Jumat, 22 November 2013

Ganti Noken As Vixion di Jupiter MX

Ganti Noken As Vixion di Jupiter MX - Buat pengendara Yamaha Jupiter MX yang ingin menaikkan performanya tapi tidak mau repot, bisa menerapkan jurus ganti noken as standar dengan noken as Vixion. Tinggal PNP dan jangan lupa waktu beli noken as Vixion sekalian beli pin dowel 2 biji yang biasa ada di noken as mx & vixion, karena waktu beli tidak ada pin dowel nya. Jadi, harus beli lagi pin dowel nya. Basic sama, part number sama cuma beda 3 kode awal sebagai penanda model motor. Vixion = 3C1-E2170-00 kalau Jupiter MX = 1S7-E2170-00. Keuntungannya adalah sebagai berikut.
noken as Vixion
1. Angkatan Klep (Lift)
Tinggi angkatan klep MX 29.65 – 25.10 = 4.55 mm sedangkan VIXION 30.25 – 25.10 = 5.15 mm. Oleh karena lift lebih tinggi, maka kabut bahan bakar yg masuk lebih deras. Untuk penggunaan harian masih aman. Perbedaan cuma 5.15 mm – 4.55 mm = 0.6 mm. Jangan lupa agar mencoak piston sebanyak 0.5 mm agar klep aman dan tidak terbentur piston.
cara mengukur angkatan klep/lift
2. Harga
H.E.T noken as Jupiter MX adalah Rp 245.500 sedangkan VIXION Rp 153.000. Harga ini diambil dari sparepart katalog Yamaha sendiri.
harga noken as di website resmi Yamaha

183 komentar:

  1. gan,,kalo pake noken as vixion di mx tp piston ga di coak kira" bakal nabrak klep ga ya,,??thanks gan

    BalasHapus
  2. sebetulnya nggk nabrak juga sih, asalkan setelan klep renggang dlm std pabrik bro hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu di bubut dulu ya noken as vixion nya min?

      Hapus
    2. Kalau sudah make blok seher vixion kira kira harus coak jga ga

      Hapus
  3. Mas bro, klo pin dowel ga dipasang, efeknya dekompresi jg ga bisa digunakan ya..

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Bang kalo pake noken vixion nvl injeksi pnp gak di jupiter mx new

      Hapus
    2. bg mau nnay mx new saya ud up mke blok set mx king, mau ganti noken vixion aman ga mas?perlu coak piston ga?trus saran prklepnya?🙏🙏🙏

      Hapus
    3. Udah pakai mx king ya sudah standar vixion dong..

      Hapus
  5. Broo, gue mao nanya nih
    MX gue udah upgrade pke blok seher punya VIXION .
    nah yg mao gue tanya, qoq MX gue qlo di pasangin noken as VIXION, mentok si, qlo baca2 di web kata nya tgl PNP, tp apah? Ga kebukti di MX gue,ituh gmana broo ?? Niat nya gue mao beli rante keteng yg panjangan dr punya MX . Tp nanya2 dlu :p
    Mohon bantuan nya broo2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mx 4 speed / 5 speed yg kamu pake

      Hapus
    2. Harusnya mau mx apapun atau Vixion apapun sama aja loh

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. ngapain rantai yg panjangan?
    untuk penggantian noken vixion harus coak piston bro..

    BalasHapus
  8. Sya juga kepengen ganti paake noken as vxion .
    Sama saya udah pake bore up vxion .
    Nah pemasangannya pnp ga gan ?
    Tetep harus dicoak .
    bukannya piston vxion udah dalem coakannya . Gak kaya mx yang datar .
    Thank gan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenar nya pakai blok vixion,noken as vixion di mx old itu ga perlu coak piston bro asalkan pakai cdi brt sama perklep racing jadi durasi buka tutup klep nya sesuai dan sudah diatur durasi nya sama cdi brt bro...ane sudah menerapkan di jupiter mx tahun 2010 ane bro...oh ya kl mau pakai karbu standart juga bisa tinggal naikan main jet nya pakai punya yamaha scorpio yang ukuran nya 110 bro...itu tips dr ane...dan hasilnya bisa wus..wus..wus..yamaha scorpio aja buka lama nya bro

