Skema Umum Modifikasi Fullwave di Sepeda Motor - Banyak sekali kendaraan roda dua, baik merek dan varian apapun, mengubah kelistrikannya menjadi fullwave alias gelombang penuh. Berikut cara umum modifikasi kelistrikan menjadi fullwave.
1. Syarat pertama modifikasi sistem kelistrikan fullwave:
Kawat kumparan stator (spul) pada alternator TIDAK BOLEH ada yang terhubung ke ground/massa. Jadi, semua ujung kawat kumparan (output) harus terpasang langsung ke Regulator sebagai “AC_INPUT”. Pada kebanyakan motor bebek/matik dengan sistem kelistrikan halfwave, salah satu output stator terhubung ke ground, baik secara langsung atau melalui kabel ground.
Pada gambar di atas tampak bahwa salah satu output / ujung kawat kumparan stator masih terhubung ke ground/massa.
Diagnosa simpel nya:
Cabut soket kabel stator => set multimeter digital ke “continuity mode” => colok probe (pen tester) merah pada output “charging” dan probe hitam pada ground/rangka. Jika multimeter berbunyi, artinya kumparan stator masih terhubung dengan ground.
Sesuai syarat, ujung kawat yang terhubung ke ground harus dicabut/diangkat dari ground. Contohnya pada stator Honda Beat di bawah ini:
kawat spul dicabut dari ground |
Dan jika ada, output lampu juga dicabut (boleh dari tab stator, boleh dari soket stator), karena nggak dipakai. Dengan begitu seluruh kumparan bakal digunakan sebagai AC_INPUT menuju regulator fullwave.
Jangan lupa, sambungan antara kawat kumparan dan kabel harus terisolasi dengan baik. Gunakan heat shrink tube atau selang bakar.
Secara skematik, modifikasi stator digambarkan seperti ini:
Modifikasi stator half-phase menjadi single-phase |
2. Syarat kedua modifikasi sistem kelistrikan fullwave:
Menggunakan regulator yang emang didesain untuk mengkonversikan listrik AC ke DC secara fullwave. Regulator fullwave minim punya dua AC_INPUT (jika 1-phase) atau tiga AC_INPUT (jika 3-phase). Contoh di bawah adalah Regulator 1-phase milik Honda Tiger:
Regulator fullwave milik Honda Tiger |
Soket 6-kaki untuk kiprok Honda Tiger |
Pada saat memasang regulator baru tersebut, usahakan bodi regulator menempel erat pada rangka motor agar panas yg dihasilkan regulator bisa tersebar baik.
Karena penggantian regulator, tentu harus ada sedikit rombakan pada jalur-jalur kabelnya. Contohnya bisa dilihat pada skema di bawah ini:
Instalasi stator, regulator dan jalur kabel |
————
Jadi, pada dasarnya, modifikasi sistem kelistrikan fullwave adalah sama untuk berbagai tipe sepeda motor. Bedanya paling banter cuma terletak pada desain stator dan warna kabel doang. Nah, yang punya niat tuk modifikasi sistem kelistrikan motornya, baca dan simak artikel ini baik-baik. Cetak ke kertas kalau perlu.
————
Apakah setelah modip harus ganti aki berkapasitas gede?
Tergantung kebutuhan. Fungsi aki nggak beda ama baterai cas (chargeable battery). Bisa menyimpan dan menyuplai listrik dalam durasi yang relatif lama. Yang jelas keberadaan aki adalah WAJIB meski kerjanya bisa dibilang nggak 100% kontinyu.
Pada saat putaran mesin rendah atau bahkan tidak menyala, voltase_output_regulator < voltase_output_aki. Pada kondisi ini aki menjadi suplier listrik ke beban-beban listrik seperti lampu, klakson, starter elektrik, dll. Namun ketika putaran mesin meningkat, hingga voltase_output_regulator > voltase_output_aki, maka aki “berhenti” menyuplai listrik, karena potensial listriknya lebih rendah daripada potensial listrik dari regulator — sama kayak air, listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah — sehingga pada kondisi ini listrik disuplai oleh alternator (setelah dikonversi ke DC & dilimit oleh regulator), sementara aki berfungsi sebagai buffer, beban (charged), dan referensi voltase bagi regulator.
