
Jika sepeda motor Anda tidak ada nippel di intake manifoldnya, maka Anda harus memodif nya di tukang las aluminium. Minta tambahan nipple lagi di tempat yang Anda sekira nya nyaman dalam proses bongkar pasang.
terdapat lubang tambahan
4. Memberi selang
Setiap saluran diberi selang secukupnya. Saluran in menggunakan selang pendek saja dan diberi spuyer pilot jet agar udara masuk dapat terhambat. Maksud udara dihambat di sini adalah agar uap cairan lebih pekat dibandingkan tanpa spuyer. Kalau tanpa spuyer, udara luar malah yang sering terhisap. Campuran malah semakin kering dan rawan! Selain itu, spuyer dapat diubah sesuai angka nya dan ibarat pilot jet di karburator. Jetting ulang spuyer selang ini sampai mendapat hasil yang maksimal.
spuyer Jupiter ukuran 15
Untuk saluran out, selang dihubungkan ke katalis pipa tembaga di leher knalpot dan tambahkan kran terlebih dahulu. Selang kemudian ditambahkan lagi antara katalis pipa tembaga menuju intake manifold.
jalur selang
5. Beri braket botol
Braket tidak diperlukan jika wadah dapat disembunyikan di tempat aman, seperti bekas box filter untuk motor yang open filter, bagasi yang luas apalagi Helm-in, maupun di panel body/cover sepeda. Untuk sepeda motor yang tidak menemukan tempat menyembunyikan botol, Anda dapat menggunakan braket botol minum variasi atau milik sepeda gunung. Harga bervariasi tergantung model, bahan, dan ukuran.
braket diberi baut panjang agar masuk ke sepeda motor
6. Mengisi wadah
Sebelum mengisi wadah, pastikan wadah sudah tertutup rapat. Cek dengan meniup botol di dalam air agar muncul gelembung yang merupakan tanda kebocoran. Jika bocor pada lubang port, beri lem lagi hingga tertutup rapat. Jika bocor pada tutup wadah, beri selotip pipa air yang berwarna putih hingga tidak bocor. Jika sudah tidak bocor, isikan wadah menggunakan cairan yang digunakan. Milik saya, wadah saya isi dengan Etanol 97% sekitar ½ wadah.
1 liter Rp. 40.000
7. Setting ulang kran, karburator, dan spuyer di saluran in.
Kran milik saya terbuka penuh, spuyer saluran in ukuran 15, dan angin-angin karburator dari 1 putaran menjadi 2.5 putaran. Busi berwarna merah bata bersih tanpa kerak.

Tampilan motor dengan wadah HCS:

23 komentar:

  1. slang yg satu jadi spuyer. slang yg lain dsambung kmn pak?

    BalasHapus
  2. disambung ke knalpot dong.. hehe
    yg ada spuyernya dibiarkan, yg satu terhubung ke knalpot dan masuk ke intake manifold..

    BalasHapus
  3. ""wadah saya isi dengan Etanol 97% sekitar ½ wadah""

    itu bisa buat berapa km??
    kan wadahnya dilem rapat kalo mau isi lagi gimana???

    BalasHapus
  4. mungkin 1 minggu..
    saya menempuh sekitar 400 km bro..

    BalasHapus
  5. pipa katalisnya cuma pipa tembaga kosong aja apa ada isinya??

    BalasHapus
  6. Mau tanya mas, kalo di motor vixion gimasna ? Uap bensin ngambil dari tangki terus langsung ke liliatan pipa tembaga kaya di atas terus di join sama saluran ias ke intake manifold, ada yang kurang dalam pemasangan ? Saya belumake keran untuk atur besar kecilnya uap bensin, kalo harus pake keran, setelah katalis ato sebelum ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk vixion lama butuh setting angin2 di throttle body ya :D
      kran juga diperlukan lah pasti nya.
      supaya model bagus mending pakai tabung terpisah dan nggk ambil dr tangki.
      AIS mending nggk usah di pakai cz buat ngaco kalau dicabang

      Hapus
  7. Kalau tanpa spuyer, udara luar malah yang sering terhisap. Campuran malah semakin kering dan rawan!

    Itu maskud dari semakin kering dan rawan apa mas....? Rawan gimana mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya rawan panas toh bro :D
      ya nggk lari ntar motor mu

      Hapus
  8. itu pakai termos stainless, ga ada indikator etanolnya ya? maksudnya klo etanol sdh mau habis ga tau ya? soalnya ga keliatan dr luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silahkan pakai wadah bening :D
      nggk wajib kok bro yg penting keras bia rga berubah bentuk

      Hapus
  9. bang klo dah pake hcs, suplay bbm dari tangki udah g diperlukan?

    BalasHapus
  10. tetap perlu,
    HCS ini menambahi bukan menggantikan

    BalasHapus
  11. klw boleh tanya ini apa aja komponen yang terdapat didalam pipa katalis tersebut?

    BalasHapus
  12. filter biasa itu, bukan katalis khusus
    fungsi nya menangkap panas

    BalasHapus
  13. mau nanya untuk mengantisipasi tekanan baliknya gimana. kalo katalis kosong gitu rawan masuk api dari ruang pembakaran ga?

    BalasHapus
  14. ndak ada api bro hehe
    kalau ragu bisa buat bubbler. yaitu tabung yg diisi air, yg dr tangki ke dasar tabung, yg di atas dikasih saluran ke manifold.
    sprti reservoir

    BalasHapus
  15. botol udah stainlees. tapi tutup plastic ., kira" aman ga ya ., ?.,
    lalu ngomong" aman ga gan ., atau bisa kebakar ga gitu?

    BalasHapus
  16. pake botol plastik aja ga bakal meledak

    BalasHapus
  17. Gk sekalian pakai tabung oksigan aja itu?

    BalasHapus
  18. Mungkin lebih simpel carinbekas aki...isi bahan strum...sesai rpm....dorong gas dari udara mesin....simpel

    BalasHapus