      Hapus
    2. Gimana gan klo cuma standar tp cuma modal noken as Vixion bisa ya, MX 2007 jg sama aja kn , terus bener karbunya mainjetnya ganti sama Scorpio ukuran 110

      Hapus
  9. perlu diingat bahwa lift noken vixion lebih besar bro.. jd coak aja lg.. setelan klep lebih renggang

    BalasHapus
  10. Thank infonya gan .
    Berarti harus dicoak ya gan .
    Ane mau sekalian ganti klep, dengan ukuran gede ? Pengen 21/19 . Kira2 pake klep apa ya gan ?

    BalasHapus
  11. @Rendra sudah punya klep 22/19 nya? Klo ganti noken mending dicoak, cari aman aja bro.. Mesin juga gak berisik jadinya.

    BalasHapus
  12. Kok bisa yaa bro,lebih murah noken as vixion dari pada jupiter MX :)

    BalasHapus
  13. Kalau udah pke blok vxion kit knp hrus pke noken as vxion .
    Cukup di bubut aj dikit noken yg asli lari makin ngacir
    Mx gua smpe bisa ngimbangi ninja 2T klau trak pnjg malah lawat t ninja

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah bro, kalau garap sendiri bs dibuat jd racing kyk pnya agan..
      tp kalau pnya vixion bs langsam, ga boros bbm, dan mudah.. harian pun oke..

      ada lebih krg nya sendiri bro..

      Hapus
    2. Aap yg di bubut..sebelah mana..coba kesini bang..biar bisa di tiru ilmunya

      Hapus
    3. Karakter mesin 4 tak ya noken as.. diprofil ulang sesuai ubahan mesin dan kegunaan.. mau balap ya bawahnya dikorbankan

      Hapus
  14. bro mx saya taon 2008 bunyi glek-gleg glek gitu kira2 apanya ya? apa noken as-nya minta diganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang noken as minta ganti..
      plg piston nya kalah?

      Hapus
  15. Gan saya kan punya NJMX 2011 masih std ting2 , jadi kalo saya mau ganti pke noken as vixion , mesti coak piston? emank bisa piston njmx di coak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja bisa di pasang kok..
      sebaiknya dicoak karena piston nya vixion cekung, mx datar..
      jelas bisa toh

      Hapus
    2. Berarti kalo ganti noken vixion wajib coak piston vixion nya juga ya?
      Tapi kalo masih pakai piston standart nya apa perlu di coak?

      Hapus
  16. Brow mx king ganti noken as nvl apa juga dicoak sehernya

    BalasHapus
  17. langsung pnp tp setel celah klep dlu ya

    BalasHapus
  18. Bro... Saya kan punya njmx masih orsinil dealer... Nah saya pengen larinya makin wus-wus... Jadi supaya gitu paling utama yang di ganti apa ya?

    BalasHapus
  19. ganti CDI merk brt doang..
    sama modif knalpot lebih los dkit

    BalasHapus
  20. kedua nya nggk dicoak pun nggk ada mslah kok..
    kalau ragu ya monggo dicoak

    BalasHapus
  21. Kalo noken as nya punya vixion. klep dan per kelep nya perlu ganti nggk. Mohon info nya

    BalasHapus
  22. ga perlu. langsung pasang aja wes.

    BalasHapus
  23. Sebenernya kalo pake piston standar MX harus di coak apa nggak gan,,ane bingung ni

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. Kalo misal engga dicoak aman engga mas?

