Ciri Spul Motor Terbakar - Lampu mati, pengisian aki berkurang dan menyebabkan aki cepat tekor. Ini merupakan ciri dari spul terbakar atau kiprok tidak lagi berfungsi. Untuk kiprok sendiri jika sudah dicari kiprok yang sehat masih saja tidak ketemu penyakitnya dapat dipastikan dari sektor alternator/generator nya.
Ciri ketika spul terbakar adalah tidak mampu nya alternator diberi beban listrik. Jika soket kiprok - spul di lepas dan diukur dengan Voltmeter AC, terbaca voltase nya cukup. Namun, ketika diberi beban ke kiprok dan diukur ulang, biasanya voltase nya drop, sehingga tidak ada arus yang masuk ke kiprok.
Secara fisik, terlihat juga bahwa warna kabel spul menjadi memerah dan bahkan timbul warna hitam bekas terbakar. Biasanya terlihat juga plastik dari angker/rumah spul ikut meleleh. Kalau sudah begini harus ganti baru atau gulung ulang spul nya.
Curhat mslh satria Fu thn pembuatan 2012 akhir,Satu thn baru umur satria dgn jrk tempuh 18000 km/jam,tp sdh byk yg hrs diganti,seperti rante keteng,tp itu gk bgt mslh,yg membuat gw kaget stlh gw konsultasi kepihak satria servise resmi suzuki( sful harus diganti sdh Lemah ) karna sdh tdk bisa panas,dan gw bilang motor sering mati dijarak 1km,mesin panas stlh berhenti dgn tiba2 motor sulit dihidup lagi hrs nunggu mesin dingin,awalnya gw panik knp motor tiba2 mati mendadak ditengah jalan.sambil nunggu dingin beberapa menit dan menghabiskan roko mild 2 btng,mesin hidup lagi dgn cr disela karna distarter ngk mau hidup.sering kali matinya bkn sesekali saja satria mati tiba2.apakah sfull mslhnya???
BalasHapusitu ciri koil mati bro..
Hapuskalau spul mati jelas lampu redup dan aki tekor..
kalau mogok tiap2 beberapa km atau mesin panas sudah jelas koil..
kalau sudah pengalaman pasti tahu mslah mudah gni
koil nya itu bro.. bukan spul..
BalasHapustolong dibedakan hehe
langsung ganti aja koil
Bos ane pengguna motor tiger revo 2009, ane udah 3 kali ganti accu dan 2kali ganti kiprok,permasalahannya accu cepat ngedrop,lampu redup dan tidak bisa di stater, ane udah mondar mandir ke bengkel, ama mekaniknya di cek spull nya katanya bagus tp tetep kaya gitu,
BalasHapusApa nya ya bos?
orang nya bisa bilang spul nya bagus cara ngeceknya bagaimana?
BalasHapusanalisanya:
1. kabel ada yg konslet
2. beban kelistrikan yg besar (penambahan part diluar standar)
3. spul mati
Kalo sepul motor mudah terbakar dan gosong apa penyebabnya? Gimna cara mengatasinya. Mtorku Pitung honda
BalasHapusterbakar bisa jadi karena terlalu panas.
BalasHapuspanasnya bkn dari mesin loh, tp dr terlalu kecilnya kawat maupun terlalu bnyak nya jmlh lilitan → output spul melebihi kemampuan kiprok. jadi gosong.
tempat gosong selalu di satu tempat biasanya
Permisi mas mau tanya..,aq pu.a motor cbr 250,kemarin aq dah ganti aki,pas spd.a aq bw jalan kira2 beberapa kilo mesin mati,terus lampu redup n g bisa d starter,ahir.a terpaksa aq dorong stlah d dorong motor hidup lagi,tp pas g jauh mati lg,n mau ngidupin g bisa harus nunggu mesin dingin,terus seperti itu.,mohon info.a mas?thanks!!
