Sabtu, 01 Desember 2012

Cara Menyetel Karburator SupraX 125

Cara Menyetel Karburator SupraX 125 - Berikut merupakan langkah atau tahapan menyetel karburator Supra X 125 dengan kondisi standar.

  1. Putar Sekrup Idle
    Arah memutar searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira-kira 3000 rpm.
    baut setelan rpm stationer
  2. Putar Sekrup Udara
    Arah memutar searah jarum jam hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah).
    baut setelan angin-angin
  3. Putar kembali Sekrup Udara ke kiri
    Arah memutar berlawanan dengan arah jarum jam kurang-lebih 1,5 – 2 putaran, cari diantara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar sekrup idle ke kiri hingga didapat rpm 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang.
Kesulitan-kesulitan :
  • Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba-tiba mesin mati, maka putar sedikit sekrup idle ke kanan/perbesar rpm nya. Nyalakan ulang motor dan lanjutkan langkah ke-3.
  • Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang2 coba dianalisa pada:
    1. RPM kurang tinggi (batas minimal 1300 rpm). Bila stationer di bawah 1300 rpm akan menyebabkan sirkulasi oli  tidak merata. Hal ini tidak baik untuk keawetan mesin.
    2. O-ring yang berada didalam sekrup mungkin rusak atau tidak ada. Apabila O-ringnya rusak/hilang sebaiknya ganti. Bila tidak ada dapat diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas. O-ring ini berpengaruh karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.

16 komentar:

  1. bingung gan, ane nyetel motor ane pakek filing ajah gan, bingung soalnya.. tp kog kayaknya motorku jadi boros yah gan..

    www.sebarbrosur-surabaya.blogspot.com/

    jasa sebar brosur, sebar brosur, jasa sebar brosur surabaya, sebar brosur surabaya

    #jasasebarbrosur, #sebarbrosur, #jasasebarbrosursurabaya, #sebarbrosursurabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu nutup angin2nya bro..
      cari sampai rpm mesin jd plg tinggi hehe

      Hapus
    2. Terlalu menutup = boros..
      Kurang tepat penyetelan nya

      Hapus
  2. bagaimana cara kita melihat / mengetahui besar-kecilnya rpm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau melihat menggunakan tachometer.. alias rpm meter..
      kalau feeling dr suara mesin atau kedip2 cahaya lampu utama

      Hapus
  3. 3000rpm lampu nyala terang gtu min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kalau di gas ya voltase naik jadi lampu terang.
      kalau melebihi 15 volt ya ga wajar

      Hapus
  4. Jadi kesimpulannya sekrup idle di set sampe 3000rpm lalu sekrup udara dimentokin trus diputar kekiri 1,5-2 putaran ya

    BalasHapus
  5. Singkat padat gak jelas. YouTube banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar bro artikel tahun berapa, sebelum YouTube rame

      Hapus
  6. Sangat membantu sekali bang untuk saya yang masih awam ini , terima kasih dan salam sukses 🙏🏼

    BalasHapus
  7. Kayak e terlalu rapet om..

    BalasHapus
  8. Buat 2 x 360 derajat setelan anginnya.

    BalasHapus