      Hapus
  25. Mas apa perlu penggantian nok'as dibarengi dengan penggantian cdi+koil+busi, apa cuma ganti nok'as aja sudah ada perubahan power di njmx?
    Mohon infonya, Trims

    BalasHapus
  26. noken as sendiri saja sudah ckup.
    kecuali km memang ingin lebih.
    koil standar e aja, jangan pake kharisma.
    busi std e biar enak
    cdi bisa BRT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan Novanda S.T. saya mau menanyakan ukuran klep yg baik untuk mx 135cc memakai noken as Vixion itu 0.0 berapa yah.
      Mohon pencerahan nya. Dan berbagi ilmu nya. :-)

      Hapus
  27. Gan Novanda S.T, saya mau tanya saya sekarang pakai tetap pakai block mx, boring saya tanam pakai piston vixion, nah rencana mau saya bubut bagian bawah block sekitar 0,5mm dan pakai noken as/ cam vixion.
    apakah perlu di coak ga pistonnya atau saya ga perlu bubut bawah blocknya biar ga mentok klep klo saya memakai noken as vixion
    terima kasih

    BalasHapus
  28. Motor gua jupiter mx new 2012..
    Awalnya ganti seher n blok set vixion.. Plug n go.. Hasilnya mantap nafas tambah panjang akselerasi meningkat top speed juga naik yang standar hanya mampu 105km/h stelah ganti jadi 115km/h jarak 300m kalo lebih mungkin bisa 120km/h dengan gir belakang 34 depan 15.. Coba lawan nvl gua menang tipis.. Lawan satria f gua kalah tipis..
    Kemudian seher dan blok sy ganti merk tdr uk 60mm noken as tetap, gir tetap cdi gua ganti brt dual band..
    Dan karbu gua pake p e 28mm...
    Semuanya plug n go tanpa ada ubahan..
    Begitupun seher yang tak di coak walaupun merk tdr model rata...
    Hasilnya sangat memuaskan nvl maupun satria jauh sangat ketinggalan mski motor gua ngejar dri blkang.. Top sped jdi 135km/h..

    Knalpot gua nobi 2 lubang 1 silentcer..

    Thks..

    BalasHapus
  29. gan jdi ksmpln dr smua..
    klu pki noken as vix tp pston mx haruskkh d coak ???klu gk d coak apa efek.a gan..
    mhn bntuan.a agan2..

    BalasHapus
  30. Noken as udah punya vixion trus takut mentok..!!? Klaw tmbh paking bisa gan...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang saya mau nnyak,kalo motor Jupiter MX pake noken as standart tapi di papas ulang,ada pengaruh gak

      Hapus
    2. Pengaruh sekali.. karakter mesin 4 tak ada di noken as..

      Tergantung hasil papas ulang nya, profil nya bagaimana..
      Bisa tambah drop performa, bisa naik.. susah susah gampang noken as

      Hapus
  31. ga perlu coak, tp kalau takut bisa tambah paking.. tentu kompresi jd turun hehe

    BalasHapus
  32. Kalo sy mas udah pake blok yang ssudah beredar dipasaran blok kit vixion tinggal pnp..tapi ko tarikannya ga berubah dr awal stndar memang udah ada keluhan tarikan berat gigi 1 aja cuma 30kpj ssetelah ganti kit vixion jg sama aja apanya mas?

    BalasHapus
  33. klep nya bocor? setelan noken as nggak pas?

    BalasHapus
  34. gan mau tanya, tp beda tema,, kalo mau ganti karbu pe 28 di njmx ,, trs soketanya di karbu ori njmx di pasang mana??,, klo gak di pasang berpengaruh enggak,, bagi ilmunya gan

    BalasHapus
  35. bisa saja kok.
    dibiarkan aja ga terpasang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punten gan,aku baru aja ganti blok sama pistonya standad orian,cuma main di noken as pake brt t1,kaebunya pe 24. Koq malah ngempos ya gan..motor berat ga bisa lari..masalhanya dimana gan kira kir
      a

