Tips Performa Untuk Karburator Vakum - Trik ini agar skep terbuka lebih tinggi dan lebih menyuplai bensin di putaran tinggi. Jarum skep vakum pada karbu vakum akan terangkat lebih. Caranya menghilangkan ‘ganjalan’ bagian vakum yang saling mendekap. Kata mekanik ‘penemu’-nya sih, tarikan atas lebih tajem. Tidak perlu oprak-oprek mesin. Spuyer pada karbu pun biarkan saja standar. Hanya mengampelas karet skep yang menonjol. Tonjolan ini kira-kira 3 mm dan harus rata dengan selongsong skepnya.
|
perbedaan tinggi skep standar dengan yang diampelas |
Caranya pun mudah. Hanya modal kartas ampelas. Untuk awal gunakan dulu ampelas yang kasar, lalu diakhiri dengan ampelas yang halus. Ya, pokonya halus. Saat mengampelas-nya perlu hati-hati, agar karet vakum tidak ikut tergosok. Ya, kalau bolong, percuma dan mesin sulit langsam.
|
mengampelas skep |
Sebaiknya lebih bagus diiringi memotong sedikit per skep. Tetapi, pengaruhnya sangat sedikit. Artinya, nggak dipotong juga. Dengan trik sederhana ini, lebih cepat mencapai 80 km/jam untuk matik. Semua karbu vakum model begini bisa menirunya.
|
lihat beda tinggi skep nya |
Lebih pas lagi, cara ini juga dipakai pada korek harian yang telah ganti kenalpot racing misalnya. Nah nafas motor lebih jalan, karena jarum skep lebih tinggi angkatannya. Bahan bakar jelas lebih deras. Ya, boros-boros dikitlah. Namanya juga mau kencang.
Mas klow untuk karbu manual skepnya diamplas apa jga bsa...?
BalasHapusga bisa.. jangan..
BalasHapusmalah putaran atasnya hilang cz kebanyakan bbm.. hehe
dr pd ngmplas yg itu...klo tjuannya jarum skep trangkt lbih tinggi ,mending pindh aj gnjalan jarumny
BalasHapustujuannya bukan cuma jarumnya yg lbh ngangkat bro.. tp bukaan skepnya lebih maksimal..
BalasHapushehe
kalau cuma jarum sih clip nya aja turunkan..
tp boros ahh haha