Jadi, tergantung apakah motormu lebih sering dipakai nangkring atau jalan (dengan berbagai pernak-pernik listrik menyala).
Apakah setelah modip bisa pasang macam-macam aksesoris listrik?
Modifikasi sistem kelistrikan fullwave bukanlah cheat “godmode”, semua ada batasnya. Bukan berarti setelah itu motormu bisa suplai listrik tanpa batas. Jadi, pinter-pinterlah memilih & memasang pernak-pernik elektrik di motor. Sesuaikan fungsinya dan efisiensinya. Kalo ada yang lebih irit, kenapa pilih yang boros? Kalo lampu rem dengan LED bisa keliatan dari jarak 50-100m, ngapain musti pake bohlam yang boros energi? Kalo dengan headlamp 35W~55W bisa ngeliat jalanan dengan jelas ngapain pake lampu 100W? Kalo HID 35W intensitas cahayanya setara bohlam halogen 55W, ngapain pilih halogen 55W?
Apakah dengan aki standar berpotensi overcharge?
Yang ngatur charging itu REGULATOR Meski pake aki 30Ah sekalipun, kalo fungsi “monitoring” pada regulatornya error, potensi overcharge pasti ada. Jadi, selama komponen-komponen kelistrikan berfungsi normal (alternator, jalur kabel, regulator, aki, dkk) dan instalasinya benar, nggak ada masalah kalo masih pengen memakai aki standar.
Apakah modifikasi fullwave berefek menurunkan performa mesin?
Setahunya nggak ada. Hasil pantauan RPM monitor nggak ada perubahan / penurunan RPM (putaran mesin) yang berarti nggak ada penurunan kinerja mesin. Sekian user (yang melakukan modifikasi fullwave) malah berkomentar tarikan mesin jadi lebih enteng. Tapi kalau ingin lebih terbukti, silakan lakukan dyno-test untuk mengetahui ada nggaknya dampak negatif terhadap performa mesin.
Mas novan,bisa jelasin kabel mana yg hrs dilepas atau disambung pd spul honda supra x 2004..niat ingin ubah ke fullwave
BalasHapusini posting pakai gmbrnya supra kok bro..
BalasHapusdi spul, massa di lepas.. warna hijau kabel nya..
kalau yamaha hitam..
sambungkan kabel massa yg dilepas pakai kabel baru..
beli kiprok fullwave dan tinggal ikuti soket kiprok nya hehe
Stlah massa dilepas,trs smbungan kabel massa yg baru kemana tuch...klau seandainy pakai kiprok tiger merk fukuyama gmn tuch,mas novan.
BalasHapusdisambung ke kabel baru alias beli lg..
BalasHapusskema sudah ada pada gambar di atas..
yang bawah kiri kanan adalah dr kabel pengisian bro..
kiprok imitasi pastinya kurang stabil.. hehe
mw nanya mas, mas sendiri punya rangkaian regulator fullwave nya g?biar sekalian gtu merangkainya.
BalasHapusregulator nya ga punya..
BalasHapusprinsip nya diode bridge hehe
pakai kiprok fullwave aja mudahnya bro hehe
bisa punya Tiger, dsb
kmrin sya buka stator mtor supra sya,niatnya mw merubah jdi fullwave kya gmbar diatas!tp pas sya buka,ternyata ad 4 warna kbel dri dtator sya mas.kuning,putih,biru,dan merah hitam.untuk yg warna kuning dan putih emang larinya ke kiprok mas,tp yg merah hitam dan biru larinya ke CDI!dstu sya jd bingung mas,mhon pencerahanya mklum bru punya mtor tp hobi ngoprek listrik tanks....
