Substitusi Blok Mesin Vega ZR dan Mio - Secara spek teknis, Yamaha Mio dan Vega ZR sangat mirip. Terlihat dari kapasitas mesin sama-sama 113,7 cc yang didapat dari diameter x stroke yaitu 50 x 57,9 mm. Ini yang bikin muncul pertanyaan, apakah komponen atau part kedua tipe Yamaha itu bisa saling tukar. Terutama mesin atas alias mulai dari blok silinder hingga head cylinder. Biar nggak penasaran, baiknya bedah aja keduanya. Kita cari tahu persamaan dan perbedaanya. Apakah cuma sekedar bore x stroke doang yang sama. Atau memang banyak perbedaan lainnya.
blok mio dicoba masuk ke Vega ZR |
Kelar head silinder dan blok dilepas, blok aftermarket Mio pun coba dipasang. Melewati empat baut pemegang blok dan kepala silinder, blok enggak ada masalah! Jarak lebar lubang baut yang ditawarkan ZR, sama dengan blok Mio. Bahkan, untuk bos blok atas dengan kepala silinder dan bos blok bawah dengan crankcase pun bisa saling subsitusi. Yap! Antara bos blok dengan baut empat sama sekali enggak ada masalah.
baut tusuk samping mesin |
Penasaran dengan hal ini, blok silinder ZR pun coba dipasang kembali. Selanjutnya coba kombinasi-kan part antara kepala silinder aftermarket Mio dengan blok ZR. Ternyata, tetap saja kendala yang sama muncul kembali. Ya, beda jarak dua baut samping pemegang blok dan kepala silinder. Buat yang ingin memaksakan aplikasi part aftermarket, bisa saja sih. Tapi, itu artinya kudu buat dudukan ulang baut samping di crankcase. Begitunya, kekuatan pemegang blok pun tidak berubah drastis.
piston Mio dan Vega ZR |
Sebenarnya bisa aja kalau mau paksa pakai setang ZR. Itu artinya diameter pen piston atas, kudu diperbasar lagi 2 mm. Tapi, langkah ini boleh dibilang cukup berisiko. Karena luas bagian setang menjadi lebih tipis. Belum lagi jika rasio kompresi yang diaplikasi tinggi. So, kuat enggak ya?
Atau kalau mau bore up abis bisa pakai piston Honda Sonic stau City Sport–1 (CS-1) yang diameternya 58 mm. Atau pakai yang oversize 100 menjadi 59 mm. Punya diameter pen piston yang sama dengan Vega ZR yaitu 13 mm. Dengan begini kapasitas silinder bisa naik 150 cc.
tebal liner + aluminium liner |
Karena liner alias boring yang dimiliki ZR cukup terbatas. Ya! Hanya bisa dioversize hingga pakai piston 52 mm. Itu pun jarak dinding liner menjadi tipis. Cukup berisiko juga. Ya! Setelah diukur, jarak liner yang dimilik ZR hanya 2,83 mm. Kalau disesaki piston 52, maka liner tersisa hanya 0,83 mm. Belum lagi dikurangi jarak toleransi alias clearance piston dengan liner. Buat terapkan bore up, salah satu caranya adalah kudu ganti boring dulu dengan yang lebih besar. Langkah ini masih bisa diaplikasi. Itu karena dinding blok untuk liner ZR masih memungkinkan.
noken as Vega ZR dan Mio |
Dari sekian banyak perbedaan antara ZR dengan Mio, juga ada persamaan lainnya. Yaitu noken-as alias peranti yang berputar buat gerakan pelatuk klep. Untuk bentuknya, hanya ada perbedaan di bearing dalam. Noken-as aftermarket Mio bisa dipasang di kepala silinder ZR dengan cara membubut bagian bearing dalam.
Kalo tutup timing nya sama ngga punya mio di aplikasikan ke vega zr
BalasHapusBisa.. enak ada tambahan selang hawa nanti
HapusBang kalo ZR diganti blok sama head nya make 5tp harus ngerubah apa saja?
HapusBeda baut samping kiri, beda dudukan gigi timing, lubang intake.
HapusSebaiknya jangan ditukar kalau ga niat modif total
Jalur oli nya sama ga bng blok Vega ZR dan Mio?
HapusSama dari tusuk kanan atas. Beda lubang rantai
HapusKalo pake liner boring UK 65mm masuk ga di krengkes stdr Vega zr 2013 kk?
