Minggu, 03 Agustus 2014

Jenis Pulser: Positif dan Negatif

Jenis Pulser: Positif dan Negatif - Sepeda motor keluaran pabrikan menganut sensor pick-up coil sebagai sinyal/sensor masukan untuk cdi yang digunakan untuk menentukan titik referensi pengapian. Pada sensor pick-up coil bekerja berdasarkan induksi medan magnet. Dimana apabila lilitan dengan magnet tetap dilalui oleh tonjolan besi maka jarak antara inti magnet dan besi akan menghasilkan besaran fluks tergantung gap antara kedua jarak tersebut yang diilustrasikan oleh gambar 1.
gap sempit antara pulser dan tonjolan magnet
gap lebar antara pulser ke magnet
Gambar 1 menunjukan jarak antara pulser dengan tonjolan sangat pendek dan gambar 2 menunjukan gap pulser dengan tonjolan lebih lebar. Seperti kita ketahui bahwa fluks magnet akan berubah bila ada perubahan jarak antara gap.

Artinya magnet yang bergerak dengan gap yang berubah-ubah akan menyebabkan perubahan fluks magnet pada pulser. Dengan adanya perubahan flus magnet pada pulser akan menyebabkan perubahan tegangan keluaran pada lilitan. Hasil tegangan keluran pada pulser tampak seperti gambar 3 atau gambar 4
sinyal pulser positif
sinyal pulser negatif


Pada gambar 3 tampak bahwa seiring putaran magnet pulsa siklus positive mendahului pulsa siklus negative. Sedangkan gambar 4 sebaliknya. Gambar 3 disebut juga pulser positives sedangkan gambar 4 disebut juga pulser negative. Perbedaan kedua konfigurasi dapat dibuat sedemikian dengan membalik terminal keluaran pulser relative terhadap refrensi 0 atau massa atau ground.

Kedua bentuk sinyal pulser dianut oleh berbagai model motor pabrikan. Bila kabel pulser memiliki 2 buah, akan mudah membalikan polaritas tegangan pulser. Sementara bila kabel dari pulser hanya satu sulit mengubah atau membalikan polaritas pulser.

Bila ingin mengganti CDI salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah polaritas pulser yang dianut model motr yang digunakan, apkah jenis pulser positif atau jenis pulser negatif.

Beberapa sepeda motor yang menganut model pulser negatif 2 kabel adalah 
  • Satria FU lama 
  • yamaha Byson.
Sedangkan beberapa sepeda motor yang menganut pulser negatif dan 1 kabel adalah
  • Satria FU model baru
  • Suzuki Smsh Titan
  • Suzuki Spin
  • Suzuki Skywave
  • Suzuki Skydrive
  • Honda CBR
Beberapa sepeda motor yang menganut pulser positif dengan 2 kabel adalah, 
  • yamaha Mio
  • Yamaha jupiter Z
  • yamaha Jupiter MX
  • yamaha Scorpio
  • yamaha Vega
  • yamaha F1ZR
Sedangkan beberapa sepeda motor yang menganut pulser positif dengan 1 kabel adalah 
  • Honda blade
  • Honda beat
  • Honda karisma
  • Honda supra 125
  • Honda supra X
  • Honda CS1

17 komentar:

  1. itu gambar alternator atau generator kalo saya liat itu generator, kalo altenator pusat yg berputar. maaf kalo salah cuma teori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gpp bro namanya sharing..
      Alternator itu output nya AC, generator itu DC.. sebetulnya secara definisi seperti itu..

      Kalau yg tengah berputar, berarti tengah rotor..
      Kalau yg berputar luar berarti luar nya rotor.. yg ga bergerak selalu stator.. baik alternator maupun generator prinsip nya sama

      Hapus
  2. Mas kalau mau ganti cdi racing yang programmable,
    apa nanti ada perubahan panjang pickup magnet, dan harus disesuaikan panjangnya untuk mencapai settingan pickup sudut di CDI nya??

    semisal panjang pickup magnet 22mm, dengan hasil ukur drajat pengapiannya pada sisi pickup rpm atas berada di 32 drajat. dan sisi rpm idle berada di 10 drajat, standart cdi Tiger yah.

    lalu sya mau pake CDI yang programmable, mau setting cdi rpm atas di 35 drajat. dan rpm idle di 13 derajat.

    Apakah sya harus ubah panjang/ harus menggeser pickup magnet di tiger saya dlu atau hanya cukup seting di software CDI programablenya saja????

    masih belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya programmable ta kurva nya yang diutak atik lewat program.. pick up harus standar..

      Hapus
  3. skydrive single positif coy

    BalasHapus
  4. Enakan pakai yg 2kabel bisa dibolak balik

    BalasHapus
  5. Mas permisi mau tanya, punya mesin byson karbu, kah sya mau pake pulser mio, kan bison jenis pulser nya negatif, kalo mio positif, bisa kah di akalin mas jadi bisa pake pulser mio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Positif negatif itu dari pemasangan kabel bukan komponen pulser.. selama bisa diakali seperti aslinya masih bisa

      Hapus
  6. Mas gimana caranya buat kabel pulser fizr jadi 1 aja

    BalasHapus
  7. Mas tau ngga berapa derajat pengapian scorpio?

    BalasHapus
  8. Untuk pulser gl pro/gl series, apakah termasuk pulser positif atau negatif?

    BalasHapus
  9. Pencerahanya mas".
    Dalam pengunaan cdi brt shogun dualbrand pulser 38m jika masih m3ngunakan pulser mio 2 positip apa pengaruh gak ya.

    BalasHapus
  10. Apa bisa cdi karisma dipakai mio, karena saya salah beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan soalnya ribet

      1. Ubah jalur kabel dan soket
      2. Modif tonjolan magnet sebagai pickup pulser

      Hapus