BalasHapusya udah bner itu
BalasHapusKuning → lampu utama
Putih → pengisian aki
itu aja bro hehe
yg dimodifikasi itu massa spul dilepas dan diberi kabel lg, kalau bisa warna Kuning hehe
biar sama n ga salah
untuk Biru itu pulser cdi
untuk merah hitam sih ingetku ke kontak untuk lanjut ke input CDI
kan cdi AC bro hehe
mas bener sekali ya mungkin saya yg bingung krna bru belajar!nanya lg nih mas,sya udah rubah stator mtor sya seperti ptunjuk mas di ats,tp krna lg bokek jd sya g pkai kiprok tiger yg,sya bkin sendri mas niru2 dri net!pertnyanya ialah ko kw kbel tmbahan yg tdinya ground spul g sya sambungkan ke bodi,arusnya g keluar ya mas?ap g ap2 tuh sya sambungkan kbel tambhan tdi ke regulator dan ke ground bodi?
BalasHapusya kalau ground spul dihubungkan ke ground bodi nah sama aja..
BalasHapusga ada perbedaan malahan haha
intinya masih standar dong? walau udah ada perubahan hehe
Mas saya mau fullwave fu saya tp ada bagian" yg saya ga ngerti..
BalasHapusBisa bantu share ga mas?
Boleh minta pin bb/ no hpnya?
Trims
lewat FB bro.. hehe
BalasHapusNovanda Sukiatmono
Mas njmx sy dahpake full wave smua dah sesuai skema, tp klo sat pake stater lampu indiktor berkedip.klo lampu sein nyala lampu utama jg berkedip ikutan sein. Kadang2 stater jg ga mau... pa yg salah ya mas? Mohon solusinya.....
BalasHapusaki udah mulai drop bro hehe
Hapusaplg lampu utama nyala tmbh kedip nya terasa haha
saat starter elektrik memang terjadi pengurangan cahaya lampu karena arus tersedot dinamo..
tp setelah menyala seharusnya normal apabila aki sehat
Aki dah sy cek 13v, tu tanpa beban. Sy pake lampu led yg flip flop dg sein, +led sy ambil dr +lampu kota dan -led ke +sein.tu ngaruh ga mas?
Hapussaat di starter drop ke brapa volt? kalau masih 8 - 10 bisa bro.. tp kalau drop ke 0 - 5 volt susah dah..
Hapusuntuk pemasangan variasi lampu mah terserah aja..
kalau lampu flip flop gabung ma sein ya pasti berkedip bareng selama gabung ma flasher hehe
Mas kabel ground Fu warna apa ya??heee
BalasHapusground suzuki hitam garis putih.
HapusBang aman kh untuk cdi standar yah
HapusBang bagus mana bikin spul gulungan baru atw spul bawaan bang
HapusSelama pengerjaan bener, aman aja
HapusSelama pengerjaan bener, aman aja
HapusSpul bawaan kalau masih bisa dipakai, dimanfaatkan saja
HapusKalau mau perhitungan beda ya otomatis butuh gulung ulang
Mas mau nanya nih, saya punya motor supra X125 helm in, saya lihat kabel yg berasal dr spull ada 3, Putih charging, Hijau masa, lalu Biru kabelnya mengarah ke belakang bodi (arah box/tangki), itu kabel biru buat apa ya mas.
BalasHapusKe pulser cdi untuk timing pengapian..
HapusApakah modifikasi revo absolute jadi fullwave pake kiprok tiger harus upgrade gulungan spul?
BalasHapusGulungan nya standar bisa, tinggal cabut massa disambung kabel ke kiprok Tiger.. jadi output kabel ada 2 dari masing-masing ujung spul
Hapusmas novan saya mau bertanya hehe... msh diseputaran kelistrikan nih.. mtrnya vario techno 110 karbu. pengapian brebet jika pengisian terkonek.. klo cuma pake aki pengapian normal.. Pake kiprok std ori bgtu awalnya, terus saya rubah ke fullwave, ternyata penyakitnya msh ada.. Intinya jika komponen spull kiprok di losss,, mtr normal, dan sebaliknya
BalasHapusBerarti ada yg short..