      Hapus
    2. Nabrak ga ya klepnya.. wajib bongkar cek ulang..
      Setting karburator juga gtw pas apa belum

      Hapus
  36. Gan motor ane jupiter mx new. Waktu itu baut stelan klep ane rusak. Trus bwak tukng bubut. Udh copot itu stelan angin nya. Eh skrng malah ngempos. Itu aps nya ya. Apa stelan angin nya harus yg ori. Mks

    BalasHapus
  37. Kl pake noken vixion std ke mx 135 std tdk perlu coak piston...krn selisih lift antara vixion&mx kurang dr1mm..cukup stel ulang klepnya saja,gunakan fuller agar tepat..in 0,15mm ex 0,17mm..
    Utk penggunakan noken vixon di mx tenaga akan terasa nyambung jika motor dipakai lari secara reflek..namun jika tdk reflek maka digigi 2 masuk ke gigi 3 ke gigi 4 power terasa ngedrop alias ngoook...
    Pembuktian coba masukan gigi 3 lalu tarik gas agak dalam secara reflek maka akan terasa ngooknya alias ngedrop..
    Ini dikarenakan Mapping pengapian mx & vixion berbeda...dan noken itu sendiri sangat pengaruh dgn pengapian..
    Jika asal pasang noken vixion ke mx tanpa mapping ulang pengapian,tanpa setting karbu dll maka mx kalian hanya terasa galak saja ditarikan reflek yg dimulai dr gigi terendah..jika tarikan reflek dimulai dr gigi 3 makan terasa ngoook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masa iya mau narik motor lngsung gigi 3 om

      Hapus
  38. Mas motor saya mx old standar pabrik
    Kalo mau ganti noken as vixion itu pnp ga? + efeknya ke motor apa? Matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih murah, lift lebih tinggi, nafas lebih panjang.. tapi agak lemot

      Hapus
  39. Mas novanda ST..tanya nih, brrti klo mw beli nok'as yg vixi old ya (3c1)..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vixion old, lightning, advance bisa semua kok.. masih sama

      Hapus
  40. Pasang noken as vixion, di jupiter mx 2006 standar, apa langsung pnp? Pistonnya apa di coak mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung.. setel celah klep saja.. in 0.10 ex 0.18 mm dah pas

      Hapus
  41. Gan mau tanya donk.
    Mx 2011 gw udah ganti blok punya vixion. Trus ferr klep juga udah ganti dgn racing noken asnya punya vixion juga.
    Kira" berapakah ukran celah klep?
    Soalya sudah atur 10-15. 15-20 untuk in dan ex. Tapi pas di gas tinggi jagi brebet putaran atas. Karburator pakai 28

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu sama berebet juga..ternyt mekaniknya masang timing gear di noken as kurang maju 1 mata di posisi top piston...setelah saya pasin..di gas mentokin teriak terus

      Hapus
  42. Gan, sy mau nanya klo Noken as MX King diganti menggunakan Noken As Racing tp punya MX Old atau MX Karburato apa bisa gan, makasih....

    BalasHapus
  43. Bang motor saya ojmx sekarang sudah bore up pakai piston vixion, efektif ga kalau di pakein noken as Vixion soalnya ada yang bilang malah jadi lemot, terus kalo pake noken as Vixion masih nabrak gak kan saya dah pake piston vixion?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga nabrak kok.. beda karakter, lebih geser ke rpm tinggi pakai noken Vixion, seolah lemot tapi nafas panjang.. atau pakai noken as aftermarket saja

      Hapus
  44. Bro motor sayakan Jupiter mx old pakai noken as mx king tipe R terus piston 62mm yang saya mau tanya berapa dalam coakan piston nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyesuaikan.. lebih pasti ketika dicoba d mesin