HapusTerima kasih sblmnya🙏🤩
Liner 64 mm langsung masuk ke crankcase standar
HapusMaklum standar nya vega zr itu ada jaket aluminium ukuran segitu
Kalau vega zr pakai blok jupiter Z1 apakah PNP?
BalasHapusBeda.. butuh penyesuaian
HapusPenyesuaian dimananya bang? Banyak kah?
HapusBanyak.. baut beda, manifold, knalpot..
HapusKalau baut 2 samping nggak di pasang resikonya apa bang?
HapusOli merembes bocor
Hapuskalo Lubang krengkes std vega zr mentok liner uk berapa??
BalasHapusVega ZR besar dari awal, bisa liner 64 mm
HapusKalo panjang liner berapa mm ya?
BalasHapusSama saja tapi saya ga inget ukuran nya
HapusMaximal oversize nya berapa ya? Apakah aman pakai piston ukuran 52,4?
BalasHapusBisa kok pakai 52.4 mm.. yamaha mah tebal"
HapusKalau pakai 55mm masih bisa gak sih?
HapusHabis liner besi nya.. ganti liner dulu yg tebalnya seperti lapisan aluminium luar baru bisa 55 mm
HapusBlok saya STD 5d9 asli vega ZR di pake piston 54.5mm dan pistonnya pake punya kaze merk FIM alhamdulillah belom ada troble
HapusMasih ada berapa mm ka
Hapusitu di oversize brapa kak klo 54
Hapus54 mm bisa pakai kaze os 100
HapusKlau motor m3 bisa bor up 58,5 tidak bang
BalasHapusBisa dong.. masih lebar tusuk nya.. perbesar crankcase ganti liner besar
HapusVega zr pake head Jupiter robot bisa ga ya?
BalasHapusBisa, sama persis..
HapusBang vega zr 2009 bs ga bore up pakai piston 60 mm...
BalasHapusBisa.. ubahan lumayan banyak
HapusApa saja
HapusTanam liner minimal 64 mm, itu untuk blok..
HapusHead sendiri dirombak total meliputi klep besar, yg notabene mewajibkan porting polish mengikuti klep yang digunakan
Karburator juga ganti yg besar menyesuaikan kapasitas silinder yang membengkak
Knalpot juga
Banyak dah
Apakah motor Vega ZR mau ganti seher ke yang os 50 harus di bubut botol boring nya?
BalasHapusKolter dari ukuran std ke os 50
HapusBang apakah pompa oli mio dan vega zr bisa saling tukar?
BalasHapusSekilas mirip, tp saya belum coba
HapusPega ZR memakai boring Mio yang bersepek bisa gk?
BalasHapusMio dan vega zr berbeda di baut pengikat samping
HapusMaksimum bore up boring vega zr std mampu sampe berapa?
BalasHapusOS 200 alias piston 52 mm
HapusKecuali tanam liner baru yg besarnya setara aluminium selimut boring bawaan
Max pake piston kaze ov200
HapusBang mau tanya nih lubang krengkes vega zr std diler diameter nya berapa bang
BalasHapusKlo pake piston 58mm apa harus memperbesar krengkes nya bang?
64 mm kalau ga salah
HapusKan blok vega zr itu ada aluminium menyelimuti linernya
Patokan nya itu dibuat jdi liner besi, bisa sampai piston 58 mm tanpa ubah crankcase
Rekomendasi seher oversize yg aman buat harian banh
BalasHapusJupiter Z os std.. dibuat jenong 1 mm mengikuti piston bawaan Vega ZR kepala nya.. setara os 100 Vega ZR
Hapusvega zr pakai piston uk53 apa masih bisa?
BalasHapusTanam liner besar dulu.. baru bisa
HapusVega ZR pakai bureng Mio bisa gak bang?,terus pistonnya pakai Sonic os0
BalasHapusBlok Vega ZR nya ditanam liner 64 saja.. jangan ribet
HapusBang kalo ganti liner buat vega zr pake liner apa yang ccok tanpa rubah krengkes?
BalasHapusMaksimal liner 64 mm polos tanpa perbesar crankcase
Hapusbang
BalasHapusliner 64 itu liner punya motor apa ya bang?
pakai liner mp apa masih ada yg perlu d rubah..
Jangan cari punya motor apa, tinggal beli aja ukuran liner nya..
HapusButuh 64 ya beli saja liner 64 mm
Berarti kalo mau balap harian make liner bawaan hanya bisa maksimal piston 52 yah bg??
BalasHapusIya untuk keawetan segitu.. kalau mau enak memang harus tanam liner besar
HapusKalau vega zr pake liston cs 1 itu berarti harus ganti liner?