HapusCoba cek pasti ada yg nyentuh ke ground rangkaian nya
Izin nyimak mas..
BalasHapusBang setelah melepas terminal kawat kuning dan kawat ground, di cek kabel putih dan ujung kawat ground kok tdk terkonek ya?? Mlahan ada 2 ujung dari spull lampu (kabel kuning) yg sudah di cabut yg terkonek dgn kabel putih
BalasHapusBetul sekali.. kabel kuning memang dilanjutkan jadi kabel putih pada susunan standar nya..
HapusMau ke fulwave justru putih & kuning tidak boleh terhubung ke ground..
Bekas ground nya tinggal dikasih kabel, bisa pakai bekas kuning itu, disusun lagi ke kiprok fullwave nya.. jadi
Mas mau tanya kalo kawat massa di di lepas trus di sambungkan ke kabel kuning bisa gx? Jdi gx usah tmbah kabel lgi yg dri kawat massa tadi.
BalasHapusBisa kok asal jurusan kabel kuning nya diubah yang d kabel body disesuaikan ke input kiprok fullwave saja
Hapusnomor hp dong bang, biar bisa konsul motor klx lebih detail , soalnya sdh pake kiprok tiger ori, trus kabel putih sdh di tes gak konek ground, kabel kuning juga gak konek ground,,
BalasHapustapi kiprok malah panasnya over dan sketika motor mati, harus matiin kunci kontak dlu baru hidup lagi mass
Usahakan lampu depan ON terus ketika mesin hidup agar kiprok tidak over panas karena aki sudah penuh.. ibarat ember, jika air sudah memenuhi ember maka air harus dibuang, yaitu ke ground kiprok.. agar tidak terlalu besar pengisian ya harus dioper ke lampu depan bro
HapusApakah motor karisma bisa ...?
BalasHapusDan apasaja yg harus di ubah...master...?
mau tanya nih suhu๐ honda cs1 sya ngebrebed sperti kehabisan bensin dan nembak...konon kata bengkel bagian spul+pulser nya bermasalah...karna brebed terjadi saat mesin panas dan di RPM rendah...mohon pencerahan nya suhu๐๐ trims
BalasHapusBisa jadi pulser nya atau koil nya.. kalau spul bermasalah ke pengisian aki
HapusKang kalau kabel Massa di spull nya nggak dicopot kira2 bermasalah nggak?
BalasHapusJadi ga fungsi sama sekali
HapusKeren gan skemanya fbnya apa gan biar bisa inbox atau bisa kasih no whatsappnya gan
BalasHapusBisa minta no whatsappnya gan atau inbox fb mau tanya 2 soal fullwave motor
BalasHapusLuar biasa. Udah 7tahun masih dibls ya yg komen2.
BalasHapusMau nanya om, Jalur penerangan RX king saya udah DC, lampu utama led 35W, tp kl pas ngidupin sein lampu utama ikut kedip2. Banyak nyaranin jalur lampu utama dipasang relay, udh dicoba gk ngaruh. Ada yg saranin sein ganti led juga. Malah lebih aneh sein led gk mau kedip & redup kl lampu utama nyala. Padahal flasher juga udah pake yg khusus led. Masa ngangkat lampu utama 35w aja kuat, ngangkat sein yg kecil malah gk kuat (redup & gk kedip). Terimakasih
Hehehe semoga konsisten.. viewer ya turun jauh, sekarang beralih ke YouTube semua
HapusRelay hanya sebagai saklar/shortcut.. ga pengaruh..
Untuk kasus sein sendiri flasher nya harus yg cocok Watt nya.. sering tuh motor honda pakai flasher yamaha ga bisa kedip karena hitungan watt nya beda
Untuk kasus ikut kedip dikarenakan arus tidak stabil, mungkin dioda bisa membantu menstabilkan sein.. coba saja dioda dipasang sebelum flasher.. dioda 2 ampere minimal
Bang untuk Honda Revo FI apakah skema nya sama kayak di atas? Warna kabel nya apakah juga sama?