      Hapus
  45. Bro aku mau tanya nih
    Motor ojmx saya mau di upgrade pake blok Vixion, dan noken as nya juga
    Sekalian pake punyanya Vixion,
    Kira" piston nya di coak gk ya . Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  46. selamat sore gan , saya punya ojmx boreup vixion kit , pwk 28
    rencana mau pakai noken aftermarket punya brt seri t4
    trus klo ganti apa kudu coak piston? ganti perklep juga kah?
    mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Per klep disarankan ganti
      Coakan perlu agar tidak tabrakan klep dengan piston
      Harap diukur sebelum mesin digeber

      Hapus
  47. Bang mau tanya nih, mx blok vixion klo mau ganti noken tanpa coak piston bisa gak? Trus noken racing yg cocok pnp noken apa yah bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noken apa dulu?
      Noken standar vixion, BRT S1, Kawahara K1 dan sejenis yg stage 2 ga perlu coak

      Hapus
    2. kalau ojmx boreup vixion kit, ganti noken brt t2 coak ga?, brp juga ukuran coakannya trus saran merk perklep racing yg cocok

      Hapus
    3. Sebetulnya ga coak bisa, tp amannya ya dicoak
      Diukur ulang

      Per klep std masih mumpuni

      Hapus
  48. Bang ane mau pake noken as copotan vixion nvl keadaan mesin ane blok vixion 3c1 apakah pnp bang

    BalasHapus
  49. Bg, saya mau nnya . Sya punya ojmx . Rencana maw bore up pakai punya vixion. Karbu pe 28 . Cdi Brt dual band .
    Klo noken as mesti pakai punya vixion ngk ?
    Trus per klep harus ganti yg racing ngk , ato pakai yg bawaan ?
    Motor buat harian. Minta masukan ny abg2 .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noken standar aja, kalau ganti mending merk aftermarket biar terasa

      Per klep standar aja masih cukup

      Hapus
  50. Gan old mx saya udah upgrade pake blok dan piston set punya vixion.
    Tapi sekarang napas pendek dan pas d geber di rpm atas di gas ada ngeplos.
    Itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pertanda karburator kurang besar dan main jet minta naik nomor

      Hapus
  51. Bro njmx saya kan pake blok vixion tapi piston nya punya verza blok nya sudah saya besarin lagi menyesuaikan dgn ukuran piston nya, terus piston nya sdh saya coak sesuai dgn klep nya, terus saya tambah paking agar tidak mentok ke klep nya, jadi kalau saya mau pasang noken as vixion apakah piston nya harus di coak lagi? Tolong jelaskan mas🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ubahan seperti itu ya dicek dulu.. kalau malas mengukur ya siap" tanggung resiko

      Hapus
    2. Karena piston verza jauh lebih tinggi kepala nya daripada Jupiter MX ataupun Vixion

      Hapus
  52. wahh masih aktif sampe sekarang 👍

    BalasHapus
  53. Bang mau nanya, ojmx saya kan pake blok piston vixion, nah rencana saya mau pakein noken as brt t2, itu perlu coak piston ga gan? Dan berapa mm kalo misal nya iya, sama saran noken as after market yang cocok selain brt t2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak..

      BRT S1 atau S2
      Kawahara K1
      CLD stage 1
      Faito

      Dsb yg durasi rendah/stage 1

      Hapus
  54. Nanya bro.

    Mx new ane knp baru ganti noken vixi baru di pake ngojek 2 hari udah ngelitik lagi ya di area head, apa stelan klep kendor atau kemungkinan per klep nya yang udah minta ganti karna masa pakai per?

    Soal nya mesin jadi loyo, nafas mesin pendek, pake karbu pe 26 padahal pj/mj udah 38/115.
    Mesin ngeraung doang.

    Kira" apa ya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan klep nya nabrak piston.. kalau per klep lembek tidak ngelitik

      Kalau karbu sih kurang cocok PE

      Hapus
  55. Bang saya mau tanya, kalo new jupiter mx 135 standar ganti noken as brt yg type apa, dan garus coak piston ngga?

    BalasHapus
  56. gan mau nanya, motor ane njmx 2014
    udh pakai piston vixion
    mending pakai noken as standart apa noken as vixion?