BalasHapusaki nya tekor lg itu..
BalasHapusbukan salah aki nya, tp sistem pengisiannya ada yg trobel.
mgkn kiprok, mgkn spul. atau malah hanya kabel2
permisi gan numpang nanya.ane punya spd MP 2004 .akinya dulu pernah drop 1x.terus ane ganti air akinya saya cas.trus ane pasang.2 setengah bulan masih nyamas2 aja.tpi pas mau bulan ke 3 kok sepeda ane bawah keluar tiba2 terdengar ledakan dari knalpot trus mati total sampek lampu2nya.kagak bisa di hidupin pula.trus ane cek di kabel dari cdi ke koin ndak ada listriknya di 3 kabel juga ndak ada lentikanya.langsung ane ke pusatnye ke kabel spul kagak ada setrumnya dari semua kabelnya.stlah ane buka kok dililitannya ada yang sedikit abu2 gitu gan.itu gejalanya di spulnya atau gimana ?
BalasHapusmohon bantuanya ya gan
pengapian megapro tipe DC. jd aki sehat tentu pengapian akan stabil
BalasHapusgejala seperti itu berarti pengisian sedang bermasalah
coba cek pakai voltmeter, setel ke AC, ukur voltase keluar spul. kira2 12-18 volt AC.
setel ke DC, ukur voltase aki sewaktu mesin hidup di 4000-5000 rpm. 13-14 volt DC = baik.
kalau spul yg di bawah 12VAC = soak.
Gan motorku supra x 125. Masalahnya aki gk ngisi. Waktu saya cek dg voltmtr dan di gas 3000 rpm tegangan gak naik sampai 14 v. Dan saya cek pakai ameter arus juga gk ada alias 0A. itu kendalanya dimana? Dikiprok atau spull
BalasHapusseharusnya sehat.
BalasHapuscara ukur ampere meter nya km gmn?
probe + di positif aki, dan probe - di kabel aki kan? harus dilepas koneksi kabel ke aki nya.
untuk lampu depan bila menyala tanpa mesin hidup = dibuat modif DC.
Misi gan, motor ane shogun 125, abis di os50 kmrn awal baik2 aja, tpi akhir2 ini aki tekor juga lampu redup,ganti aki eh tekor lagi, ane bawa ke bengkel katanya antara kiprok juga spul, pertama ganti kiprok masih sering tekor juga lampu ttp redup, coba ganti spul aja 1 set ori sgp ttp redup, kalo itu yg hrs diganti apa gan?
BalasHapusGan motor yamaha R15,Accu cepat tekor sampai gak bisa di starter? Ganti kiprok tapi masih tekor accu.
BalasHapusMohon info gan?
bisa jadi ada kabel yg bocor.
BalasHapussambungan nggk rapat, ada yg berkarat
@Cherkevin
BalasHapusR15 selain kiprok, perlu diperhatikan spul dan aki nya sendiri.
pemakaian komponen listrik std tidak? alangkah lebih baik lampu depan diberi saklar
Misi bang, motor ane spin 125, awalnya lampunya sring putus plus akinya gampang tekor, trus beberapa hari yg lalu ane ganti kiprok punya smash, ane juga udah ganti aki plus lampu, lampunya terang2 aja pas mesin di gas. Tapi aki ane tekor mulu. Apanya yah penyakitnya, apa kiproknya yg gak cocok atau spulnya yg bermasalah.. Help..
BalasHapusdicek saja berapa tahanan spul nya :D
BalasHapusalangkah lebih baik ke dealer resmi saja
kiprok nya masih bisa kok saling tukar
aki tekor bisa jadi ada beban lebih/konslet, atau memang tidak tersambung kabel2nya.
pakai voltmeter lah buat ngkur
Permisi Min, ane punya thunder 125. Pas lagi jalan mendadak mati.Kelistrikkan pun ful mati. Begitu di cek, sekring emang putus. Kita ganti pake yang cadangan ukuran sama 15 A, posisi kunci kontak off, begitu sekring disambung langsung putus lg. Dicoba 3 kali hasilnya sama.