BalasHapusUntuk revo FI modifikasi kiprok Tiger kurang lebih di bagian spul hingga kiprok sama.. nanti penyesuaian dari kiprok ke kabel body nya menyesuaikan jalur revo FI
Hapussudah berhasil kah om,ubah fullwave revo fi nya?,kebetulan saya juga pengguna revo fi
HapusBang apa ada alat untuk memproteksi aki biar gak over charging.kayak di hp.
BalasHapusUntuk mobil dari jaman jadul sudah ada, karena dinamo ampere (istilah bengkel) prinsip nya menggunakan medan magnet buatan.. bisa diatur output keluar ke aki..
HapusUntuk motor saat ini murni sistem nya overcharge menerus, kecuali sistem kiprok fullwave dan 3 phase..
Bang motor saya RX king,mau dibikin fullwave,.cuma gak pake kiprok Tiger,soalnya cuma ada kiprok Vixion yg tiga phase..yg saya tanyakan merubah jalur dari spull sama kioroknya gmana?,soalnya saya coba pasang malah gak ngisi ke aki..lampu juga tgl ngikutin puteran mesin
BalasHapusKiprok vixion 3 phase, dah jelas ga bisa dipakai di RX King..
HapusKecuali spul dan magnet pakai 3 phase sekaligus..
Tau ga om, standardnya berapa jumlah lilitan yang dipakai di fullwave? Trus rekomended nya pake kiprok apa selain megapro atao tiger?
BalasHapusNote: motor yang mau diupgrade new shogun sp125 fl
Kalau saya pakai kiprok NMAX untuk fullwave daya rendah.. peruntukan lampu depan watt standar.. lilitan sampai penuh saja tergantung kern spul motor apa..
HapusShogun 125 bukan fullwave lagi, sudah 3 fase.. 3x lebih cepat pengisian daripada fullwave..
Kalo modifikasi Honda gl max ke fullwave apa aja yg harus dirubah om terus kiprok selain Tiger/MP kiprok punya Mio bisa ga bang?
BalasHapusPaling mudah dan praktis memang MP/Tiger + magnet + spul.. 1 jenis mesin yg sama tinggal tukar..
HapusUntuk kiprok mio bukan fullwave
Honda shadow 400 tu fullwave ato 3 phase om. Kabel dr spull ada 3 n kuning semua, sering panas dan terbakar/putus, salahnya di kiprok ato bukan om. Ada rekomendasi selain kiprok standart om. Tq
BalasHapus3 phase untuk moge..
HapusSepertinya over suplai dari spul, bisa jadi kiprok nya error.. kiprok tidak mampu lagi mengatur ground spul..
Untuk kiprok moge sepertinya ga bisa substitusi motor kecil.. nanti cepat mati lagi kontrol ground nya..
mau ga mau cari barang nya..
Ada skema kelistrikn tuk honda shadow ace 400 om. Tq
BalasHapusSy dah ganti kiprok after market utk moge, di pacu terasa ribgan, aki ngecar n lampu terang, tp starter awal kerasa berat, lama/panjang br bs hidup. Ada solusinom. Tq
BalasHapusItu mah bisa jadi dari busi atau pengkabutan bahan bakar yg kurang baik
HapusBang kalau Astrea legenda saya mau fullwafe pakek kiprok Tiger imitasi apa kekurangannya, sama apa harus gulung ulang spull? Terimakasih bang moga berkah
BalasHapusBarang imitasi pasti ga awet dan potensi overcas.. aki ikut over jadi kering dan koit
HapusUntuk astrea dibuat fullwave sebaiknya gulung ulang total tanpa menempel grounding..
Kalau mau simpel ya cabut solderan ground dan kabel kuning.. kabel kuning tadi disambung ke spul bekas ground..
Mau tanya bang .. kalo beat street apakah pengapian nya HW/FW BANG๐
BalasHapusKok pengapian? Pengapian nya mah DC dengan ECU..