    BalasHapus
  57. Gan q mau tanya,,,mx saya udah pakai blok set dan noken as vixion,trus yg sya tanyakan apakah top noken asnya sama dengan top noken mx,mkasih

    BalasHapus
  58. Bang saya mau nanya kan saya udah pake block vixion noken pun sama vixion ,dan standar porting..klep masih ori mx new..apa kah per klep nya perlu di ganti dengan racing atau tetep punya standar mx new?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat ubahan masih standar sebaiknya per klep standar saja.. asal masih baik kondisi nya

      Hapus
  59. Apakah noken r15 sama kek pinya vixi gan?
    Soalnya r15ku abis papas malah ga bisa stasioner wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa substitusi lebih tepatnya.. papasan nya antara ga rata base circle nya (diakali celah klep kendor dan kemlitik) atau profil terlalu besar (papas ulang dengan profil lebih kecil)

      Hapus
  60. Maaf nih klok sok tau atau saya yg kurang paham tolong jangan dibuli bang Novanda,S.T saya baca dari atas sampe bawah blm paham. Jawabannya blm pasti antara perlu dicoak atau tidak. Saya mau jawaban yg pasti bang. Motor MX new std klok diganti noken Vixion std. Perlu dicoak atau tidak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu dicoak ga nabrak.. per klep harus baik.. amannya dicoak menghindari floating klep

      Hapus
  61. Ijin tanya bang.. Mx 135new Kalo penyebab noken As sering baret apanya ya bang?
    Untuk mesin cuma ganti blok vixion aja.. Nokes dll stndt. Terima kasih

    BalasHapus
  62. bang masih ngambang nih baca komenannya. motor sy MX New, baru ganti piston & blok punya Vxion. kalau mau ganti Noken merk apa tanpa corak piston...
    soalnya kemarin saya coba RPM atas g mau lari motornya. menang torsi aja. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noken as yg lama timing nya dimundurkan 1 mata dari top..

      Kalau noken lain yg atasnya enak harus coak piston..

      Kalau tanpa coak, durasi kecil, cocok untuk torsi stop n go memang

      Hapus
  63. Gan ane dah ganti pake boring vixion dan piston vixion terus pasang noken vixion tapi ko suara kasar apa yg harus di rubah

    BalasHapus
  64. Motor saya njmx udah di ganti bloknya punya vixion sama noken as vixion, pakai karbu standar njmx, itu ukuran PJ sama MJ nya brapah ya gan biar pas gituh

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ MJ standar dulu aja.. biasanya masih sanggup

      Kalau mau naik, Main jet naikkan max 2 step aja alias 120, PJ naik 1 step 17.5

      Hapus
    2. Bang Novanda,kalo untuk MX old yg udah pake noken as sama seher Vixion, sepuyernya naikin berapa aja

      Hapus
  65. bg saya udah pakek noken vixsin di mx 2006, tapi kalau di kecepatan tinggi naik nya lama padahal kopling dah ganti . apa ada setingan lagi di klep sama karbu

    BalasHapus
  66. Bang Novanda ST, spek motor saya ojmx pake blok & piston vixion, klep std, karbu pe28 & cdi brt kalau mau ganti noken as brt seri T2 apakah harus coak piston & ganti per klep? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sewajarnya dicek ulang
      Kalau saya, dicoak lagi diperdalam

      Hapus
  67. Bang novanda. Njmx blok set std e. Cuma noken std nya aja yg di custom. Ap piston e juga ikut di coak? Mohon pncerahan y.Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung hasil custom nya seberapa.. yg kerjain yg lebih tau
      Yg pasti ga boleh sampai nabrak klep sama piston 😁

      Hapus
  68. Mohon masukannya bang, semisal NJMX sy bore up pakai Blok vixion, karbu apa harus ganti atau bisa pakai std njmx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu standar bisa dipakai tp jetting ulang.. power tp kurang lepas.. enak ganti karbu MX lama reamer