BalasHapusItu posisi kontak off, kondisi mesin mati sama sekali. Kira- kira apa yg konslet ya min ?
kabel nya dr sekring ke kontak ada yg nempel body.. bisa jadi ada leleh kabelnya
BalasHapusspul apa kiprok yg gangguan?
BalasHapusmungkin kurang teliti dg penyebab nya
Maaf gan mau tanya..
BalasHapusMotor saya cb150r old. Accu br ganti july 2016 tp skrg dah soak lg. Klo posisi lampu utama ga dinyalain masih bs hidup mesinnya dgn kick stater tp klo elektrik stater ga bs hidup.
Posisi hrs jalan dl motornya br lampu utama bs dihidupkan dan itupun redup (termasuk lampu speedometer).. klo nemu stopan, lampu utama dan rem nyala pasti motor lgsg mati.
Ini masalahnya di kiproknya ato spulnya yah? Mohon bantuannya.. thx u..
bisa salah satu bisa keduanya.
BalasHapussudah benar antara 2 itu
Permisi gan mau tanya
BalasHapusMotor saya Kawasaki kaze r tiba2 mati padahal businya baru,pas distarter nyala sebentar kemudian mati setelah dicek api dr busi kadang nyala namun kecil api nya.mohon pencerahannya.Terima kasih
Mas mau numpang nanya nih
BalasHapusMotor ku gl pro neotech
Pas jalan tiba tiba mati setelah aku cek kabel dari busi gk keluar lompatan api nya. Padahal koil baru beli hari ini koil karisma ori honda
Padahal cdi baru ganti 1bln'an
Terus aku cek kabel dari cdi ke koil kadang keluar strum nya kadang enggak begitu pula kabel dari spul ke cdi nya juga kadang keluar strum nya kadang engga.
Kira kira apa nya ya mohon bantuan nya para senior
gan, ane mau tanya .. motor ane satria fu 2015, aki baru ganti, kiprok baru ganti tpi aki ane ngedrop terus gan, aki ane pindahin ke mtor supra ane dia ngisi, trus pas udh ngisi ane pindahin lgi ke satria aki cuma kuat 2-3 hari ngedrop lgi, itu apa nya ya gan? ap mungkin spul nya? bak spul itu ad oli nha ga sih gan? soal nya bak spul ane buka oli langsung ngucur, thanks klo ad yg bisa jwab
BalasHapusSpulnya gan
Hapusmaaf gan.ane mau tanya. motor ane ko sering tekor accu nya.. pertama saya tes d spul, pengapian ada. tp bgitu lmpu d nyalain redup sekali. kiprok udah ganti, cdi ganti.. tp ttp accu tekor.. mohon bantua.a.thnkz
BalasHapus@kaze
BalasHapusada kemungkinan koil nya hampir koit..
@GL Pro NT
motor ini kan aslinya tipe DC, nah suplai dari aki bagaimana? mohon dicek input CDI menggunakan voltmeter
@Satria F
bak nya ada oli..
kalau punya voltmeter dan ohmmeter bisa diukur dr kabel nya aja tanpa buka spul.
nilainya brapa itu yg jadi kunci
kalau tidak sesuai ya ga ada pengisian bro hehe
@ato brew
spul ada kemungkinan sudah ga layak..
tp dicek dlu aja
Mas, nanya nih.. motor saya MP Primus2008 rencana modif ke trail.. Baru diservice mesin stlh lebih dari 1thn mati suri, saya coba pasang sendiri..accu baru, koil, kiprok dan cdi sdh dites di motor teman bagus tapi masih ndk keluar api di busi..kira2 spul,kabel harness atau ada yang lain rusak? kalo kabel harness gmana cara ceknya? Makasih mas.