HapusUntuk pengisian mungkin yg dimaksud.. motor dengan starter halus sudah menggunakan pengisian 3 fasa yg jauh lebih cepat dibandingkan HW dan FW..
Bang kalo spull rx king yg kabel ground d lepas terus masih pakek kiprok standr kira² pengisian ke aki nya gimna ya. Ni motor sya udh tak rubah dc tpi cuman main di kabel aja, lampu depanny udah tak ubah daymaker mini yg 20watt, tpi pengisianny gak maksml.
BalasHapusMaksud nya ground dilepas gimana? Kan malah mati ga ada pengisian kalau hanya dilepas?
HapusGulung ulang dong sekaligus modif fullwave
Klo gulung ulang spull king kawat yg d pakai brp mili ya, d tempat sy para tukang dinamo bilng spull king gak kuat klo di bikin fullwave.
Hapus1mm gan, atau ga ya 1,8mm itu udh lumayan kuat kok
Hapuspermisi gan, mau tanya soal motor saya, vario 110 karbu, kelistrikan saya modif fullwave seperti petunjuk agan, kemarin sempet pakek kiprok megapro tapi setrum mencapai 20volt lebih, saya paksa jalan sampai mogok, trs skrng saya ganti kiprok ori nmax tpi strum di koil tidak keluar, apakah cdi atw koil saya yang rusak ya.?
BalasHapusdan apakah kalau spul di modif fullwave seperti di atas harus ganti cdi untuk DC.?
minta tlng kasih jawaban agan terima kasih.
Aduh, sudah tau 20 volt itu overcharging, kok masih dilanjutkan?
HapusCoba cek sekring atau lainnya, berharap itu aja yg rusak.. kalau over voltase bisa merusak CDI, lampu, dan alat listrik lainnya..
Vario 110 itu sudah CDI DC, mungkin relay d dalam CDI rusak terimbas overcharging
Setelah modif fullwave apabila aki tekor, sepeda motor apa langsung mati mesinnya ?
BalasHapusPengapian DC membutuhkan suplai listrik yg stabil.. jika aki mati, tentu mau halfwave atau fullwave akan terganggu ke pengapian.. sebaiknya pakai aki walau setengah hidup
Hapusom ,, kalo kymco easy rubah FW perlu ganti kiprok gak ya ?? dan untuk sepulnya apa dirubah juga yah ?? masih bingung ,, ada bengkel yg bilang kiprok kymco katanya sudah FW
BalasHapusMaaf saya belum pernah bongkar kymco
HapusKalau memang fullwave, ingin upgrade, ya gulung ulang dengan kawat lebih besar dan banyak lantas pakai kiprok tiger ori..
Mohon maaf mas saya baru ubah ke fullwave, motor jadi sering mogok itu kira2 kenapa mas?
BalasHapusBerarti salah caranya.. kalau dicek avometer tiada pengisian ke aki.. aki tekor ya pengapian hilang
HapusTanya bang vega 2000 dri spul lmpu out ac nya kok cuma 2 ya bang warna kuning dan putih, kira kira grounnya kbel warna apa ya.trimakasih semoga masih kebales
BalasHapusNempel d besi spul dibaut ke mesin juga bisa jadi grounding
HapusMas. Ada cara FW spt ini:
BalasHapus1. kawat ground di cabut dan dipasang ke ground kawat lampu yg juga dicabut.
2. kawat lampu dicabut dan disambung satu;sama laon.
...
Apa cara ini sama?
INPUT SAKLAR LAMPU UTAMA itu mesti disambung ke output kunci kontak?
Motor apa? Yamaha umumnya ada 3 kawat output, 1 ground, 2 lampu, 3 pengisian aki
Hapus1 itu terus menerus menyambung dengan 2 hingga 3
Apabila cabut 1 ground, maka 2 wajib dimatikan tidak terhubung manapun, sehingga output spul hanya ada 2 yaitu 1 ground (tidak boleh menyentuh crankcase/besi spul) dan 3 output pengisian aki
Kedua output tadi dipasang ke kiprok fullwave
Lampu utama wajib ikut kontak tanpa terhubung spul lagi
TANYA Kang..