BalasHapusIya tanam liner besar
HapusBg bengkel dmna lokasi ,klw vega zr ane mo di pasangin blok head mio brpa ongkos nya
BalasHapusSaya tinggal di Cirebon saat ini dan tidak buka bengkel.. blok head mio di vega zr mah cukup bikin drat samping aja.. manifold dan knalpot menyesuaikan
HapusKalo vega new pake piston Sonic Angel ada apakah mengubah krengkes
BalasHapusVega ZR apakan bisa blok + head Vixion, supaya dapat VVAnya?
BalasHapusBisa saja.. perlu sepaket ECU nya juga dong biar aktif VVA nya
HapusTanya bos Vega RR pake poring Dan kop Mio sporty satu set Aja Aja Yang Di rubah ?
BalasHapusBaut samping nya beda posisi
HapusPompa oli Mio sama Vega ZR sama ga bang
BalasHapusBentuk nya mirip, gtw jumlah gigi sama atau tidak
HapusJika blok silinder vega zr di aplikasi kan ke jupiter z1 apakah sama bang
BalasHapusAda beda bentuk gan
HapusTp disamakan sih bisa masuk
Batas maksimal lemeran vega zr jatuh di koma brapa bang.?
BalasHapusPukul rata semua mesin sih os 200
HapusVega ZR seher 62 enaknya pake klep berapa ya?
BalasHapusBerbicara teori ideal ya 31/27
HapusMudahnya setara tiger/megapro
Bang saya mau tanya jika Vega ZR pakai piston 59,5 apakah harus di ubah crangkes untuk liner besarnya kalau ga salah 65
BalasHapusLiner nya ganti dulu yg besar sesuai aluminium blok lama.. crankcase bawaan udah sangat besar kok
HapusBang lubang krengkes motor vega zr brp mili ya?
BalasHapus65 mm
HapusBang diameter lubang krengkes Jupiter robot berapa mili, bisakah pakai liner diameter luar 67
BalasHapusStandar nya sekitar 65 mm, perbesar crankcase dulu sebelum pakai liner besar
HapusPnyku std jupiter robot diameter crankcase 67
HapusBang klw vega zr piston 58, apa harus ubah squish bg?
BalasHapusAlangkah baiknya diameter piston sama dengan diameter squish..
HapusBerapa diameter lubang crangkes pada Vega ZR bng?
BalasHapuspakai piston 66 apakah bisa bang
BalasHapusPerbesar crankcase dulu dan ganti liner besar..
Hapusjdi gni bg mau coba coba eksperimen mesin vega zr gtu dibikin brutal gtu ekspektasi nya si cc 300 an gtu kira kira bisa ga yah klo bisa coba kasi saran apa aja gtu rinci klo bisa sama klo kubahnya dicustom bikin hemi gtu gmna yah biar pistonnya jenong
BalasHapusBisa tp riset nya mahal.. dapet motor lagi 🤣 crankcase vega zr besar kok, muat kruk as dan piston jumbo
HapusMin klo pke liner luar uk 67 bisa masuk ga ke crengkes std ga di gedein
BalasHapusDigedein dulu
HapusKalau di bawah 65 mm seperti standar aluminium bloknya bisa masuk
Bang klo vega zr dipkein 54 ap rubah diameter krengkes
BalasHapusTidak, diameter crankcase vega zr sangat besar yaitu 65 mm
HapusPemakaian piston 54 mm cukup tanam liner lebih besar saja di blok standar
bg vega zr tanem liner diameter dalam 57,5 luar 62 tinggi 120 kuping 66 bisa ga bg klo bisa enaknya pake piston berapa
BalasHapusLiner luar vega zr itu aluminium 64 mm kalau ga salah
HapusSangat bisa ditanam liner 62 mm
Ukuran dalam segitu ya piston 58 mm
Bang kalok diameter kerengkes 65 pindah baut sunduk sate tidak
HapusYamaha tidak, karena mampu sampai 80 mm
HapusVega ZR pakai liner luar 62 tanpa bubut kerengkes apa bisa
BalasHapusSangat bisa
HapusSelimut aluminium standar nya saja 64 mm, lubang crankcase 65 mm
bang jadi gni niatnya mau beli blok set piston aftermarket yg 58,5 nah diameter liner luarnya itu kan 63,5 berarti ga perbesar krengkes yah? dan buat head nya juga kan pasti gedein lagi kira kira biayanya berapa bg?
BalasHapusGa perlu ubah crankcase lagi
HapusBiaya tergantung bengkel