BalasHapusMisi gan. Ane punya motor R15 ne. Baru di pake jalan. Tiba di lampu merah motor ane matiin. Pas d starter tuk jln kq gk respon ya? Di dorong trus masukin gigi hidup tapi pas berhenti mesin ttp hidup coba di starter kq motor malah jadi mati ya? Tu masalah di mana ya gan?
BalasHapusSekdar mau tanyak,.mtor sya sudah pengapian fullwave otomatis setara motor thunder yg menngandalkan aki sbgai suplai ke cdi,,
BalasHapusLangsung ke mslah aja suhu,,voltage aki tidak stabil dari 13,50 tba" drop bisa jdi 01,20 hbs tu naik lgi,,kira kira apa masalahnya??apa kah itu mslh dengan spul
Suhu klo pengisian aki gg stabil sdngkan kiprok tdak ad mslh,.voltage naik turun naik turun
BalasHapusApakah itu mslh di spull,.berhub spul sya sudah fullwave
bisa jadi ada konslet
BalasHapusatau memang spek spul tidak cocok dengan kiprok yg dipakai
@R15
BalasHapusaki mungkin tekor.
bos kloo dari kabel ecu kekuil langsung kluar percikan tanpa d starter itu yg ane alami d cb150r, klaupun ada yg konslet itu dibagian mna yaa
BalasHapusmotor bisa hidup tidak?
BalasHapussetau saya memang ada tipe ECU yg seperti itu ada yg tidak
aku juga blm belajar motor cb
coba bandingkan ma motor lain dlu hahaha
mas mau tanya, motor sy shogun 125 fi injeksi, kondisi lampu redup, sen ga kedip, kl sy paksakan jalan mesin mati, sy coba tanya ke mekanik bengkel resmi suzuki katanya spull nya yg kena, bener ga itu mas, soalnya harga spull nya lumayan mahal hehe, mksh sblmnya
BalasHapusakinya di cas dlu atau kalau akinya rusak beli aki baru..
BalasHapussetelah itu dipakai dan dicek volt baterai nya, kalau tidak ada kenaikan sewaktu mesin menyala di gas sedang brarti antara spul atau kiprok yg eror..
ya harus dicek dlu keduanya, atau jangan" ternyata cuma kabel kendor juga bisa loh
Bang motor ane ninja R.
BalasHapusMotornya terasa berat, tiap lari di atas 80km/jam motor langsung mati gak ada apinya waktu di lepas kopling. Lampu netral ttp hidup terang. Terus setelah mati di kick starter hidup lagi. Tiap di atas 80km/jam mati. Jadi slama perjalanan lari 60km/jam aja supaya sampe ke tujuan.
bisa jadi timing pengapian ga beres
BalasHapusatau kabel" ada yg kurang kencang
bensin ga turun
butuh ketelitian kalau sudah sperti itu
Maaf suhu mw numpang curhat si fu ane,jd gni seminggu yg lalu pas pagi2 digital+kilometer blenk gitu,mtor msh bs jalan tp ndut2an mtor nya dibarengi letupan di kalpot,perkiraan CDI eror,sya ganti pake yg ori msh ttp mtor knalpot nembak2 sma jalannyanndut2an...besok nya tiba2 lancar nih motor tp knp pas pijit klakson+sein kiri kanan motor hilang tenaga trs mati,coba pake tanpa aki malah makin parah motor di idupin makin nembak2 sama ada suara tambahan dlm keadaan mesin idup suara nya mirip" cepret2 " ( persis kalo lg nyelah motor si engkol nendang balik gitu...minta solusi nya suhu...sory kepanjangan ceritanya...hehe
BalasHapusminta ganti aki yg sehat itu..
BalasHapusdan ada gejala pengisian mulai melemah
Siang semua nya🙏🙏🙏
BalasHapusBisa nanya ga
BalasHapusBisa dong
Hapus