BalasHapusada cara lain dalam membuat FW:
- Cabut kawat 1 (ground)
- cabut kawat 2 (kabel kuning)
- kawat 1 disolder ke bekas dudukan kawat 2
- kawat 2 disolder satu sama lain.
PERTANYAN:
1.Apakah cara ini sama saja ?
2.Bagaimana Cara praktis memilih kawat ground (kawat 1 kan ada dua)?
3. Kenapa INPUT saklar lampu utama harus di sambung ke OUTPUT kunci kontak? Kalo TIDAK disambung apa kah bisa?
4. Terima kasih. .kutunggu jawabannya :)
Motor apa dulu? Penjelasan sama seperti di atas ๐
Hapushalo om mau tanya, motor saya ninja R sudah rubah fullwave kiprok nmax, tp pada saat idle lampu masih ngikutin putaran mesin (lampu biled 45W)..
BalasHapussama kalo lg idle langsam normal, ketika lampu nyala langsam berubah (jd tidak langsam dan motor mati)
solusi nya gimana ya ?
saya sudah dm di facebook "novanda sukiatmono tanujaya"
Okee lanjut di chat
HapusSecara umum itu namanya tekor, besar pemakaian daripada pendapatan
Mantap om dari 2013 sampai akhir 2023 masih dibalas๐๐
BalasHapusMotor saya supraX pakai kiprok tiger , sama bengkelnya ground sepul cuma dilepas lalu disolasi saja, kabel lampu & pengisian masuk kiprok dan berfungsi dengan baik. Apakah aman kang?
BalasHapusFungsi tp ga maksimal.. dari 5 gulungan, hanya 4 yg digunakan.. 1 gulungan tidak terpakai.. biasanya idle nya kurang pengisian stroom..
HapusOw begitu, terima kasih banyak kang.
HapusOm mau tanya motor saya sudah fullwave kiprok N Max, tapi lampu kok masih mengikuti langsam mesin?
BalasHapusTerus apa benar kalo sudah fullwave lampu masih bisa menyala tanpa aki, soalnya saya coba tanpa aki lampu masih menyala. Terimakasih semoga di balas
Penggunaan kiprok nmax memang seperti itu. Perlu ada aki supaya tidak kedip". Jika sudah menggunakan aki masih kedip, artinya tekor ketika idle! Wajib cek nilai voltase nya sudah sesuai/belum
HapusOke om terimakasih, satu lagi apa benar kiprok tiger ori sudah tidak ada? Waktu di bengkel katanya sudah tidak ada yang jual ori
Hapusmas,mau tanya banyak nih,hehe pemula soalnya.Motor saya revo fit fi
BalasHapus1.Apakah spul nya harus perlu digulung ulang/ganti yang tebal?,motor saya soalnya kalo saat jalan pengisiannya 13,6 tapi saat sein hidup bisa sampe 14,1.
2.Jika dirubah fullwave apakah aman ecu nya?takut eror soalnya
3.saat spull motor dibuka apakah nanti olinya bakal keluar?
4.saat diubah fullwave gitu posisi aki tekor,pakai kick stater apa bisa nyala?
5.jika saya rubah fullwave lampu led watt kecil pake kiprok nmax apakah rekomen?
1. Kondisi motormu normal
Hapus2. Aman, asal bener pengerjaan nya
3. Revo menganut spul basah, jadi oli keluar saat bongkar spul
4. Bisa hidup asalkan minimal 5 volt DC tercapai
5. Versi hemat ya nmax old, versi yahud ya tiger ori
Selain kiprok tigel, kiprok apa juga yg bisa dipakai bang?
BalasHapusYg murah meriah ya kiprok nmax
HapusCuma kapasitas arus lebih rendah daripada Tiger