      Hapus
  69. Maaf bang mo tanya nhi... Kalo ikut bikin motor mx 135 new Kayak teman2.
    . Bagus gk ya kalo bubut busi untuk busi besar

    BalasHapus
  70. Bang Novan, saya mau tanya OLJMX 2006 pakai blok piston Vixion std, Noken as Vixion semi racing, per klep racing, apakah ada yg diubah lagi Klo utk pakai harian, dan apakah mesti dicoak lahi piston nya?
    Mohon utk masukkannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blok vixion dibubut sedikit bagian belakang supaya bisa masuk crankcase tanpa ada sentuhan

      Per klep jangan yg terlalu keras, jangan yg jelek.. mending standar diganjal ring

      Noken as ada baiknya coba standar dulu.. bertahap.. anggap membiasakan piston baru dulu

      Hapus
  71. Bang mau tanya,Jupiter MX new saya baru ganti blok 2pv kok gak bisa d gas yah,kira2 masalah,y dmna mohon pencerahan,y bang

    BalasHapus
  72. Bang Novanda saya mau tanya motor saya njmx tahun 2012 saya mau ganti. blok piston set Vixion. Nah yg saya tanya kan perlu di ganti tidak noken as nya pake punya Vixion motor kuli biar lebih awet

    BalasHapus
  73. Bang njmx saya mau pakai blok set vixion,,klo mau ganti noken vixion apakah harus ganti per klep nya juga pakai vixion? Klo pakai per klep standar ga akan floting bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau per klep baru ga bakal floating apalagi noken as standar pabrik.. mau mx atau vixion..

      Kalau ragu, bisa diganjal ring 1-2 mm di bagian bawah..

      Kalau tarikan enak noken mx saja, vixion agar lambat tp nafas panjang

      Jangan lupa bubut pantat liner vixion nya sebelum diaplikasikan ke MX

      Hapus
  74. Bukan nya klo new jupiter mx langsung pnp bang tanpa dibubut dulu

    Makasih bang infonya

    BalasHapus
  75. Bg kalau pakek noken As BRT (T4) , per kelp nya standar bisa di pake ngga bg, atau harus ganti per klep juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Per baru diganjal ring di bawah sesuai kebutuhan.. kalau per racing jangan yg terlalu keras..

      Hapus
  76. Bang kalo untuk mx old gimna??
    Motor std porting,apakah harus coak piston?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal salin saja lalu setel celah klep
      Coak piston tidak perlu diubah, per klep standar saja, tetapi usahakan baru mengingat usia motor di atas 10 tahun

      Hapus
  77. Bg biar mx old kenceng apa aj yg di ganti
    Kira² tembus 190cc

    BalasHapus
  78. Minta solusinya om Novan. Njmx non kopling mw ganti blok n seher Vixion NVL. Apa saja yg harus di ganti dan di rubah. Biar enak dipakai buat harian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubut bagian belakang luar liner dikecilkan 1 mm diameter nya

      Hapus
    2. Ada komponen yg harus di ganti gk kang Novan, seperti noken as, per klep atau yg lain yg harus di ganti

      Hapus
    3. Tidak ada.. tinggal pasang aja seperti standard.. kalau bisa mengingat usia motor, per klep ori baru aja biar enak

      Hapus
  79. Bang saya mau nanya, motor saya NJMX 2012, pake blok dan piston vixion 1PA, main jet 120, pilot jet 22,5. Per klep dan noken as bawaan NJMX.
    Pertanyaannya kenapa nafasnya pendek banget yak. Gigi 4 cuman 80km, gigi 5 mentok di 100km/jam. Gear depn 15 belakang 38. Apakah ada yg mesti saya setting ulang atau saya mesti ganti per klep dan noken as?? Suara di seputaran head kasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau busi hitam, main jet kecilkan.. nafas jadi pendek sebab pembakaran kecil akibat terlalu kaya bensin..

