Selasa, 29 Oktober 2013

Kopling Manual Yamaha V80 Bak Kopling F1ZR

Kopling Manual Yamaha V80 Bak Kopling F1ZR - Mengubah motor Yamaha V80 jadul menjadi berkopling manual pun dapat dilakukan. Keuntungannya adalah pemindahan gigi atau presneling yang lebih halus dan sebagai pengaman ketika mengalami overheat mesin.
bak kopling manual F1ZR
4 speed V80: klik di sini
.
Yang diperlukan adalah sebagai berikut.
1. Rumah kopling F1ZR 1 set
Mata primary reduction gear memiliki perbandingan yang sama, yaitu 66/21 dan konstruksi-nya pun sama sehingga langsung plug 'n play. Rumah kopling set ini terdiri dari rumah kopling, matahari kopling/bosh kopling, plat gesek, kampas kopling, per kopling, spacer oli, per kecil, push rod, laher bambu, dan stut kopling nya.
rumah kopling set F1ZR
2. Bak kopling di bor/bak kopling F1ZR
Bak kopling asli dapat dibor agar kopling dapat berfungsi. Atau dapat menggunakan bak kopling F1ZR dengan syarat menambah drat baut bak kopling di bagian depan.
bak kopling V80 (atas) dan F1ZR (bawah)
3. As gearbox primer original costum
Dibutuhkan as gearbox primer ori V80 costum agar rumah kopling dapat masuk sempurna. As gearbox memerlukan yang lebih pendek. Caranya adalah membubut mainshaft standar dan dibuatkan as rumah kopling yang baru menyesuaikan rumah kopling F1ZR.
Tambahan: Berdasarkan produk Yamaha terbaru yaitu Yamaha TTR 50, as gearbox primer memiliki panjang yang pas dan presneling juga hanya 3. Untuk part masih sulit dicari.
bagian main axle yang harus dicostum lebih pendek
url: klik di sini
Lampiran gambar:
Berikut beberapa lampiran gambar agar terlihat jelas bagian yang saya maksudkan.
bos saluran oli pakai F1ZR (kiri)
memberi drat di tukang bubut/las aluminium
posisi baut bak kopling sudah sama
rumah kopling F1ZR (kiri) dan V80 (kanan)
rumah kopling F1ZR (kiri) dan V80 (kanan)
rumah kopling dapat masuk sempurna
gear primary reduction F1ZR dan V80 sama
rumah kopling dapat masuk sempurna

11 komentar:

  1. Postingan anda keren banget.
    Saya ingin bertanya, saya punya motor jupiter MX NON KOPLING dan saya ingin membuatnya menjadi motor KOPLING, tetapi saya tidak ingin hanya mengganti BAK Koplingnya saja sebab hasilnya akan berbeda dengan motor kopling aslinya. Yang saya harapkan adalah saya ingin membuat motor saya sama seperti motor kopling asli dari pabrik, yang koplingnya enak di tekan dan lembut. Apa itu bisa di lakukan?? ap saja sparepart yang harus di ganti?? dan berapa biayanya?? Mohon Infonya.
    Jika bisa, tloong email saya efraimmasarrang@gmail.com

    BalasHapus
  2. Jadi volume oli setelah pakai bak kopling f1zr berapa mili?

    BalasHapus
  3. Brarti cuma bubut yang buat dudukan kapas kopling buat pnp punya fis doang.minta wanya biar paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah jelas banget padahal posting nya

      http://freecharz.blogspot.com/2014/03/modifikasi-main-shaft-v80-kopling-manual.html?m=1

      Hapus
  4. Berarti house kopling ganti pake fiz?

    BalasHapus
  5. Makasih banyak ilmunya mas singkat padatbdan jelas๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    Tapi apakah tidak gampang bocor mas atau ada penambahan daging biar pas sama krengkes
    Mohon infonya mas๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah gimana caranya.. yg paling enak ya ditambah daging di crankcase biar klop ๐Ÿคค

      Hapus
  6. Klo bak kopling fizr dipasang ke v80 apakah stut kopling nya PNP?

    BalasHapus