      Bore up, sebaiknya knalpot dan porting ikut bore up..

      Hapus
  80. Bang mau nanya sy pakek piston 62mm cdi brt tipe TR klep standar karbu scarlet 28 noken as vixion kenapa pas masuk gigik 1&2 napas pendek tp kl pas gigi 3,4,5 napas panjang nyampk apakah itu normal tp pas pakek noken as ory mx gigik 1&2 napas nya panjang ....apa itu normal jugak...

    BalasHapus
  81. Aman ga kalo ganti noken as 5,8?mx old bore up paket vixion,per klep ganti yg lebih keras,busi ganti iridium,cdi yg no limiter(bukan brt)?

    BalasHapus
  82. Bg motor saya njmx 2014 std, rencana mau ganti noken vixion soalnya noken bawaan sudah ngantong, apa harus ganti per klep vixion? Sbenrnya saya juga punya kawahara k1 tapi ragu mau dipasang soalnya piston std

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang Kawahara aja bahannya lebih kuat.. nafas panjang.. per klep standar aja gpp

      Hapus
    2. Aman kah bang pake kawahara? Ada efek ke komponen lainnya gak bg
      Sama kalo mau ganti karbu pe itu soket tpsnya gimana

      Hapus
    3. Kalo ganti karbu pe soket tpsnya gimana, ngaruh sama pengapian gak bg

      Hapus
    4. Karburator ganti ga ada masalah asal bisa setting.. pengapian tps dibiarkan dulu aja

      Hapus
    5. Oke bang makasih infonya

      Hapus
  83. new jupiter mx saya hanya ganti blok dan piston vixion, cocok nya pakai noken apa mas yang ga perlu coak piston?? noken apa yg ngejambak di tarikan bwh

    BalasHapus
  84. Klo MX new pake noken as Vixion perlu stel klep LG ga bg

    BalasHapus
  85. mas mau nnya mx new sy full std 135 mau gnti noken tpi bingung antara punya vixion atau brt t1, menurut mas ny pke yg mana sama setelan celah klep ny di kasih brp mm?apakah kedua noken tsb hrus coak piston?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman harusnya.. sebaiknya dicek saja.. celah klep menyesuaikan kebutuhan mesin

      Hapus
  86. Siang bro..,mo nanya...
    MX 2010 ku... kalo di gas cepet ...ngook... sedangkan blokseher,CDI semua standar hanya masih kepasang noken Vixion....apa ada pengaruh bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pompa semprotan bensin di karbu masih dipakai kan?
      Kalau tidak ya begitu hasilnya

      Hapus
  87. Mau tnya mas, sya ad NJMX ukrn piston std tpi pke piston dom, klo mau gnti noken vixion ap prlu coak lg, soalnya yg skrng mke noken custom aman aj cuma overlapnya masih ketinggian jd bwahnya berat mau gnti std vixion kira" nabrak klep ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai custom aja aman, harusnya std vixion aman.. tp saya ga tau custom nya gimana dulu.. wajib cek ulang sebelum mesin dihidupkan

      Hapus
  88. Bro Jupiter MX new 4 speed saya udah upgrade Block Vixion , karbu masih bawaan, per klep masih standar bwaaan, biar lebih enak ganti apa ya.. biar makin jossssss

    BalasHapus
  89. bang mau tanya kalo misalkan mx old blok std kalo pake noken vixion harus banget bubut si piston apa engga juga gpp?

    BalasHapus
  90. mas, njmx ku udah bore up kit vixi, nah kebetulan make noken as racing, lift 55.14mm, na itu kemlitik bgt,alias brisik, ngakalin nya Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau noken nya yg tidak baik, maka tidak dapat diapain lagi
      Papas ulang = profil baru, mirip beli noken baru

      Kalau kemlitik karena detonasi, coba setting pengapian atau turunkan kompresi

      Hapus